Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Naufal Adli

Manusia Vs Kalori?

Eduaksi | Wednesday, 20 Dec 2023, 15:31 WIB

"Es krim bisa membuat perasaanmu lebih baik. Atau lebih buruk karena memikirkan berapa banyak kalori yang dikonsumsi." -Aditya Yudis-

Ilustrasi memikirkan berapa banyak kalori yang dimiliki ice cream

Mungkin sebagian perempuan mengalami keluh kesah tersebut karena mereka ingin menjaga asupan kalori yang dikonsumsi sehingga berat badan menjadi ideal. Bahkan laki-laki juga merasakan keluh kesah tersebut karena ingin menjaga asupan nutrisi agar tetap stabil. Terkadang kita ingin sekali memakan sesuatu yang sangat kita inginkan tetapi terhalang dengan kalori makanan tersebut.

Saya sendiri yakin kalau masalah ini pasti banyak dialami oleh para remaja perempuan karena pada dasarnya perempuan ingin menjaga berat badan dan bentuk tubuh yang kurus, sehingga mereka para perempuan sangat "picky" dalam mengonsumsi makanan ataupun minuman. Begitu juga dengan kaum laki-laki. Mereka kaum laki-laki beberapa juga ada yang menjaga asupan kalori yang dikonmsumsi sehingga bentuk badan mereka tetap terjaga dan dapat menjaga penampilan agar tetap percaya diri.

Menurut Sunita yang merupakan ahli gizi, kalori adalah satuan energi yang dinyatakan dalam unit panas. Disini Sunita menjalaskan bahwa kalori itu energi panas yang digunakan manusia sebagai sumber tenaga agar dapat beraktivitas sebagaimana mestinya. Jadi sebenarnya energi yang kita gunakan untuk beraktivitas itu berasal dari kalori yang kita konsumsi. Tetapi perlu diketahui kalau terlalu banyak kalori yang dikonsumsi akan mengakibatkan kegemukan. Deddy Pamudji juga mengatakan bahwa jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori berlebih, maka hal tersebut dapat mengakibatkan kegemukan. Oleh karena itu kita juga seharusnya menjaga asupan kalori yang kita konsumsi agar tidak terjadi kegemukan / obesitas.

Tapi apakah semakin sedikit kalori yang kita konsumsi maka semakin sehat dan idealnya berat badan? Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki asupan kalori yang berbeda-beda, perbedaan tersebut meliputi usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas sehari-hari. Jadi apabila kalori yang kita konsumsi lebih sedikit dari yang seharusnya, maka tubuh kita tidak memiliki asupan energi yang cukup sehingga organ tubuh kita tidak berfungsi dengan baik dan tubuh menjadi terasa lemas karena kurang asupan nutrisi yang kita konsumsi. Jadi jika anda ingin melakukan diet ekstrim dengan memakan asupan kalori harian yang sangat rendah, maka diet tersebut tidaklah efektif. Justru dengan memakan makanan asupan kalori yang rendah bukannya mempercepat menurunkan berat badan malah dapat memicu banyak penyakit yang dikarenakan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi dengan benar. Parahnya lagi, jika anda sangat terobsesi dengan melakukan diet ekstrim, penyakit bulimia bahkan anorexia dapat muncul dengan sendirinya.

Siklus penyakit bulimia

Bulimia adalah suatu tindakan penyimpangan yang dilakukan untuk memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan karena muncul rasa bersalah yang dihadapi oleh para pelaku binge eating. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Grovsenor dan Smolin (2002) bahwa bulimia adalah sebuah penyimpangan yang mengikutsertakan episode binge eating yang sering dan hampir tiap kali riikuti oleh para pelaku purging dan perlilaku kompensasi lainnya yang tidak semestinya. Sedangkan dalam bukunya Sarafino (2006) Anorexia Nervosa adalah suatu bentuk penyimpangan perilaku makan yang mengakibatkan penurunan berat badan dan jumlah makanan yang dikonsumsi secara drastis serta penurunan berat badan yang tidak sehat (Erdiantono,2009). Apa yang dikatakan Erdiantono dalam bukunya Sarafino menjelaskan bahwa Anorexia merupakan suatu perilaku menyimpang yang dilakukan seseorang dengan melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan yang ekstrim. Orang yang terkena anorexia cenderung takut dengan mengkonumsi makanan apapun sehingga orang yang menderita anorexia hanya mengonsumsi makanan dengan porsi yang sangat sedikit.

Aplikasi penghitung kalori

Jadi stop untuk melakukan program diet yang esktrim yaa!!, sekarang sudah banyak kok program diet yang aman dan mudah untuk dilakukan ditambah lagi banyak aplikasi penghitung kalori, jadi kita bisa tau seberapa banyak kalori yang kita konsumsi. Sebenrnya diet itu mudah kok asalkan harus konsisten untuk melakukan program diet tersebut sehingga asupan nutrisi, dan kalori terjaga dengan seimbang. Sebenarnya kunci keberhasilan dari program diet adalah konsisten, jadi percuma jika kita melakukan berbagai macam diet tetapi masih sering makan makanan yang berminyak itu sama saja bohong! Perlu diketahui 2 potong bakwan goreng sama saja kita memakan 1 porsi nasi beserta lauknya lho..., sebenrnya tidak ada larangan kita tidak boleh makan gorengan dll, cuman sebaiknya kita mengurangi makan makanan tersebut. jadi kita harus menerapkan pola makan sehat seperti memakan buah-buahan dan sayuran. Jangan lupa pola hidup sehat juga penting bagi kita seperti olahraga secara teratur sehingga daya tahan tubuh kita terjaga dan tidak gampang sakit.

Makanan dengan kandungan nutrizi yang seimbang dan kalori yang rendah

Pilihlah makanan dengan asupan nutrisi yang seimbang. Jika anda disuruh untuk memilih antara lima potong donat atau nasi dengan sayur sop beserta lauk pauk nya apa yang akan anda pilih? Donat yang manis dengan berbagai macam pilihan topping tetapi penuh dengan kandungan gula yang banyak dan tidak memiliki asupan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh, berbanding terbalik dengan nasi dengan sayur beserta lauk pauknya, asupan nutrisi yang dimiliki nasi dan sayur sop sangat banyak, mulai dari karbohidrat dari nasi itu sendiri, berbagai macam vitamin yang dimiliki sayur, dan protein yang terkandung dalam lauk pauknya. Jadi tidak perlu khawatir jika anda memakan makanan dengan kalori yang besar. Walaupun kalori yang dihasilkan dari makanan itu sendiri besar akan tetapi memiliki kandungan nutrisi yang baik tubuh kenapa tidak? Dari pada memakan sepotong donat dengan kandungan gula yang banyak dan tidak memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh.

Menjaga asupan kalori dan gizi yang seimbang dari berbagai jenis makanan memang sulit, kita harus memilih makanan dengan kalori yang kecil tetapi nutrisi yang dihasilkan dari makanan tersebut cukup bagi tubuh ataupun memakan makanan dengan kalori yang besar tetapi kandungan nutrisi yang dihasilkan sedikit bagi tubuh. Mau bagaimanapun asupan kalori sangatlah penting bagi tubuh, jadi jangan terlalu memikirkan seberapa banyak kandungan kalori dari makanan dan minuman yang anda konsumsi karena belum tentu makanan dengan kalori yang sedikit dapat memenuhi asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image