Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Intip Kunci Keberhasilan Buya Hamka dalam Perspektif Psikologi Melalui Film Buya Hamka Vol. I

Lainnnya | Friday, 15 Dec 2023, 07:54 WIB

Siapa yang ga kenal dengan sosok Buya Hamka? Ya, Buya Hamka atau yang bernama asli Abdul Malik Amrullah merupakan ulama serta sastrawan ternama. Salah satu karya sastranya yang dikenal sampai sekarang adalah “Tenggelamnya Kapal Van der Wijk”. Tapi, kira-kira kamu penasaran ga sih dengan kisah hidup sosok Buya Hamka dan bagaimana beliau meraih keberhasilannya? Nah, jika kamu penasaran dan ingin mengetahui kisah hidup sosok Buya Hamka, kamu ga perlu khawatir karena sekarang kisah beliau berhasil diangkat kedalam film loh!

Film yang berjudul Buya Hamka Vol. I ini menceritakan perjuangan Buya Hamka sebagai pengurus organisasi Muhammadiyah Makasar. Dibawah kepemimpinnanya, organisasi Muhammadiyah Makasar mengalami kemajuan dan namanya pun menjadi masyhur dikenal. Karena keberhasilannya ini, beliau diminta untuk menjadi Pimpinan Redaksi Majalah Pedoman Masyarakat. Melalui majalah ini, beliau berhasil menyampaikan ajaran Tauhid dan semangat juang kemerdekaan melalui tulisan-tulisannya.

Tentunya dalam memperoleh keberhasilannya pada saat itu, Buya Hamka harus melawati banyak rintangan dan proses yang panjang. Lalu, apa saja sih kunci keberhasilan Buya Hamka dalam mencapai kesuksesannya? Yuk kita simak bersama penjelasannya dibawah ini.

1. Punya Pola Pikir Berkembang (Growth Mindset)

Cuplikan trailer film Buya Hamka Vol. I (Website mubi.com)

Menurut Carol Dweck, seorang Psikolog Di Universitas Stanford, orang yang mempunyai pola pikir berkembang cenderung berpikir bahwa keahlian ataupun kecerdasan bisa selalu dikembangkan melalui usaha yang dilakukan secara tekun. Dalam film ini, kita bisa melihat bagaimana sosok Buya Hamka yang berani untuk keluar dari zona nyamannya dengan mengambil tawaran menjadi pimpinan dari Majalah Redaksi Pedoman Masyarakat. Melalui Majalh Redaksi Pedoman Masyarakat, Beliau berhasil mempublikasikan tulisan-tulisannya, termasuk karyanya yang berjudul “Tenggelamnya Kapal Van der Wijk.”

2. Bekerja Keras

Cuplikan trailer film Buya Hamka Vol. I (Website mubi.com)

Dengan bekerja keras, seseorang dilatih untuk menjadi lebih disiplin, produktif dan mengerjakan sesuatu dengan maksimal. Begitu pula yang dilakukan oleh Buya Hamka. Beliau berkata, “Jika hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Jika bekerja sekedar bekerja, kera juga bekerja.” Kalimat yang dilontarkan beliau ini menunjukkan bahwasanya dalam kehidupan, kita harus mampu bermanfaat bagi banyak orang. Begitu juga dalam mengerjakan suatu hal, kita harus memberikan usaha yang terbaik. Jika hanya sekedar hidup dan bekerja, maka apa bedanya kita dengan hewan?

3. Mencintai Apa Yang Sedang Kita Kerjakan

Cuplikan trailer film Buya Hamka Vol. I (Website mubi.com)

Dari kecil, Buya Hamka sudah menunjukkan minat dan ketertarikannya di bidang sastra dengan banyak membaca buku cerita. Hingga dewasa, Buya Hamka sudah menulis banyak karya sastra yang terkenal hingga saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa kecintaan terhadap apa yang kita kerjakan dapat memberi kita motivasi untuk selalu memberikan hasil yang terbaik.

4. Dukungan Dari Orang Terdekat

Cuplikan trailer film Buya Hamka Vol. I (Website mubi.com)

Menurut survey yang dilakukan oleh Thomas J. Stainley, terdapat 10 faktor keberhasilan salah satunya adalah faktor dukungan pendamping. Dalam setiap usaha yang kita lakukan, kita memerlukan dukungan dari orang terdekat, baik dari kelurga, teman maupun pasangan kita. Studi yang dilakukan beberapa peneliti di Universitas Carnegie Mellon juga membuktikan bahwa orang yang mempunyai pasangan yang suportif lebih berani mengambil langkah untuk lebih maju.

Setelah menonton film ini, pasti kita sudah tidak asing dengan sosok istri Buya Hamka, yaitu Siti Raham. Melalui film ini kita bisa melihat bagaimana Siti Raham selalu menemani setiap langkah hidup Buya Hamka. Dengan memotivasi lewat nasehatnya yang bijak, Siti Raham mampu meyakinkan dan menumbuhkan kembali semangat Buya Hamka dalam memperjuangkan cita-citanya.

Perjuangan hidup Buya Hamka dari kecil hingga namanya bisa masyhur seperti sekarang tidaklah mudah. Namun dengan semangat dan kegigihannya, Beliau mampu untuk meraih keberhasilannya . Melalui Film Buya Hamka Vol. I ini, diharapkan dapat menginspirasi penonton melalui sosok karakter utama, yaitu Buya Hamka, serta tokoh-tokoh inspiratif lain yang terlibat di dalam alur cerita film ini.

Sekuel kedua dari film ini yang berjudul Hamka & Siti Raham Vol. II, rencananya akan ditayangkan di bioskop pada tanggal 21 Desember 2023 nanti loh! Film ini akan menceritakan lebih mendalam lagi tentang kisah Siti Raham dalam menemani perjalanan hidup Buya Hamka. Penasaran dengan kisah lanjutannya? Nantikan di bioskop kesayangan kamu ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image