Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Firdaus Firdaus

Wawasan Nusantara Mulai dari Lingkungan dan Keluarga

Eduaksi | Tuesday, 04 Jan 2022, 06:22 WIB
Foto oleh Rimba Kita.com

Geopolitik dan Wawasan Nusantara

Ketika kita mendengar kata Geopolitik Indonesia, maka yang pertama kali tergambar dalam benak kita adalah Negara Indonesia dengan kepulauannya yang diapit oleh beberapa negara, serta kerjasama atau ancaman dari negara-negara lain. Namun disadari atau tidak, Negara Indonesia yang besar ini terdiri dari banyak bagian kecil yang tergabung menjadi satu kesatuan, yang dalam penerapan ilmu geopolitik ini pun seharusnya relevan untuk diterapkan mulai dari bagian-bagian kecil tersebut, dengan tetap berlandaskan pada Geopolitik Indonesia.

Geopolitik adalah sistem politik atau peraturan-peraturan dalam wujud kebijaksanaan dan strategi nasional yang didorong oleh aspirasi nasional geografik suatu negara yang apabila dilaksanakan dan berhasil akan berdampak langsung kepada sistem politik suatu negara. Sedangkan geopolitik Indonesia adalah Wawasan Nusantara sebagai dasar dalam pengembangan dan implementasinya yang mana Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang sesuai dengan geografis wilayah nusantara dalam mencapai tujuan negara. Wawasan Nusantara mengajarkan bagaimana pentingnya persatuan dan kesatuan dalam segala aspek kehidupan bangsa dan negara dalam rangka mencapai cita-cita dan tujuannya.

Implementasi Teori Wawasan Nusantara

Sebagai pengetahuan tentunya pemahaman atas wawasan nusantara menjadi sangat mendasar dan sangat dibutuhkan bagi setiap warga negara untuk mewujudkan ketahanan nasional. Namun dalam realisasinya terkadang kita terbang terlalu tinggi dari kapasitas yang kita miliki, yang bagi kebanyakan orang akan lebih efektif jika sudut pandang geopolitik ini dimulai dengan mengerucut kepada hal yang lebih kecil dan spesifik, pada lingkungan yang memang berada dalam lingkaran pengaruh kita. Sehingga setiap bagian kecil ini akan memiliki wawasan yang kuat secara individu dalam lingkupnya dengan landasan yang sama berdasarkan pada wawasan nusantara demi mewujudkan satu kesatuan yang menjadi tujuan besar bangsa indonesia.

Sebagai mana kita ketahui, Negara Indonesia dengan nusantara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini terdiri dari banyak perbedaan yang membentuk suatu kekuatan, dengan banyak potensi serta ada juga yang menjadi kelemahan bahkan merupakan ancaman, untuk menggerakan satu nusantara secara bersama-sama tentunya merupakan suatu hal yang berat, dan akan menjadi lebih ringan jika masing-masing kita memiliki wawasan yang kuat atas lingkungannya dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat setempat, komunitas atau kelompok dan sebagainya dengan berlandaskan pada wawasan nusantara.

Oleh karenanya geopolitik hanya akan mampu mewujudkan ketahanan nasional ketika segenap lapisan masyarakat mampu ikut andil dalam berpartisipasi menciptakan bentuk geopolitik yang baik, bukan hanya dilakukan oleh pemerintah karena besarnya suatu bangsa dan majunya suatu negara akan terlihat dari kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dari bangsa tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image