Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image khoirul ifan

Himpunan Penuhi Target, LAZ Harga Salurkan Bantuan ke 273 Ribu Mustahik Selama Tahun 2021

Agama | Tuesday, 04 Jan 2022, 11:05 WIB

Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) kembali merilis laporan terbaru himpunan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Dana Sosial lainnya selama tahun 2021. Berdasarkan Pernyataan Direktur Utama LAZ Harfa, Indah Prihanande menyebutkan target himpunan LAZ Harfa di tahun 2021 telah melebihi target standar minimal Lembaga Zakat skala provinsi sesuai aturan Badan Amil Zakat Nasional dalam PERBAZNAS Nomor 3 Tahun 2019 tentang Tata Cara Rekomendasi Izin Pembentukan dan Pembukaan Perwakilan Lembaga Amil Zakat pada pasal ke 5 berisi LAZ berskala provinsi paling sedikit memiliki himpunan 20 milyar rupiah.
Jumlah himpunan yang berhasil dibukukan oleh LAZ Harfa pada tahun kinerja 2021 adalah senilai Rp. 21.377.176.885. Hal ini memberikan angin segar bagi pertumbuhan LAZ Harfa sebagai lembaga zakat skala provinsi yang belum lama ini memenangkan nominasi LAZ dengan pelaporan terbaik dalam acara MILAD ke 19 BAZNAS Provinsi Banten.
5 tahun terakhir grafik himpunan LAZ Harfa mengalami kenaikan secara cukup signifikan. Tahun 2017 LAZ Harfa hanya mampu mendapatkan himpunan sebesar 5,1 Milyar Rupiah, kemudian tahun 2018 himpunan naik menjadi 9,6 Miliar Rupiah, satu tahun setelahnya kenaikan himpunan secara besar di tahun 2018 menembus angka 16,6 Milyar Rupiah. Salah satu alasan kuat kenaikan tersebut disebabkan adanya donasi besar-besaran untuk penyintas bencana Tsunami Selat Sunda yang dilakukan oleh banyak masyarakat secara individu maupun kelompok kemudian menitipkan donasi mereka melalui LAZ Harfa sebagai lembaga yang turun tangan secara langsung membantu para penyintas di lokasi bencana. Kondisi tersebut membuat LAZ Harfa semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat dan mengangkat nama LAZ Harfa tidak hanya di tingkat provinsi banten namun juga di tingkat nasional.
Naiknya himpunan juga turut berdampak pada semakin banyaknya jumlah penerima manfaat atau mustahik yang menerima berbagai program bantuan. Tahun 2017, LAZ Harfa mencatat penerima manfaat sebanyak 34.947 jiwa sedangkan kini tahun 2021 secara signifikan penerima manfaat mencapai 273.552 jiwa. Jumlah tersebut terbagi atas 8 program utama yaitu Ekonomi (6.916 Jiwa), Sosial dan Dakwah (34.431 Jiwa), Pendidikan (2.650 Jiwa), Kesehatan (76.418 Jiwa), Desa Harapan (30.322 Jiwa), Disaster and Human Relief (23.712 Jiwa), Ramadhan (52.670 Jiwa), dan Program Qurban (46.433 Jiwa).
Menurut Indah keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan semua pihak seperti para Amilin, Mitra hingga masyarakat. Melalui dirinya, pihaknya pun sangat berterimakasih kepada semua Muzakki (donatur), mitra, relawan, media partner dan staf serta manajemen LAZ Harfa dalam membersamai perjuangan LAZ Harfa dalam proses penghimpunan hingga pendayagunaan dana Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf dan Dana Sosial Lainya melalui program-program inovatif dan berkelanjutan.
“Terimakasih karena telah bahu membahu bersama melakukan perbaikan di LAZ Harfa, kami insyaallah akan terus memperbaiki pelayanan dan mempertahankan akuntabilitas LAZ Harfa dengan transparansi kepada publik,” Ucap Indah.
Lebih lanjut, Indah menyampaikan komitmen LAZ Harfa di tahun 2022 untuk terus memperluas cakupan kebermanfaatan lembaga dalam memberikan perhatian kepada masyarakat terutama para keluarga dhuafa baik di Provinsi Banten maupun secara nasional.
“LAZ Harfa akan terus berkomitmen untuk menjadikan tahun 2022 ini dalam meningkatkan kebermanfaatan di masyarakat Banten dan Indonesia tentunya,” Pungkas Indah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image