Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Satria Khoiruniam

Apakah Tidurmu Sudah Berkualitas?

Gaya Hidup | Tuesday, 19 Dec 2023, 22:24 WIB
Ilustrasi tidur, bermimpi. (Photo by yanalya on Freepik)

Tidur larut malam akan mempengaruhi kesehatan lebih-lebih menjadikanya sebagai keseharian.Hal itu dapat membuat pagimu akan berantakan yang nantinya tidak dapat konsentrasi terhadap pekerjaan dan disayangkan bagi para pelajar apabila tidur larut malam, dia sulit untuk menerima pelajaran yang disampaikan.Jika tidur larut malam dijadikan sebagai keseharian banyak resiko yang akan ditanggung pemenang,

antara lain:1. Diabetes.

2. Penyakit jantung.

3. Resiko kanker.

4. Susah berpikir.

5. Menurunkan gairah seks.

6. Kulit yang kendur.

7. Cepat lupa.

8. Rentan mengalami kecelakaan.

9. Membuat jantung lemah.

10. Imun tubuh berkurang.

Dampak dari begadang juga tidak hanya berpengaruh terhadap tubuh saja akan tetapi mental juga akan ikut andil dalam hal ini. Dimulai dari tidak bersemangat, perubahan suasana hati, kecemasan, kewaspadaan, dan depresi.Keadaan dimana emotional kita tidak stabil juga akan mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan penting dan menyelesaikan tugas sehari hari, pola makan juga dapat terganggu akibat dari begadang, menyebabkan berat badan pada masa remaja meningkat.Oleh karenanya dianjurkan untuk tidur yang berkualitas. Saya akan memberikan beberapa tips agar tidur dapat berkualitas.

1.Tidur yang berkualitas itu umumya 8-9 jam waktu tersebut ialah waktu yang proporsional bagi tubuh kita untuk istirahat.

2. Mengesampingkan semua masalah yang ada dalam hidup, hal ini terlihat sepele namun apabila pada saat tidur kita tidak mengesampingkan nya tidur kita akan tidak nyenyak dan dapat mempengaruhi mental health kita.

3. Membuat kamar tidur kita nyaman. Faktor ini lah yang jarang orang terapkan dalam tidurnya, kebanyakan orang saat ini tidur dengan alakadarnya saja yang berujung bangun ditengah malam dan tidak dapat untuk tidur kembali.

4. Menghindari segala macam yang berbau alkohol dan kafein, alkohol sendiri dapat mempengaruhi kualitas tidur yang berkualitas dan kafein justru akan mempersingkat waktu tidur. Dan akan lebih buruk lagi jika keduanya digabungkan maka akan lebih buruk lagi dampaknya pada tidur dan lebih lagi untuk tubuh kita.

5. Mematikan semua alat-alat elektronik.Dan hal ini adalah paling sulitnya penerapan, karena hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat ini apalagi pada generasi gen z yang mereka biasanya menerapkan sleep call dengan kekasih hatinya.Perlu diingat kembali setiap perusahaan, setiap instansi pendidikan juga memberikan kita untuk istirahat dari hal tersebut kita dapat ambil pelajaran bahwa mengistirahatkan badan adalah hal yang perlu kita lakukan.Sayangilah tubuh kalian sebagaimana kalian menyayangi dia yang selalu memberikan kehangatan. Kehangatan itu tidak akan terasa apabila tubuh kalian sakit, saat seseorang sakit maka banyak dari indra-indra yang mati rasa.Dan jangan lupa untuk senantiasa bermunajat pada tuhan yang maha Esa karena dengan rahmat dan inayahnya kalian dapat merasakan kenikmatan dunia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image