Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nadya el nasya

Daun Menjari (Palminervis)

Eduaksi | Friday, 08 Dec 2023, 16:30 WIB
https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-tulang-daun-tumbuhan-di-bawah-ini-tulang-daun-seperti-itu_QU-UR7CPSCC

Penulis/Ndyaelnasya

Daun biasanya Bertempat di Tumbuh - Tumbuhan yang beranting dan Rata rata daun Berwarna Hijau. biasanya ada orang yang bertanya Kenapa sih Daun warnanya hijau? nah disini saya akan sedikit menjelaskannya, Daun berwarna hijau disebabkan karena ada Klorofil/Pigmen yang berfungsi untuk Menyerap Energi Matahari. Dan apabila ada daun yang warnanya selain hijau, Misalnya Coklat, Kuning, dan Merah maka daun tersebut kehilangan Klorofilnya maka Menyebabkan juga daun tersebut akan kelihatan tua dan cepat gugur.

Daun sangat Berfungsi bagi Tumbuhan yaitu menjadikan tempat terjadinya Fotosintetis, dan Sebagai alat Pernapasan Tumbuhan. Akan tetapi berbeda lagi dengan tumbuhan Kaktus, tumbuhan Kaktus daunnya terletak di durinya dan juga fungsinya pun berbeda, daun dari Kaktus atau bisa di sebut dengan duri berfungsi sebagai Organ Penyimpanan Air. Ternyata daun juga memiliki beberapa jenis, dan manfaat setiap jenisnya nya pun berbeda, berikut penjelasannya:

1. Daun Menjari (Palminervis)

Daun menjari bentuknya seperti jari jari tangan, Diantaranya: daun singkong, daun papaya, daun labu dan masih banyak lagi. Biasanya manfaat daun singkong untuk mengontrol berat badan, mengatasi radang sendi, melancarkan pencernaan dan lain sebagainya.

2. Daun Sejajar (Rectinervis)

Merupakan daun yang tulangnya berbentuk lurus seperti pararel dan sejajar dengan pohonnya. Tumbuhan yang memiliki daun sejajar itu biasanya daun tebu, daun padi dan daun kelapa. Salah satu manfaat daun sejajar terdapat di daun kelapa biasanya di buat untuk alat seperti sapu lidi, tempat buah keranjang janur dan lain sebagainya.

3. Daun Berduri

Daun ini merupakan salah satu daun yang unik karena tajam/runcing. Tumbuhan yang memiliki daun berduri yaitu daun Kaktus, daun lidah buaya dan daun bougenvil. Adapun fungsi daun berduri untuk menangkap debu di dalam ruangan, dan mengurangi penguapan air lewat daun.

Dapat di Simpulkan dari Penjelasan di atas rata – rata daun berwarna Hijau Karena adanya Klorofil/Pigmen Dan apabila warnanya selain hijau berarti daun tersebut Kehilangan Klorofilnya. Daun memiliki banyak jenis, Contohnya Daun Menjari (palminervis), Daun Sejajar (rectinervis) dan Daun Berduri. setiap jenis daun memiliki beberapa manfaat yang berbeda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image