Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gioni Raisya

Mengikuti Trend Bisnis dalam Dunia Bisnis

Bisnis | Friday, 15 Dec 2023, 14:37 WIB
https://images.app.goo.gl/1pKCCoVGYrUGfRhy6

Apa itu trend Bisnis?

Trend bisnis adalah kecenderungan atau arah pergerakan bisnis dalam jangka waktu tertentu. Di era sekarang yang sudah memiliki kemajuan dalam bidang teknologi ini, membuat dunia bisnis cepat berubah setiap harinya. Banyak trend baru yang datang dan juga cepat berganti dengan trend baru lainnya. Trend ini sering kali memengaruhi masyarakat terutama dikalangan anak muda yang gemar mengikuti trend, sehingga membuat pelaku bisnis perlu mengikuti trend yang sedang berkembang agar meningkatkan peluang bisnisnya, karena dengan mengetahui trend bisnis yang sedang terjadi dapat menghindari risiko dan kerugian yang disebabkan oleh perubahan pasar atau industri yang tidak terduga. Oleh karena itu, memantau trend bisnis dan dapat menyesuaikan bisnis dengan trend yang sedang berlangsung tersebut adalah kunci keberhasilan dan kelangsungan hidup bisnis dalam jangka Panjang.

Cara Mengikuti Trend untuk Meningkatkan Bisnis

Meskipun biasanya trend tidak bertahan lama. Tetapi, saat trend itu sedang berlangsung banyak orang yang akan mencari barang tersebut. Meskipun begitu, para pelaku bisnis harus memiliki strategi agar dapat mengikuti trend untuk meningkatkan bisnis. Berikut bebrapa cara yang dapat diikuti agar bisnis bisa mengikuti trend.

1. Mengikuti Perkembangan Pasar

Mengikuti perkembangan pasar sangat penting bagi pelaku bisnis. Dengan mengikuti dan memantau perkembangan pasar dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang sedang trend pada saat ini. Selain itu, pelaku bisnis dapat melihat bagaimana respon masyarakat terhadap tren tersebut.

2. Update Media Sosial Bisnis

Media sosial pastinya sudah tidak asing lagi bagi pelaku usaha masa kini. Para pelaku usaha harus update dalam sosial media bisnis. Pastikan semua informasi lengkap agar mempermudah konsumen jika ingin membeli produk yang dijual. Kemudian, berinovasilah di sosial media kalian seperti membuat video dengan menunjukkan apa yang sedang dijual.

Kemudian ada beberapa perusahaan yang mengalami kegagalan atau bahkan kebangkrutan akibat tidak ingin mengikuti trend. Antara lain :

1. Kegagalan Nokia

Dulu Nokia sempat menjadi perusahaan handphone yang terkenal. Sampai pada akhirnya banyak kompetitor lainnya. Yang membuat redupnya nokia adalah mereka gagal beradaptasi dengan trend yang sedang terjadi pada saat itu. Mereka selalu cepat puas dengan apa yang mereka punya tanpa mau berinovasi lebih baik lagi.

2. Kegagalan Kodak

Kodak pada awalnya terkenal akan bisnis roll film fotonya. Namun sampai pada akhirnya banyak kompetitor berdatangan dengan menjual kamera digital, sebenarnya pada tahun 1975 Kodak sudah memiliki teknologi untuk membuat kamera digital tetapi mereka takut jika itu membuat bisnis roll kameranya meredup maka mereka sengaja tidak meluncurkan kamera digital tersebut. Pada tahun 2000 Kodak baru meluncurkan kamera digitalnya namun sudah terlambat karena para pesaing mulai merebut pasar. Kemudian Kodak mengumumkan kebangkrutannya pada tahun 2012.

Belajar dari Nokia dan juga Kodak, melakukan bisnis mengikuti trend memiliki kelebihan juga. Berikut kelebihan dari bisnis mengikuti trend.

1. Kemudahan Dalam Menarik Konsumen

Memulai bisnis dengan mengkuti trend lebih mudah untuk menarik konsumen. Karena produk yang sedang ditawarkan sedang trend dikalangan masyarakat. Yang pasti membuat konsumen tertarik untuk ingin membeli produk tersebut.

2. Kesempatan Untuk Mendapatkan Keuntungan Tinggi

Saat permintaan pasar untuk suatu produk meningkat. Pelaku usaha akan meningkatkan harga produk yang dijualnya. Yang membuat keuntungan meningkat.

Kesimpulan

Mengikuti perkembangan trend bisnis merupakan salah satu Langkah penting dalam menjaga keberhasilan bisnis di era yang mudah berubah ini. Dengan mengadopsi untuk mengikuti trend bisnis ini, perusahaan kemudian bisa memanfaat peluang yang ada.tidak ada salahnya untuk mengikuti trend bisnis yang ada.

Referensi:

https://www.dconsulting.id/blog/strategi-bisnis-yang-mengikuti-perkembangan-tren-pasar/

https://blog.aplikasir.com/cara-mengikuti-trend-untuk-meningkatkan-bisnis/

https://www.sobatpajak.com/article/64cb696d1f1c1953939fe34e/Pentingnya%20Mengikuti%20Tren%20dan%20Beradaptasi%20Dalam%20Berbisnis%20

Gioni Raisya Naylamadina Rizky Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image