Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Wanita sedang Cemburu? Ini Cara Menghadapinya

Curhat | Monday, 04 Dec 2023, 12:01 WIB

Tidaklah jarang jika suatu hubungan terutama dalam hubungan romantis mengalami perasaan cemburu saat menjalin hubungan. Cemburu merupakan hal yang wajar saja terjadi jika tidak terjadi berlebihan. Jika cemburu dibiarkan begitu saja tanpa ditangani mungkin saja Anda akan merusak perasaan pasangan Anda atau bahkan lebih parahnya merusak hubungan Anda dengan pasangan.

Bahkan dalam sejumlah kasus cemburu dapat mengakibatkan seorang melakukan pembunuhan terhadap orang lain lho! seperti kasus yang dikutip dari antaranews.com dimana sang istri (Rosmaini) tega membunuh suaminya (Nurdin) karena cemburu. Tetapi artikel ini tidak akan membahas hal semacam itu, melainkan tentang bagaimana kita menghadapi pasangan kita (wanita) ketika merasakan cemburu. Mari kita ulas lebih lanjut.

https://www.istockphoto.com/id/foto/pasangan-bertengkar-di-rumah-gm1329543631-413242197

Apa yang dimaksud dengan cemburu?

Menurut beberapa Ahli cemburu pada hubungan percintaan atau disebut dengan romantic jealousy ialah hal yang sudah biasa terjadi pada suatu hubungan. Cemburu merupakan, emotions, cognitions, and behavior assosiated with the appraisal of the threat arising from the potential, actual, or imagined involvement of ones loved one or mate in a relationship with an interloper. Dari definisi tersebut dapat kita ketahui bahwa munculnya perasaan cemburu berkaitan dengan tingkah laku, reaksi secara emosional, dan pemahaman.

Dampak dari perasaan cemburu

Ahli berpendapat cemburu dapat memunculkan emosional seperti rasa takut akan kehilangan, cemas, hingga putus asa selain itu cemburu juga dapat membuat stres. Maka dari itu cemburu merupakan perasaan yang tidak mengenakan dan jika dibiarkan begitu saja, maka dari itu kita akan membahas bagaimana cara menangani pasangan (wanita) kita ketika merasa cemburu.

Cara menangani wanita yang sedang cemburu

Dikutip dari laman inspiringtips.com dinyatakan bahwa terdapat beberapa cara untuk menghadapi wanita yang sedang mangalami perasaan cemburu, sebagai berikut.

1. Tetap tenang.

Jika pacar Anda sedang cemburu, besar kemungkinannya Anda akan mendengarkan pertanyaan yang tiada hentinya dan tuduhan tentang hal-hal yang bahkan mungkin tidak Anda ketahui. Untuk menghindari perdebatan yang sengit, sebaiknya Anda tetap tenang dan mencoba untuk menyelesaikan masalah tanpa suara yang tinggi.

Hal itu hanya akan mengacaukan situasi jika Anda mengikuti emosi pacar Anda dan marah padanya karena ia cemburu.

2. Jangan terlalu defensif.

Terkadang mungkin saja Anda jenuh menerima pertanyaan dan tuduhan. Mungkin Anda merasa belum melakukan apa pun, dan merasa membela diri adalah hal yang tepat. Ini wajar saja untuk terjadi. Namun, bagi seorang Wanita yang sedang cemburu, hal ini hanya akan membuat kesan jika Anda telah melakukan sesuatu yang buruk dan itulah mengapa cara yang terbaik adalah untuk tetap tenang.

Hal terbaik yang dilakukan adalah tetap tenang dan berkomunikasi dengan pacar Anda. Biarkan dia merasa jika Anda tidak menyembunyikan apa pun darinya dan dia tidak perlu mengkhawatirkan apa pun.

