Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Mengunjungi Candi Prambanan Bersama Keluarga adalah Moment yang Pas

Wisata | Saturday, 09 Dec 2023, 13:35 WIB

Di siang hari ini dengan cuaca yang tidak seperti biasanya, Hujan gerimis menyambut kedatangan saya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 setengah jam menggunakan mobil pribadi dengan titik awal kampung halaman saya yang bertempat di daerah Mungkid, Kabupaten Magelang.

Di tengah rintik-rintik hujan saya dan keluarga saya pergi dalam rangka ingin liburan setelah Hari Raya Idul Fitri dan setelah selesai berkunjung ke rumah keluarga besar saya untuk ber silahturahmi. Bertepatan di hari senin dan liburan hari raya saya mengunjungi tempat wisata candi Prambanan, biaya yang dikeluarkan cukup mahal yaitu 50.000 perorang, tetapi dengan biaya yang cukup mahal saya sudah bisa menikmati fasilitas yang ada di dalam tempat wisata tersebut.

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambana Desa Bokoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semaranag, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbicara tentang candi Prambanan, tempat ini juga cocok sekali untuk saya dan kita semua yang ingin berlibur dan mengetahui tentang sejarah-sejarah yang ada di kawasan wisata tersebut, karena banyak kisah-kisah sejarah yang mungkin anda belum ketahui pada saat candi ini di bangun, selain itu ada beberapa candi di kawasan wisata candi Prambanan. Namun kini tersisa 18 candi

Ke-18 candi tersebut yaitu 8 candi utama dan 8 candi kecil serta 2 candi perwara, ada satu candi yang lebih tinggi dari pada candi-candi lainnya, yaitu candi Siwa dengan bangunan yang megah arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur hindu pada umumnya candi ini memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang tinggi diantara kompleks candi-candi yang lebih kecil.

Candi Siwa ini menjadi tempat favorit semua orang- orang yang berkunjung ke candi Prambanan untuk berfoto, Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan Indonesia dan mancanegara. Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi favorit wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Banyak pengunjung yang tertarik mengunjungi candi Prambanan dengan berbagai tujuan seperti familiy gathering, foto session, study tour sekolah, hingga sekedar melepas penat.

Berkunjung ke candi Prambanan berkesempatan untuk belajar sejarah-sejarah yang belum saya ketahui selain itu juga menghirup udara segar yang ada di kawasan sekitar tempat wisata, memandangi dan memasuki bangunan-bangunan candi yang indah dan bersejarah, diyakini mampu menambah ilmu pengetahuan yang luas. Setelah menikmati berbagai pemandangan dan spot yang berada di candi Prambanan ini saya pun menelusuri candi Prambanan dengan berjalan kaki, berjalan bersama-sama keluarga ditemani dengan sepoi-sepoi angin siang menuju sore yang menyegarkan.

Perjalanan siang ini sangat saya nikmati, membuat vlog sederhana hingga foto bersama dengan candi-candi yang ada di sana, sungguh kenangan yang menyenangkan nantinya. Tidak hanya saya pengunjung lain juga banyak yang berkeliling melihat candi-candi yang indah siang itu, dari raut wajah mereka terlihat ekspresi yang sangat gembira dan menikmati wisata mereka ke candi Prambanan ini.

Tak terasa 3 jam sudah saya bermain di candi Prambanan ini dan mengambil beberapa momen foto untuk diabadikan kami pun mulai merasakan dehidrasi, kemudian saya dan keluarga saya masing-masing membeli air mineral dan duduk beristirahat namun satu botol air mineral pun kurang rasanya, tetapi saya cukupkan karna saya dan keluarga saya melanjutkan perjalanan kembali untuk melihat toko oleh-oleh yang ada disana, setelah lelah melihat toko-toko tidak sadar bahwa sudah memasuki waktu sholat asar, maka itu saya mencari mushola terdekat untuk sholat asar terlebih dahulu.

Tak sadar waktu sudah berjalanan menunjukan waktu sore hari, salah satu keluarga kami pun mengajak untuk pulang, walau rasanya masih belum ingin pulang tetapi apa boleh buat karena hari yang sudah mulai gelap dan wajah yang sudah terlihat lelah, dan dikarenakan harus menempuh waktu 1 jam setengah untuk sampai rumah akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk kembali pulang.

Liburan kali ini sangat penuh dengan kehangatan keluarga, dan juga canda tawa, saya tidak akan pernah lupa dan akan selalu kami ingat, mungkin saya akan kembali lagi ke tempat ini suatu saat nanti dan membuat kenangan yang baru. Candi ini akan selalu saya ingat sebagai tempat yang sangat indah di setiap sudutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image