Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Kiprah Sutanto diapresiasi Seniman Acapela Mataraman

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 09 Dec 2023, 08:32 WIB
Seniman Acapela Mataraman Pardiman Djoyonegoro menerima buku Sutanto, Jumat (8/12/2023)
Seniman Acapela Mataraman Pardiman Djoyonegoro menerima buku Sutanto, Jumat (8/12/2023)

Kiprah Guru MTsN 3 Bantul, Sutanto dalam bidang literasi mendapat apresiasi dari Seniman Acapela Mataraman Pardiman Djoyonegoro. Senima itu melihat, meski berlatar belakang Seni Musik, namun karena menulis sudah mendarahdaging dalam diri Sutanto maka yang dilakukan tak hanya retorika semata namun diwujudkan dalam karya nyata berupa buku solo yang ditulisnya dalam berbagai jenis.

“Sutanto adalah pribadi yang gelisah untuk selalu berkarya, membuat lagu, membuat puisi dan membuat tulisan yang mewakili pribadi dan jamannya. Kegelisahan kreatif Sutanto dalam menangkap sebuah ide-ide kreatif dikspresikan menjadi sebuah karya yang abadi untuk generasi ke generasi,” terang Pardiman usai menerima buku Ukara Rinumpaka dari Sutanto di kediamannya Jalan Karangjati, RT 07, Gendeng, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Jumat (8/12/2023).

Bahkan Pardiman menyatakan untuk ikut bergabung di komunitas menulis yang diikuti Sutanto, agar beberapa naskah yang ditulis terutama terkait dengan nilai-nilai tradisi dapat diterbitkan menjadi sebuah buku.

Sutanto menyambut baik keinginan Pardiman untuk bergabung di Komunitas Yuk Menulis (KYM) yang diikutinya. Karena KYM terbuka bagi siapa saja yang ingin berkarya dengan bahagia.

Pardiman mencermati buku Ukara Rinumpaka
Pardiman mencermati buku Ukara Rinumpaka

Sutanto menambahkan, buku yang diserahkan kepada Pardiman berisi kumpulan 100 quote (kata bijak) berbahasa Jawa yang merupakan hasil perenungannya, dengan melihat peristiwa di sekitar dan fenomena yang terjadi di masyarakat. Ada beberapa jenis kata bijak yang disajikan dalam buku ini, diantaranya kata bijak tentang kehidupan, kata bijak inspiratif, kata bijak pembangkit motivasi, kata bijak religius dan kata bijak bagi para pendidik.

“Saya berharap buku ini dapat diterima semua kalangan, tak hanya lokal namaun secara nasional. Karena, meski kata bijaknya berbahasa Jawa namun saya sertai dengan pemaknaan dalam Bahasa Indonesia. Sehingga pembaca yang tidak memahami bisa terbantu,” terang Sutanto.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image