3. Biarkan Ia tahu bahwa Ia dicintai.

Salah satu dari banyak alasan pasangan Anda merasa cemburu adalah karena, baginya, Anda telah gagal menunjukkan bahwa Anda mencintai pasangan anda. Lakukan sesuatu untuk pasangan Anda dan berikan dia perhatian sehingga kecemburuannya dapat teratasi.

Begitu pacar Anda merasa aman, berkat cinta tulus dan komitmen yang Anda berikan, dia tidak akan berpikir untuk cemburu pada siapa pun atau apa pun.

4. Buat Ia merasa istimewa.

Terkadang, wanita merasa cemburu karena merasa tidak percaya diri atau tidak dikenal. Tugas Anda adalah membuat dia merasa bahwa dirinya sudah cukup dengan selalu ada untuk dirinya dan membuatnya merasa paling istimewa, terutama ketika dia mencapai sesuatu baik yang besar ataupun kecil.

5. Ketahui apa yang membuatnya merasa cemburu.

Mengetahui apa yang menjadi penyebab rasa cemburu merupakan hal yang sangat penting agar Anda bisa mengatasinya. Berbicara satu sama lain dan diskusikan apa yang menajdi penyebab masalah. Tidak mengetahui penyebab permasalahannya hanya akan memperburuk keadaan. Jangan berasumsi apa pun. Biarkan dia memberi tahu Anda alasan yang sebenarnya dan lakukan yang terbaik untuk memahami dari mana asal penyebabnya.

Ada penelitian yang menyatakan bahwa laki-laki akan merasa tertekan dengan adanya perselingkuhan yang terjadi seksual pasangan dari perempuan, sedangkan perempuan merasa tertekan ketika adanya perselingkuhan yang terjadi secara emosional pasangan daripada laki-laki.

6. Biarkan Ia berbicara terlebih dahulu.

Anda harus mendengarkan meskipun pacar Anda terus mengatakan kata yang sama berulang kali. Hal ini bukan berarti dia tidak mendengarkan apa yang Anda katakan kepadanya dan ini tidak berarti dia tidak melakukan sesuatu untuk memperbaiki dirinya.

Jangan mengabaikannya saat dia sedang berbicara. Beri dia kesempatan untuk berbicara karena itu juga caranya untuk mengeluarkan semuanya dari hatinya. Dengarkan dan coba pahami mengapa Ia merasa terluka.

7. Sabar.

Bersabarlah. Jika pacar Anda terlalu banyak bertanya tentang hal-hal kecil, bersabarlah untuk menjawabnya. Pacar Anda ingin jika Anda memiliki kesabaran karena dia tidak cemburu tanpa alasan. Dia hanya ingin Anda memberitahunya dan meyakinkannya bahwa dia cukup baik dan Anda mencintainya apa pun yang terjadi.

Cemburu merupakan hal yang wajar saja terjadi selama tidak terjadi secara berlebihan. Cemburu juga tidak terjadi tanpa alasan maka dari itu penting untuk mengetahui penyebabnya dan mengatasinya dengan cara-cara yang sudah dijelaskan supaya hubungan kita dengan pasangan kita lebih terjaga dan sehat. Selain cara untuk menghadapi pasangan anda yang sedang cemburu juga penting untuk saling menyadari tugas masing-masing, bahwa bukan hanya anda yang harus melakukan usaha, melainkan pasangan anda juga harus bekerja bersama-sama.

Referensi

  • https://www.antaranews.com/berita/364176/istri-bunuh-suami-karena-sakit-hati-cemburu
  • https://www.researchgate.net/publication/278888112_Proses_Cemburu_dalam_Hubungan_Percintaan_Jealousy_proccess_in_intimate_relationship
  • https://www.researchgate.net/publication/278884377_Cemburu_dalam_Hubungan_Percintaan_Jealousy_in_intimate_relationship
  • https://inspiringtips.com/asia/ways-to-deal-with-a-jealous-girlfriend/
  • https://media.neliti.com/media/publications/246533-kecemburuan-pada-laki-laki-dan-perempuan-6b178604.pdf

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image