Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image holil tamami

Pemanfatan kemajuan tekhnologi dalam aktivitas berdakwah

Teknologi | Sunday, 17 Dec 2023, 21:18 WIB
https://images.app.goo.gl/NPNEWFyTcsFHDxA79

Penulis : Holil tamami

Pada saat ini kemajuan tekhnologi sudah tidak perlu kita ragukan lagi, tekhnologi selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu, bahkan pada saat ini segala aspek atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat tidak terlepas oleh yang namanya tekhnologi.

Dengan kemajuan tekhnologi yang semakin canggih tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat, bahkan kemahiran dalam memahami tekhnologi sangat menentukan bagi sebagian orang, karena segala urusan atau kegiatan yang mengandalkan tekhnologi akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan.

Selain itu dengan pemanfaatan tekhnologi dengan baik kita akan lebih mudah mendapatkan dan menerima informasi hal ini juga menjadi nilai tambah dari kemajuan tekhnologi, maka dari itu kita harus memanfaatkan kemajuan tekhnologi dengan sebaik mungkin.

Salah satu contoh pemanfaatan tekhnologi dengan baik adalah menjadikan kemajuan tekhnologi sebagai sarana atau alat untuk melakukan aktivitas berdakwah, karena dengan kemajuan tekhnologi yang semakin canggih kegiatan dakwah akan menjadi lebih mudah dan sangat membantu bagi para pendakwah dalam menyiarkan agama islam.

Selain berdakwah secara langsung para pendakwah juga bisa menyiarkan agama melalui media online, seperti memasang poster keislaman melalui sosial media, menyebarkan video yang berbau religi melalui media sosial atau melalukan live streaming melalui akun media sosial.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi para pendakwah yang ingin melakukan aktivitas berdakwah, mereka tak perlu lagi berdakwah atau menyiarkan agama islam dari satu tempat ke tempat lain atau menggunakan strategi dakwah lainnya yang lebih memakan banyak waktu dan juga tenaga.

Dengan memanfaatkan tekhnologi proses dakwahpun bisa dengan mudah diterima atau dinikmati oleh masyarakat, karena pada saat ini para masyarakat terutama golongan muda lebih suka melakukan aktivitasnya melalui smart phone dibanding kegiatan secara langsung.

Salah satu contohnya adalah banyak masyarakat dari golongan muda yang suka menonton acara keagamaan seperti ceramah melalui live streaming atau video reeligi dari media online dibanding menonton ceramah secara langsung, maka dari itu seorang pendakwah harus pintar dalam pemanfaatan tekhnologi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image