Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Selain Bersihkan Udara, Kaktus Bisa Bikin Pikiran Lebih Rileks

Gaya Hidup | Sunday, 17 Dec 2023, 07:26 WIB
Seperti tanaman lainnya, kaktus dapat membantu menjaga udara tetap segar dan lebih bersih. Foto: Moch Asim/ANTARA via republika.co.id.

MENEMPATKAN sejumlah tanaman hias di pekarangan rumah atau di beberapa pojok ruangan rumah, selain menambah nilai estetik juga membuat lingkungan rumah lebih sehat.

Salah satu jenis tanaman hias yang dapat kita pilih untuk dipelihara di lingkungan rumah adalah kaktus.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari tanaman kaktus.

Membersihkan udara

Seperti juga tanaman lainnya, kaktus dapat membantu menjaga udara tetap segar dan lebih bersih. Kaktus yang kita pelihara menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Ini membuat udara lebih bersih dan lebih menyehatkan.

Membuat rileks

Warna dan tekstur kaktus yang beragam dan menawan selain membuat perasaan nyaman juga membuat pikiran lebih rileks. Perasaan nyaman dan pikiran rileks membantu meningkatnya konsentrasi, yang pada gilirannya dapat membuat kita lebih produktif.

Sebagai obat

Di samping berfungsi sebagai tanaman hias, beberapa jenis kaktus memiliki khasiat sebagai obat. Contohnya, agave dan lidah buaya, yang dikenal memiliki khasiat penyembuhan untuk sejumlah penyakit. Agave dikenal sebagai antiseptik alami yang digunakan untuk mengobati luka bakar, sedangkan gel tanaman lidah buaya dapat digunakan untuk menyuburkan rambut, menghaluskan kulit, menyembuhkan luka luar dan memar. Tambahan lagi, lidah buaya dapat pula dikonsumsi sebagai minuman segar.

Tidak susah

Salah satu kelebihan kaktus yaitu pemeliharaannya tidak susah. Tanaman ini tidak perlu disiram tiap hari. Jika tanaman lain menghasilkan sampah dedaunan, maka kaktus hampir sama sekali tidak menghasilkan sampah dedaunan. Kaktus dapat ditempatkan di luar rumah maupun di dalam rumah.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image