Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Mengurangi Penggunaan AC Turut Menyelamatkan Bumi

Gaya Hidup | Saturday, 23 Dec 2023, 17:26 WIB
Penggunaan AC akan menyedot sekitar 13 persen dari pasokan listrik global serta menghasilkan sekitar 2 miliar ton karbon dioksida saban tahunnya.

UNTUK ikut mencegah agar konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer tidak semakin meningkat, tentu saja kita perlu mengubah gaya hidup kita, dari gaya hidup tinggi karbon ke gaya hidup rendah karbon.

Itulah petuah kunci yang sesungguhnya sudah kita ketahui bersama.

Tinggal sekarang bagaimana kita mau mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata sehari-hari kita.

Bagaimanapun, kita semua memiliki kewajiban mewariskan Bumi yang lebih bersih, lebih sehat, kepada para generasi penerus kita.

Adalah kewajiban kita bersama sekarang ini untuk berkontribusi senyata-nyatanya -- sekecil apa pun kontribusi itu -- dalam menjaga, merawat, dan melindungi Bumi dari ancaman pendidihan global yang dapat menimbulkan berbagai petaka bagi sebagian maupun seluruh penghuni Bumi ini.

Dalam hal penggunaan air conditioner [AC], sudah waktunya kita mulai berupaya meninggalkannya, atau paling tidak meredusir penggunaannya. Seperti kita ketahui, semakin banyak dan semakin lama AC kita operasikan, semakin banyak bahan bakar fosil yang digunakan dan semakin besar emisi karbon yang ditimbulkan.

Buntut-buntutnya, penumpukan gas rumah kaca bakal semakin besar dan pemanasan global bakal kian meningkat. Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan bahwa 30 tahun mendatang, penggunaan AC akan menyedot sekitar 13 persen dari pasokan listrik global serta menghasilkan sekitar 2 miliar ton karbon dioksida saban tahunnya.

Agar kita tidak bergantung pada penggunaan AC, perlu diupayakan agar bangunan-bangunan yang kita huni lebih ramah lingkungan.

Misalnya, lahan sekitar bangunan sebaiknya tidak dibeton atau diaspal, sehingga dapat tetap ditanami vegetasi hijau yang memasok oksigen dan berguna untuk menurunkan suhu sekitar. Pada saat yang sama, bangunan sebaiknya dirancang dengan selalu memperhatikan proses sirkulasi udara secara alami sehingga suhu ruangan relative adem meski tanpa penggunaan AC.

Para pakar menyatakan kita sekarang ini cuma memiliki waktu sekitar 10 tahun lagi untuk mencegah agar suhu Bumi ini tidak melonjak hingga 1,5 derajat Celcius. Oleh sebab itu, segala upaya mesti kita lakukan.

Pengurangan dan penghentian penggunaan AC, mau tidak mau, mesti masuk ke dalam daftar utama kita terkait upaya-upaya dalam menghindari pendidihan Bumi – selain melakukan efisiensi dalam pemakaian energi listrik, memperbanyak konsumsi makanan berbasis tumbuhan, dan membeli produk-produk makanan lokal, memperbanyak menanam pohon, serta mengurangi perjalanan dengan moda transportasi berbahan bakar fosil.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image