Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sinta Dian Monica

Internet of Thing, Pelengkap Alat Pengurai Asap Rokok pada Smoking Room

Teknologi | Sunday, 17 Dec 2023, 10:31 WIB

Dewasa ini, tingginya jumlah perokok di Indonesia menghasilkan asap rokok yang menjadi salah satu penyebab utama buruknya kualitas udara di Indonesia. Menurut laporan resmi World of Statistics per 20 Agustus 2023 pada media sosial X atau Twitter, Indonesia menduduki posisi pertama negara dengan jumlah pengisap rokok terbanyak di dunia dengan presentase jumlah perokok mencapai 70.5%.

Asap rokok mengandung banyak bahan kimia dan di antaranya diketahui berbahaya hingga dapat menyebabkan kanker. Dampak negatif asap rokok ini tidak hanya dialami oleh perokok aktif saja, tetapi juga berisiko dialami oleh perokok pasif. Oleh karena itu, di tempat umum di Indonesia disediakan smoking room, ruangan khusus yang dirancang untuk perokok merokok tanpa mengganggu mereka yang tidak merokok di area lain. Akan tetapi, kualitas udara atau sirkulasi smoking room yang tidak memadai menyebabkan kenyamanan ruangan berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut, muncullah inovasi berbasis teknologi terbarukan berupa alat pengurai asap rokok menggunakan electrostatic precipitator yang dilengkapi dengan internet of thing sebagai sarana pemantauan jarak jauh.

Electrostatic precipitator

Electrostatic precipitator merupakan metode efektif yang digunakan untuk menguraikan asap rokok hingga dapat mengurangi kepekatan asap rokok sebesar 86.1% dengan waktu yang relatif singkat, kurang dari satu menit (Roza et al., 2022, 161). Dibandingkan alat pengurai asap rokok tanpa menggunakan electrostatic precipitator yang hanya dapat menguraikan asap rokok sebesar 5 , penggunaan electrostatic precipitator dapat mengurangi asap rokok hingga 92.867% (Utomo et al., 2023, 248).

Internet of Thing (IoT)

Pengembangan lebih lanjut dari alat ini adalah penggunaan aplikasi web service berbasis IoT untuk memantau kadar asap rokok pada ruangan dari jarak jauh. Web service berbasis IoT merupakan layanan web yang dirancang untuk berinteraksi dengan perangkat IoT dimana IoT itu sendiri adalah konsep dimana objek fisik, perangkat, atau sistem memiliki kemampuan terhubung dan berkomunikasi melalui internet. Meskipun memiliki kekurangan seperti keamanan yang rentan, tetapi dengan adanya web service ini cukup membantu untuk memonitoring kadar asap rokok di ruangan. Lebih lanjutnya, terkumpulnya data pada web service juga dapat dianalisis lebih lanjut untuk pemeliharaan dan perbaikan alat, prediksi umur penggunaan alat, serta toleransi alat terhadap kepekatan asap rokok.Harapannya dengan adanya pengembangan inovasi teknologi terbarukan ini dapat memperbaiki sirkulasi udara pada smoking room sehingga kenyamanan pengguna dapat meningkat.

Mal dan hotel di Surabaya ramai-ramai membangun smoking area. Sumber : https://kabarsurabaya.blogspot.com/2009/10/mal-dan-hotel-ramai-ramai-bangun.html

Nama : Sinta Dian Monica

Program studi : Teknologi Sains Data

Refrensi :

Roza, E., Sugiharto, Y., & Rosalina. (2022, Februari 2). Perancangan Prototipe Alat Pengurai Asap Rokok Menggunakan Electrostatic Precipitator. Jetri: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 19(2), 161-174. , doi: http://dx.doi.org/10.25105/jetri.v19i2.10288

Utomo, G. P., Kurniawan, E., & Vidyastari, R. I. (2023, Maret). Prototype Alat Pengurai Asap Rokok Pada Smooking Room Dilengkapi Internet of Thing. Digital Transformation Technology (Digitech), 3(1), 248-257.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image