Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tegar Faiz Fahrezy

Perubahan Iklim

Edukasi | Wednesday, 06 Dec 2023, 07:29 WIB

Secara umum, perubahan iklim disebut sebagai fenomena pemanasan global, dimana terjadi peningkatan gas rumah kaca pada lapisan atmosfer dan berlangsung untuk jangka waktu tertentu. Penyebab perubahan iklim dan pemanasan global terdiri dari berbagai faktor yang berbeda serta menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia.

Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.Lalu, apa saja faktor yang menyebabkan perubahan iklim? Berdasarkan data yang diterima Indonesiabaik, ada beberapa faktor penyebab perubahan iklim, diantaranya:

1.Efek gas rumah kaca2. Pemanasan Global3. Kerusakan lapisan ozon4. Kerusakan fungsi hutan5. Penggunaan Cloro Flour Carbon (CFC) yang tidak terkontrol6. Gas buang industriNantinya, dari perubahan iklim yang terjadi secara terus menerus juga menimbulkan dampak tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Apa saja?
Curah hujan tinggiMusim kemarau yang berkepanjanganPeningkatan volume air akibat mencairnya es di kutubTerjadinya bencana alam angina putting beliungBerkurangnya sumber air. Sebagai contohnya :

Kekeringan parah
Air laut yang terkontaminasi limbah nikel
Kebakaran hutan
Perbedaan hutan kalimantan dari tahun ke tahun akibat ulah manusia yang kian hari terus menebang pohon.
Banjir bandang akibat curah hujan yang tinggi dan sedikit nya tanaman pohon sehingga tanah kurang menyerap curah hujan.

Solusi untuk mencegah krisis iklim ialah :

1. Menanam pohon

2. Menjaga kebersihan

3. Kurangi penggunaan plastik

4. Gunakan angkutan umum saat melakukan perjalanan

5. Beralih kepada energi terbarukan

Referensi

https://www.gramedia.com/literasi/perubahan-iklim-global/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image