Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ryelvino Christopel Kelo_163221009_TRKB

Restoran Ramah Lingkungan: Aplikasi Robotika dalam Teknologi Hijau

Teknologi | Wednesday, 13 Dec 2023, 22:00 WIB

Sejalan dengan perkembangan dunia modern saat ini, kita pasti sudah tidak asing dengan teknologi canggih di sekitar kita, seperti teknologi robotika. Sebelum melanjutkan, kita harus memahami apa itu robotika. Robotika dapat diartikan sebagai bidang ilmu pengetahuan yang menggabungkan sains dan teknik untuk membuat mesin yang disebut "robot". Robot inilah yang merupakan produk dari bidang robotika, di mana mesin diprogram dan dibangun untuk membantu atau meniru tindakan manusia. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, robot dapat membantu atau bahkan mempermudah aktivitas manusia. Robot sudah banyak digunakan di berbagai jenis industri, salah satunya adalah industri restoran.

Industri restoran merupakan salah satu sektor bisnis yang akan terus berkembang. Akan selalu ada inovasi-inovasi terbaru dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan dalam industri restoran ini, salah satunya adalah penggunaan robot. Restoran modern saat ini tidak hanya berfokus pada kepuasan pelanggan, tetapi juga semakin memperhatikan dampak lingkungan dari operasi mereka. Dengan menggunakan teknologi robot ini, restoran dapat mencapai efisiensi yang lebih tinggi, seperti pengurangan biaya tenaga kerja, mempercepat proses produksi, dan juga meningkatkan kualitas hidangan yang disajikan.

Selain itu, robot dapat dimanfaatkan dengan memadukan teknologi yang ramah lingkungan, atau biasa disebut teknologi hijau. Dengan adanya teknologi yang ramah lingkungan, kesejahteraan manusia dapat meningkat yang merupakan tujuan dari SDGs atau Sustainable Development Goals. SDGs sendiri berisi 17 tujuan dan telah disepakati oleh 193 negara, termasuk Indonesia. Poin SDG yang ingin ditekankan disini adalah poin yang ke-9 yaitu “Infrastruktur, Industri, dan Inovasi”.

Berdasar pada poin SDG yang ke-9 ini, maka kita bisa mengaitkannya dengan penggunaan robot dalam industri restoran. Ada banyak jenis inovasi robot yang dapat digunakan untuk membantu aktivitas manusia dalam industri restoran. Berikut adalah beberapa inovasi-inovasi robot yang dapat, bahkan telah digunakan dalam industri restoran.

 

  1. Robot Pelayan

Penerapan robot pelayan menjadi langkah pertama menuju restoran ramah lingkungan. Robot jenis ini dapat digunakan untuk mengantarkan pesanan makanan dan minuman ke meja pelanggan. Robot ini tidak hanya mengurangi biaya tenaga kerja, tetapi juga dapat diprogram untuk mengoptimalkan rute pengantaran, mengurangi emisi gas buang, dan menjaga efisiensi energi. Selain itu, robot jenis ini bisa menjadi solusi ramah lingkungan dengan menggunakan energi terbarukan, seperti baterai daur ulang ataupun panel surya.

detik.com" />
Sumber : detik.com

Salah satu restoran yang menggunakan robot pelayan adalah Reveuse Resto yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Restoran ini memiliki dua robot yaitu Bellabot dan Kittybot yang bertugas untuk mengantarkan makanan maupun minuman ke pengunjung.

 

  1. Robot Koki

Penggunaan robot koki dapat membantu untuk menyiapkan makanan dan minuman dengan cepat dan efisien. Robot ini dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi bahan makanan dan kemudian menyesuaikan proses persiapan sesuai dengan resep. Dengan menggunakan robot koki, restoran dapat meningkatkan dan mempercepat produksi makanan dan minuman serta meningkatkan kualitas produk. Hal tersebut tidak hanya mengurangi pemborosan bahan makanan, tetapi juga mendukung pencapaian SDG ke-9 dalam meningkatkan efisiensi produksi. Karena berkurangnya pemborosan bahan makanan, robot ini tentunya dapat mengurangi limbah dan penggunaan sumber daya.

Sumber : Chowbotics

‘Sally’ dari Chowbotics adalah contoh robot koki. Robot ini adalah robot yang dapat membuat salad dalam waktu yang singkat. Bahkan, sekarang perusahaan pembuat Sally ini telah mengeluarkan versi terbarunya, yaitu Sally 2.0.

 

  1. Robot Pembersih

Robot pembersih dapat digunakan untuk membersihkan dan mengatur meja di restoran. Robot ini dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi keberadaan meja dan peralatan-peralatan lainnya, serta dapat membersihkannya secara otomatis. Dengan adanya robot pembersih ini, restoran dapat mengelola limbah dengan lebih efektif. Robot ini juga dapat mengurangi kebutuhan akan pembersihan manual dan penggunaan bahan pembersih yang berpotensi merugikan lingkungan.

Pada kenyataannya, robot-robot yang digunakan dalam industri restoran masih banyak jenisnya dan tidak terbatas pada 3 jenis robot yang telah disebutkan tadi. Meskipun begitu, restoran ramah lingkungan berbasis robotika tidak hanya membawa keuntungan dalam hal efisiensi operasional, tetapi juga mendukung pencapaian SDG ke-9 yaitu menciptakan industri, inovasi, dan infrastruktur yang berkelanjutan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image