Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fathir Winanto

'Kreativitas Tanpa Batas: Eksplorasi Dunia Desain Komunikasi Visual (DKV) di Era Digital'

Teknologi | Sunday, 17 Dec 2023, 10:40 WIB

Selamat datang dalam era di mana kreativitas dapat berkembang dengan bebas dan tanpa batas. Kreativitas dan teknologi yang merajut keajaiban bersama dan menghasilkan seni yang indah. Desain Komunikasi (DKV) menjadi salah satu jalan utama dalam menerjang tantangan dunia digital. DKV tidak hanya berkembang, tetapi juga mengalami transformasi yang signifikan dalam menyampaikan pesan di tengah kompleksitas perkembangan teknologi.

Sumber : Tokopedia

Perubahan DKV dari Zaman ke Zaman

Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan seefektif mungkin (ikhsanazizudin,2012). Pada 1980 di Indonesia, desain grafis hanya menggunakan teknik air brush, dengan gaya hyper-realism dan Pop Art menjadi trend waktu itu. Bukan berarti pada zaman menuju 5.0 ini media dan teknik tersebut tidak bisa digunakan kembali, tetapi dengan adanya perkembangan dan perubahan zaman maka manusia dipaksa untuk mengikuti perubahan teknologi yang ada.

Inovasi Teknologi dalam DKV

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi pada zaman sekarang, menjadikan inovasi dalam DKV semakin berkembang. Dimana para desainer memanfaatkan inovasi teknologi ini untuk menciptakan pengalaman visual yang baru dan menarik. Inovasi teknologi tersebut yaitu augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan kecerdasan buatan (AI) yang dimana dapat membuka peluang baru bagi para desainer. Teknologi pun mampu memberikan dampak pada cara DKV merancang dan menyampaikan pesan.

DKV dalam Bisnis dan Branding

Desain Komunikasi Visual (DKV) bukan hanya sekedar seni desain grafis, tetapi juga merupakan strategi bisnis. DKV memiliki peran penting dalam membantu perusahaan membangun citra merek (branding) di pasar. Hasil atau output yang dihasilkan oleh DKV yang bagus maka akan memberikan dampak positif bagi perusahaan tersebut, yaitu dapat menarik perhatian calon konsumen. Jika desain unik dan menarik yang dihasilkan para desainer DKV membuat para calon konsumen mengingatnya dalam pikiran mereka, maka itulah peran penting DKV dalam strategi bisnis yang dimiliki oleh perusahaan.

Peluang dan Tantangan DKV di Masa Depan

Dengan segala inovasi yang ditawarkan, tentu ada peluang bagi para desainer DKV di masa depan, yaitu sebagai berikut :

 

  1. Teknologi Baru sebagai Katalisator Kreativitas, dengan adanya Integrasi teknologi seperti virtual reality (VR), augmented reality (AR), Artificial Intelegent(AI), dan blockchain memberikan ruang baru bagi desainer untuk mendapatkan pengalaman visual yang baru dan jauh lebih inovatif.
  2. Eksplorasi Desain Berkelanjutan, dengan adanya perhatian terhadap keberlanjutan dan lingkungan membuka peluang bagi desainer untuk menciptakan desain yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
  3. Kolaborasi Multidisipliner, semakin banyaknya kolaborasi dengan profesional dari berbagai disiplin ilmu, seperti programmer, ilmuwan data, dan ahli pemasaran, membuka peluang untuk menghasilkan desain yang lebih holistik dan efektif.
  4. Globalisasi Digital dan Pasar Global, akses yang lebih luas ke pasar global melalui platform online dapat memberikan kesempatan bagi desainer untuk mengembangkan basis klien yang lebih luas dan mendapatkan pengakuan internasional.

Selain memberikan peluang, disamping itu selalu ada tantangan yang akan dihadapi oleh para desainer dalam DKV di masa depan, yaitu sebagai berikut :

 

  1. Pertumbuhan Cepat Teknologi, Perubahan cepat dalam teknologi dapat membuat desainer kesulitan untuk tetap terkini. Membutuhkan pemahaman dan adaptasi yang cepat untuk tetap bertahan.
  2. Ketidakpastian Ekonomi dan Perubahan Tren, Tren desain dan preferensi pasar dapat berubah dengan cepat. Desainer harus dapat membaca dan merespons perubahan agar tidak kehilangan identitas kreatif mereka.
  3. Keberlanjutan dan Tanggung Jawab Sosial, Desainer dihadapkan pada tuntutan untuk menciptakan desain yang berkelanjutan dan memiliki dampak positif pada masyarakat, sambidan harus tetap mempertahankan estetika dan keunikan kreatif.
  4. Persaingan Global dan Keberagaman Gaya Desain, Dalam pasar global yang semakin terbuka, desainer harus bersaing dengan berbagai gaya desain dan budaya, sementara tetap mempertahankan keaslian dan keunikan dalam karya mereka.

Dalam dunia Desain Komunikasi Visual (DKV) di era digital dapat disimpulkan bahwa kreativitas itu dapat berkembang tanpa batas. DKV sebagai kekuatan pendorong visualitas modern, dan sudah mengalami transformasi yang luar biasa. Peluang dan tantangan juga akan selalu ada yang harus diatasi oleh para desainer agar bisa tetap beradaptasi dengan perubahan yang cepat. Selamat menjelajahi batas-batas baru kreativitas melalui DKV di era digital!.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image