Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Almira Syifa Nesya Putri

Zara Menyesal Setelah Iklan Kontroversinya Viral Membuat Warganet Boikot Global

Info Terkini | Monday, 18 Dec 2023, 20:56 WIB
Reuters" />
Sumber : Reuters

Pada 07 Desember 2023, Brand Fashion ZARA mengunggah foto produknya dengan campaign “The Jacket. ”Namun postingan tersebut menuai banyak kritik dari warganet, karena diduga memiliki kemiripan dengan Genosida antara Palestine - Israel. Dalam unggahan tersebut terlihat model manekin yang dibalut menggunakan kain putih dan plastik.

Warganet beranggapan bahwa foto yang diunggah oleh ZARA sangat mirip dengan gambar jenazah yang dibalut pakaian pemakaman tradisional berwarna putih di Gaza, warganet mengacam pemanfaatan penggunaan simbol dan adegan yang mempresentasi kehancuran dalam kampanye tersebut.

Banyak warganet yang marah dan menyerukan suara #BoikotZARA karena sikapnya yang tidak pantas untuk ditampilkan di tengah situasi Genosida Palestine - Israel.

“Penderitaan kami bukanlah Estetika Anda. Anak-anak kami yang sekarat bukanlah sumber inspirasi Anda. Merasa malu. Beberapa umat manusia,” tulis seseorang. Orang lain membagikan foto warga Palestina menggendong jenazah orang yang mereka sayangi dalam balutan pakaian putih dan membandingkannya dengan merek yang digunakan Zara dalam koleksi barunya.

“Hidup bersama orang-orang yang paling menjijikkan,” tulisan seseorang dengan tagar #boycott-Zara.

Setelah ZARA mendapatkan komentar dari warganet dengan aksi boikot, fashion brand ZARA mengahapus semua postingan yang berkaitan dengan kampanye “The Jacket” dari sosial media. Ini disebabkan karena setelah seruan Boikot ZARA trending di X(Twitter).

"Unfortunately, some customers felt offended by these images, which have now been removed, and saw in them something far from what was intended when they were created," tulis ZARA diunggahan Instagram. Diunggahannya ZARA juga menambahkan “Zara regrets that misunderstanding and we reaffirm our deep respect towards everyone.”

Ini bukanlah hal pertama untuk ZARA mendapatkan reaksi negatif dari pro-Palestine. Pada tahun 2022, aktivis pro-Palestine menyuarakan untuk berhenti berbelanja di ZARA, setelah owner franchise of ZARA mengadakan acara kampanye untuk politisi sayap kanan Israel dikediaman Itarmar Ben-Gvir.

Sumber:

https://www.opindia.com/2023/12/clothing-brand-zara-takes-down-latest-campaign-after-callsfor-boycott-by-islamists-alleging-it-mocked-death-of-palestinians-in-gaza/

https://zeenews.india.com/companies/boycott-zara-why-is-luxury-brand-facing-threat-of-boycott-globally-2697553.html

https://www.moroccoworldnews.com/2023/12/359441/zara-triggers-boycott-for-controversial-gaza-war-inspired-collection

https://www.scmp.com/news/world/middle-east/article/3244752/zara-pulls-advert-website-front-page-after-gaza-boycott-calls

https://www.hindustantimes.com/world-news/zara-ad-controversy-zara-regrets-ads-with-white-cloth-wrapped-mannequin-after-gaza-boycott-calls-101702375941545.html

https://time.com/6347768/zara-pulls-controversial-ad-boycott-gaza/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image