Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Naufal Hadi

Jurus Jitu Raih IPK Tinggi Bagi Mahasiswa Baru

Eduaksi | 2023-12-19 20:57:44

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menjadi parameter penting bagi mahasiswa untuk menjadi nilai jual dibidang akademis saat berada di kuliah maupun saat memasuki dunia pekerjaan. Mendapatkan IPK tinggi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh sebagian mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa yang memiliki jadwal padat seperti mahasiswa jurusan Manajemen.

Selain harus fokus untuk belajar, hal-hal lain seperti manajemen waktu yang baik juga membantu mahasiswa untuk mencapai IPK tinggi saat sedang dihadapi oleh kesibukan selama berkuliah, entah itu kesibukan dengan banyaknya tuntutan tugas ataupun kesibukan organisasi di kampus maupun diluar kampus.

Dengan cara-cara jitu, mahasiswa dapat memaksimalkan kemampuan akademiknya demi mencapai IPK terbaiknya selama menempuh jenjang perkuliahan. Namun untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah. Banyak halangan yang dapat membuat mahasiswa teralihkan fokusnya sehingga tidak dapat mencapai IPK terbaiknya itu. Hambatan dan halangan yang dimaksud antara lain

 

  1. Tidak teratur

Mahasiswa terkadang merasa malas untuk mengerjakan tugas atau sekedar mencatat pelajaran dan materi yang disampaikan dosen di kelas. Terkadang juga mereka tidak membuat jadwal untuk kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh mahasiswa sehingga mereka tidak mengelola waktu mereka dengan baik

 

  1. Tidak meminta bantuan

Meminta bantuan kepada mahasiswa lain bukanlah hal yang memalukan. Apabila kamu sedang merasakan kesibukan sehingga tidak fokus dalam pembelajaran didalam kelas, kamu dapat meminta bantuan temanmu untuk memberi tahu materi apa saja yang disampaikan pada mata kuliah tersebut. Kamu juga dapat meminta untuk menyalin catatan yang mereka punya sehingga kamu tidak tertinggal dalam pelajaran tersebut.

 

  1. Terlalu sibuk

Terlalu sibuk dalam hal-hal selain tugas akademis juga merupakan suatu halangan bagi mahasiswa untuk mendapatkan IPK terbaik mereka. Seperti yang sudah disinggung di poin pertama, mahasiswa terkadang tidak mengelola waktunya dengan baik sehingga tidak dapat menjalankan semua kewajibannya dengan benar dan terstruktur. Akibatnya, nilai mahasiswa akan anjlok dan mahasiswa akan merasa lelah untuk belajar.

Setelah melihat halangan-halangan yang ada, mahasiswa dapat bercermin apakah mereka merasakan 3 halangan tersebut selama berada di bangku kuliah. Apabila halangan tersebut dirasakan oleh kamu, artikel ini akan memberikan jurus-jurus jitu untuk meraih IPK tinggi bagi mahasiswa manajemen. Berikut ada jurus-jurus jitu yang dapat kamu terapkan

 

  1. Rajin masuk kelas

Mahasiswa harus rajin memasuki perkuliahan agar tidak tertinggal dalam materi pembelajaran. Terkadang, absensi juga masuk kedalam kategori penilaian. Sehingga absensi juga dapat menjadi salah satu faktor naiknya IPK kamu. Selain itu juga, kamu akan lebih fokus dalam mengejar materi sekaligus mengerjakan tugas sehingga nilai kamu akan aman.

 

  1. Belajar dan bertanya

Apabila kamu merasa tertinggal dalam suatu materi, kamu bisa meminta tolong dengan temanmu yang sekiranya lebih memahami materi tersebut untuk belajar bersama atau sekedar bertanya terkait materi itu. Diskusilah dengan temanmu agar kamu dapat mengejar materi tersebut sehingga nilaimu tidak turun karena kesibukanmu.

 

  1. Kerjakan tugas
https://rencanamu.id/assets/file_uploaded/blog/1574053020-homework-4.jpg

Tugas merupakan kunci penting bagi nilai mahasiswa. Usahakan untuk selalu mengerjakan tugasmu sesibuk apapun kegiatan di kampus maupun diluar kampus. Jika kamu tidak mengerjakan tugas, maka nilaimu pun akan ikut berpengaruh dan berujung ke IPK mu yang tidak naik akibat lalai dalam mengerjakan tugas.

 

  1. Aktif bertanya
https://rencanamu.id/assets/file_uploaded/blog/1491984428-lecturers-.jpg

Mungkin “cari muka” adalah hal yang sangat menjengkelkan untuk sebagian mahasiswa. Namun dengan aktif bertanya, kamu akan lebih dikenal oleh dosen sehingga dosen tersebut akan menilai kamu sebagai mahasiswa aktif. Namun kamu juga harus tetap melakukan kewajiban lain seperti mengerjakan tugas ataupun mengikuti ujian.

Dengan menerapkan jurus-jurus di atas, kamu dapat terhindar dari halang-halangan yang dapat membuat IPK mu anjlok. Dengan keinginan dan niat bulat, mahasiswa diharapkan dapat meraih prestasi serta IPK tinggi selama di bangku perkuliahan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image