Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Robot Bedah Magnetik Berhasil Lakukan Operasi Pengangkatan Kantong Empedu di Rumah Sakit Chile

Teknologi | Friday, 08 Dec 2023, 14:28 WIB
Dokter dibantu robot melakukan operasi yang tidak terlalu invasif. Foto: Foto: Levita Magnetics via massdevice.com.

SEBUAH robot yang menggunakan magnet yang kuat untuk melakukan operasi yang tidak terlalu invasif dan lebih efisien telah menyelesaikan prosedur internasional pertamanya, yaitu melakukan operasi pengangkatan kantong empedu, di sebuah rumah sakit umum di Chile, pekan ini.

Demikian menurut perusahaan yang mengembangkan teknologi tersebut, seperti dilaporkan kantor berita Reuters, Jumat [8/12/2023].

Platform bedah MARS di rumah sakit Luis Tisne di Santiago memungkinkan ahli bedah untuk menempelkan magnet kecil ke organ tubuh, seperti hati, dan menggunakan lengan robotik dengan magnet bertenaga tinggi di perut pasien untuk memanipulasi organ-organ tersebut. Begitu dijelaskan oleh pihak Levita Magnetics, perusahaan rintisan yang berbasis di California, Amerika Serikat [AS], yang menciptakan robot tersebut.

"Sistem ini juga memberikan kendali kamera kepada dokter bedah, yang memungkinkan visualisasi yang lebih baik, jauh lebih stabil. Dan dalam pembedahan, penglihatan adalah segalanya," papar Alberto Rodriguez-Navarro, dokter dan pendiri Levita Magnetics.

Alberto Rodriguez-Navarro menambahkan bahwa Levita Magnetics lebih baik untuk pasien, dengan sayatan yang lebih sedikit dan rasa sakit yang lebih sedikit, pemulihan yang lebih cepat,

"Bagi dokter bedah, ini lebih baik karena memungkinkannya menjadi lebih efisien dan, bagi sistem, memungkinkan lebih banyak operasi yang dapat dilakukan per hari," kata Navarro.

Platform bedah ini telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS pada bulan September dan telah melakukan operasi komersial pertamanya di Klinik Cleveland di Ohio pada bulan Oktober lalu.***

Sumber: Reuters

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image