Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image snlafyy

Ketika Bayi Menangis

Parenting | Friday, 08 Dec 2023, 16:06 WIB

https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/komplikasi-persalinan/asfiksia-pada-bayi-baru-lahir/

Penulis/ Nurul Lafidzo'ah

Mengapa bayi baru lahir sering menangis?

Menurut Para Dokter, bayi yang menangis merupakan salah satu adaptasi bayi dengan lingkungan yang berbeda dan merupakan ungkapan perasaan dan komunikasi seorang bayi kepada ibundanya seperti lapar, lelah dan sebagaiya .Namun dilihat dari faktor biologisnya bayi yang menangis merupakan bayi yang sehat karena tangisan bayi lah cairan-cairan yang ada pada tubuh bayi akan keluar sedikit demi sedikit. Cairan apa sih yang ada pada bayi baru lahir? Dan kenapa harus dikeluarkan?

Nah ketika si bunda mengandung bayi yang ada didalam kandungan akan mendapatkan oksigen melalui plasenta. Plasenta adalah organ yang berkembang di dalam Rahim seseorang yang sedang mengandung atau sering disebut dengan ari-ari. Nah plasenta bertugas untuk memberikan oksigen pada bayi selama didalam kandungan. Paru-paru bayi saat berada didalam kandungan belumlah terbentuk sempurna dan saat si bunda melahurkan cairan-cairan akan mulai mengering dan parparu pun akan mengembang sedikit demi sedikit. Namun ada sedikit cairan dan lender yang masih sedikit tersisa di bagian saluran udara.

Jadi tangisan itulah yang akan bermanfaat untuk mengeluarkan cairan pada bayi itu sendiri .Disebabkan karena struktur biologis inilah banyak sekali para dokter-dokter dalam persalinan berupaya untuk mengeluarkan dan membersihkan cairan-cairan tersebut dengan salah satu upayanya yaitu dengan menjepit plasenta bayi Ketika si bunda melahirkan, dan dengan keluarnya cairan tersebut akan melancarkan bayi ketika bernapas. Namun pada umumnya tangisan yang seperti itu akan berlangsung hanya selama 4-7 hari saja.

Sedangkan menurut faktor biologis bayi yang tidak menangis saat dilahirkan biasanya karena tersumbat oleh cairan-cairan yang masih tersisa dalam saluran pernapasannya atau gangguan-gangguan lain pada bayi dan bisa jadi terkena Afsiksia adalah keadaan Dimana seorang bayi kekurangan oksigen sebelum, saat, atau pun sesudah persalinan.

Namun jangan salah, tidak semua bayi yang tidak menangis segera setelah dilahirkan akan terkena Afsiksia. Beberapa bayi akan membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk melakukan adaptasi terhadap lingkungannya. Tetepi jika benar-benar bayi tersebut tidak menangis sampai jangka waktu lebih lama maka alangkah baiknya untuk mendapatkan pertolongan medis supaya dapat menangani kondisi tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image