Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LUTVI TRI OKTAVIANA

Iot Penerang Jalan Kehidupan Manusia

Teknologi | Tuesday, 05 Dec 2023, 15:30 WIB
Sumber: https://indonesiancloud.com/wp-content/uploads/2022/12/Shutterstock_1028403757-1-1.jpg

Di tengah berkembangnya teknologi informasi, sebuah inovasi utama yang semakin terkemuka didunia teknologi komunikasi adalah Iot atau Internet of Things. IoT adalah sebuah konsep di mana teknologi seperti sensor dan perangkat lunak ditanamkan pada objek dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengontrol, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain sambil tetap terhubung ke Internet. Keterhubungan yang berkembang pesat dari IoT dengan kehidupan manusia membuka kemungkinan, di mana Internet of Things memberikan kesempatan untuk komunikasi tanpa hambatan di antara semua entitas.

Adapun penerapan IoT saat ini pada kehidupan manusia seperti:

1. Smart Office

Smart Office merupakan penerapan teknologi IoT pada lingkungan kantor untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kenyamanan karyawan.

Saat tidak ada ruangan, maka lampu akan mati secara otomatis. Sebaliknya, saat ada orang masuk maka lampu akan menyala. Selain itu, masih banyak lagi contoh penerapan konsep internet of things dalam lingkup smart office atau kantor cerdas.

2. Smart Home

Contoh penerapan IoT yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari adalah konsep Smart Home. Konsep ini menggunakan berbagai perangkat dan sistem yang terhubung dengan internet, layaknya smart office. Misalnya, smart lighting terintegrasi, sistem keamanan yang dilengkapi kamera pengintai dan sensor gerak, serta peralatan smart home seperti lemari es, oven, dan mesin cuci yang dapat dikendalikan dari jarak jauuh.

3. Smart City (Kota Cerdas)

Smart City merupakan konsep pembangunan perkotaan yang menggunakan teknologi IoT untuk meningkatkan kualitas hidup warga dan mengoptimalkan konsumsi sumber daya. Contoh penerapan IoT di kota cerdas adalah sistem transportasi cerdas. Hal ini mencakup manajemen lalu lintas otomatis, sistem parkir cerdas, dan akses real-time ke sistem transportasi umum yang terhubung.

4. Perangkat Elektronik

Saat ini hampir semua perangkat elektronik modern mendukung penerapan teknologi IoT. Selama perangkat tersebut dapat terhubung ke internet, mereka dapat berinteraksi dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna. Contohnya seperti smart TV, smart speaker dengan asisten virtual seperti Google Assistant, perangkat wearable seperti smart watch dan fitness tracker, atau smartphone, yang merupakan perangkat yang paling sering digunakan orang.

5. Sistem Keamanan Biometrik

Sistem keamanan biometrik menggunakan teknologi IoT untuk mengidentifikasi orang berdasarkan karakteristik unik mereka. Contoh penerapan IoT pada sistem ini antara lain pengenalan sidik jari, suara, iris mata, dan pengenalan wajah. Misalnya, sistem pengenalan sidik jari menggunakan sensor khusus untuk mengenali dan meng-autentikasi identitas seseorang. Sensor ini memungkinkan anda mengontrol akses ke perangkat atau lokasi tertentu dengan lebih aman dan efisien.

6. Smart Car

Mobil pintar atau smart car merupakan salah satu contoh penerapan teknologi IoT pada industri otomotif. Dengan menghubungkan mobil ke Internet dan memanfaatkan berbagai sensor, kini unit kendaraan dapat dilengkapi dengan berbagai fungsi canggih. Contoh aplikasinya mencakup sistem infotainment untuk mengakses fungsi navigasi real-time, musik, radio, dan aplikasi, hingga sensor keselamatan seperti sistem kemudi dan sistem parkir otomatis.

7. Robot Waiter

Penggunaan robot waiter kini sudah umum di beberapa negara maju. Robot waiter adalah perangkat robot yang dirancang untuk melayani pelanggan di restoran, kafe, dan tempat makan lainnya. Oleh karena itu, robot ini dilengkapi dengan sensor navigasi yang memungkinkannya bergerak secara mandiri. Selain itu, terdapat layar sentuh atau speaker yang membantu robot berinteraksi dan melayani pelanggan.

8. Sistem e-Tilang

Contoh penerapan IoT selanjutnya adalah sistem e-Tilang (tiket elektronik) yang mulai diterapkan di beberapa wilayah Indonesia. Sistem ini memiliki kamera pengintai khusus yang terhubung ke jaringan Internet. Kamera ini dilengkapi teknologi untuk mengidentifikasi dan mencatat plat nomor kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas. Jika terjadi pelanggaran, sistem secara otomatis mengirimkan laporan dan pemberitahuan.

9. Healthcare Monitoring

Selain itu, IoT juga berperan penting dalam meningkatkan layanan kesehatan dengan memungkinkan pemantauan kesehatan secara real-time. Salah satu pilihannya adalah menggunakan perangkat portabel. Perangkat seperti smart watch, fitness tracker, dan sensor kesehatan lainnya dapat digunakan untuk mengumpulkan data kesehatan pengguna. Denyut jantung, aktivitas fisik, kualitas tidur, dan lain sebagainya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image