Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggia Sabina Damayanti

Menghadapi Bonus Demografi Tahun 2045 Menuju Indonesia Emas, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Lainnnya | Thursday, 14 Dec 2023, 17:19 WIB

Indonesia merupakan negara republik yang sudah Merdeka sejak tahun 1945. Saat ini usia Indonesia telah 78 tahun setelah kemerdekaannya. Pada dasarnya, masih membutuhkan 22 tahun lagi menuju 2045. Namun, pada hakikatnya bibit-bibit penerus bangsa sudah ada dari sekarang untuk meneruskan kondisi Indonesia di tahun 2045. Bagaimana Indonesia bisa mencapai gagasan Indonesia emas tahun 2045? Presiden RI Ir. Joko Widodo menegaskan bahwasannya Indonesia harus memanfaatkan dua peluang untuk bisa mencapi hal tersebut. Dua peluang yang dimaksud adalah bonus demografi dan kepercayaan dunia internasional terhadap bangsa Indonesia.

Bonus demografi merupakan kondisi dimana 70% penduduk Indonesia berada pada usia produktifnya (17-63 tahun). Mengapa hal demikian bisa terjadi? Pemerintah Indonesia saat ini masih terus berusaha untuk mempersiapkan segalanya demi menghadapi bonus demografi yang akan terjadi. Menurut laporan kementrian informasi dan informatika, pandemi Covid 19 merupakan penyebab membludaknya angka kelahiran di Indonesia. Terhitung sejak Januari 2021 angka kelahiran nasional meningkat hingga tiga ratus ribu. Hal demikian yang menyebabkan pertumbuhan angka penduduk Indonesia melesat.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk menghadapi bonus demografi?

Tentunya, mau tidak mau keadaan tersebut harus dihadapi untuk menjadikan negara Indonesia ke arah yang lebih baik. Peran pemerintah dan Masyarakat Indonesia tentunya sangat dibutuhkan untuk mencapai gagasan tersebut. Pemerintah seharusnya menyediakan segalanya mulai dari Pendidikan yang layak, lapangan pekerjaan dan Pembangunan yang merata. Demikian juga dengan Masyarakat Indonesia, sebagai Masyarakat Indonesia, haruslah memiliki kesadaran untuk tetap menjaga dan mempertahankan serta menjadikan Indonesia sebagai negara yang bisa bersaing di pasar global.

Jika bonus demografi tidak dimanfaatkan dengan baik, maka Indonesia akan mengalami kondisi yang sangat buruk. Kondisi buruk tersebut berupa Tingkat kriminalitas yang tinggi, kesenjangan social, kemiskinan, Tingkat pengangguran serta Kesehatan yang rendah. Melihat realita yang akan dihadapi, bonus demografi merupakan keadaan yang tidak bisa dihindari.

Apa yang harus disiapkan oleh bibit-bibit penerus bangsa untuk menghadapi hal tersebut?

Anak-anak yang saat ini memasuki usia 1-2 tahun, pada tahun 2045 akan menjadi penopang kehidupan negara Indonesia. Mereka akan sangat berperan penting sebagai pemuda penerus bangsa. Maka dari itu, untuk mencapai perubahan dan Impian Indonesia emas tahun 2045 kita sebagai warga Indonesia harus menyiapkan diri kita untuk mencapai Impian tersebut. Hal yang bisa dilakukan adalah belajar dengan giat dan upgrade skill pada diri kita untuk persaingan kedepannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image