Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rifki Eka Ramadhan

Pengaruh Budaya Jepang yang Mulai Masuk ke Indonesia di Kalangan Remaja

Gaya Hidup | Saturday, 23 Dec 2023, 15:04 WIB

Budaya adalah masalah adat yang merupakan kebiasaan turun temurun yang erat kaitannya dengan penduduk semua negara Adanya keragaman budaya di setiap negara inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk memahami bahkan mengagumi budaya tersebut. Sehingga kita dapat mengatakan bahwa budaya adalah sesuatu yang harus kita pelajari untuk dapat memiliki hubungan baik dengan negara-negara yang memiliki budaya berbeda dengan menyesuaikan yang sudah ada.

Budaya Jepang mempunyai daya tarik yang unik, beberapa budaya Jepang yang mudah memengaruhi negara lain adalah komik (manga), animasi (anime), music jepang, masakan-masakan tradisional Jepang, dan beberapa lifestyle yang sering ditiru oleh masyarakat, dengan keunikan-keunikannya budaya Jepang berhasil memperluas pengaruh budayanya sampai ke wilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Belakangan ini juga sudah sering terlihat berbagai acara-acara bertema Jepang yang diadakan di Indonesia, biasanya acara ini ditargerkan untuk para remaja yang tertarik dengan budaya-budaya bertema Jepang. Acara bertema jejepangan ini biasanya berkaitan dengan anime atau manga, di acara ini juga sering diadakannya pertunjukkan costum player (Cosplay).

Cosplay juga memiliki berbagai macam aliran, yang paling umum dijumpai biasanya Cosplay Anime dengan pakaian yang terinspirasi dari karakter-karakter anime. Ada juga Cosplay Tokutatsu yang biasanya menggunakan kostum-kostum superhero jepang, misalnya super sentai atau power rangers, dan kamen raider.

Masuk ke dunia game, para remaja di Indonesia sekarang sedang tergila-gila dengan yang namanya video game bisa dilihat dari perkembangan E-Sport di Indonesia yang begitu pesat. Dan Jepang merupakan negara yang memiliki teknologi maju, tidak sedikit game-game terkenal yang berasal dari Jepang, tidak menutup kemungkinan bahwa remaja Indonesia memainkan game-game tersebut dan menirukan karakter yang berada di game itu.

Berpindah ke tema musik, di Indonesia juga terdapat salah satu idol grup yang berasal dari produser ternama asal Jepang, Akimoto Yasushi. Akimoto membentuk suatu idol grup bernama JKT 48. Idol grup ini berdiri pada tahun 2012 yang langsung meracuni para remaja, karena JKT 48 menggunakan konsep “idol you can meet” atau idol yang bisa kita temui. Dengan konsep itu, membuat para remaja tertarik untuk melihat gadis-gadis rupawan yang bernyanyi dan menari di atas panggung theatre. Hal ini lah yang membuat remaja-remaja Indonesia lebih tertarik dan membuat mereka ingin mengetahui tentang idol lebih dalam.

Dunia musik Jepang tidak hanya terlepas dari pembahasan idol grup saja, masih banyak juga penyanyi atau musisi yang berasal dari sana dan terkenal di Indonesia, mereka bisa terkenal melalui banyak cara, hal paling umumnya adalah musik mereka bisa dikenal karena mengisi soundtrack film atau soundtrack anime. Tidak sedikit musisi Jepang yang menjadi terkenal karena hal itu.

Dengan masuknya budaya Jepang ke Indonesia, khususnya pada kalangan anak muda hal itu dapat membuat mereka lebih mudah untuk berekspresi dan kreatif, apalagi mereka bertemu dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Tetapi hal ini pasti memiliki dampak buruknya juga jika kita tidak bisa memilih mana yang baik kita juga akan terjerumus ke dalam dampak yang buruk. Salah satu dampak buruk yang bisa terjadi akibat hal ini adalah rebahan atau bermalas-malasan, banyak remaja atau anak muda yang menghabiskan waktunya hanya untuk menonton serial anime favoritnya atau bermain game favoritnya. Hal ini tentu berpengaruh untuk keproduktivitasan remaja yang dimana seharusnya mereka mencoba banyak hal baru tetapi mereka hanya berdiam diri dan hanya membuang-buang waktu.

Karena ada dampak buruk, pasti juga ada cara untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi. Pencegahannya bisa berupa selipkan budaya-budaya tanah air kita juga, jangan melulu menyerap budaya dari luar, karena Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya karena memiliki banyak kepulauan, maka dari itu budaya Indonesia juga pasti tidak kalah menarik dengan budaya-budaya negara luar.

Kesimpulannya adalah kita boleh saja mengikuti budaya-budaya Jepang yang masuk ke Indonesia tetapi kita juga harus memiliki filter untuk menyaring mana yang baik dan mana yang buruk untuk keberlangsungan hidup kita. Dan jangan sampai budaya yang kita sudah miliki sebelumnya tergantikan oleh budaya-budaya jepang yang masuk ke Indonesia ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image