Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khoirunnisa

Kamu Sering Mengalami Tipe Cemburu yang Mana?

Curhat | Thursday, 30 Nov 2023, 17:59 WIB

Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendirian, karena manusia merupakan makhluk sosial dan bergantung pada interaksi dengan orang lain untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Hal ini kemudian secara otomatis akan menimbulkan suatu ikatan khusus antar individu, baik dalam persahabatan, hubungan romantis dengan pasangan, keluarga, serta hubungan sosial lainnya. Ikatan ini merupakan suatu landasan terpenting bagi kehidupan seseorang dikarenakan menjamin terpenuhinya kebutuhan sosial dan terjalinnya hubungan sosial yang memegang peranan penting.

Selaras dengan jalinan hubungan yang mengikat antar individu, suatu ancaman akan turut serta dalam mengisi ruang yang ada. Ancaman-ancaman yang muncul kemudian akan menimbulkan suatu kecemburuan terhadap satu individu kepada individu lainnya. Menurut Hupka, Buunk, Falus, Fulgosi, Ortega, Swain, & Tarabrina (Yulianto, 2010) cemburu adalah “emotions cognitions and behavior assosiated with the appraisal of the threat arising from the potential actual or imagined involvement of ones loved one or mate in a relationship with an inter-loper”. Sebagaimana telah dijabarkan bahwa suatu ikatan khusus antar individu dapat terjalin dalam persahabatan, hubungan romantis, kekeluargaan, dan hubungan sosial lainnya, maka dapat disimpulkan bahwa cemburu memiliki beberapa tipe yang membedakannya.

Menurut Dr. Gonzalez-Berrios (Sheppard, 2023) terdapat enam jenis utama cemburu, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rational Jealousy

Rational jealousy atau kecemburun rasional merujuk pada jenis kecemburuan yang dianggap wajar dalam situasi tertentu. Dalam konteks ini, perasaan cemburu dapat muncul sebagai respons yang masuk akal terhadap kejadian atau perilaku khusus. Kecemburuan rasional biasanya terkait dengan kekhawatiran atau situasi yang dapat dianggap wajar, di mana terdapat ancaman nyata terhadap hubungan atau kepercayaan.

2. Family Jealousy

Family jealousy atau kecemburuan keluarga biasa terjadi di dalam suatu keluarga yang melibatkan satu anggota keluarga dengan anggota keluarga lainnya. Contohnya adalah ketika seorang kakak merasa perhatian orangtua kepadanya teralihkan dikarenakan hadir seorang bayi yang merupakan adiknya.

3. Pathological Jealousy

Pathological jealousy atau kecemburuan patologis merupakan bentuk dari cemburu yang tidak rasional. Kecemburuan patologis adalah suatu keadaan dimana seseorang menarik kesimpulan bahwa terdapat ancaman dari suatu kesalahan kecil yang dilakukan oleh pasangannya, misalkan selingkuh (Redaksi, 2022).

4. Sexual Jealousy

Sexual jealousy atau kecemburuan seksual dapat muncul ketika seseorang merasa terancam atau tidak aman karena percaya bahwa pasangan mereka memiliki ketertarikan atau keterlibatan romantis ataupun seksual dengan orang lain.

5. Romantic Jealousy

Romantic jealousy atau kecemburuan romantis terjadi ketika seseorang merasa terancam atau tidak aman karena percaya bahwa pasangan mereka memiliki ketertarikan atau keterlibatan emosional yang kuat dengan orang lain. Kecemburuan romantis dapat timbul dari berbagai situasi, seperti rasa takut kehilangan perhatian pasangan, ketidakamanan dalam hubungan, atau ketidakpastian mengenai perasaan pasangan.

6. Power Jealousy

Power jealousy atau kecemburuan terhadap kekuasaan dapat muncul dari perasaan ketidaksetaraan atau ketidakadilan, terutama ketika seseorang merasa bahwa orang lain mendapat perlakuan khusus atau keuntungan yang lebih besar dalam hal kekuasaan atau pengaruh.

Cemburu kerap kali dipandang sama rata, namun siapa sangka ternyata cemburu memiliki beberapa jenis yang berbeda. Dengan demikian, kecemburuan yang dialami oleh seorang individu belum tentu sama dengan yang dialami oleh seorang individu lainnya walaupun kecenderungan yang dimilikinya sama.

Referensi

Fernandez, A. M., Barbato, M. T., Cordero, B., & Acevedo, Y. (2023). What’s love got to do with jealousy? Frontiers in Psychology, 1–7.

Redaksi. (2022, June 9). 6 tipe rasa cemburu & cara mengatasinya. Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/6/2022/28419/6-tipe-rasa-cemburu-cara-mengatasinya

Sheppard, S. (2023, May 3). How to spot and cope with feelings of jealousy. Verywellmind. https://www.verywellmind.com/what-is-jealousy-5190471#:~:text=Rational%20jealousy%3A%20When%20there%20is,family%20members%2C%20such%20as%20siblings

Yulianto, A. (2009). Cemburu dalam hubungan percintaan. Metamorfosis: Buletin Ilmiah Psikologi, 3(15), 6–11.

Yulianto, A. (2010). Proses cemburu dalam hubungan percintaan. Metamorfosis: Buletin Ilmiah Psikologi, 4(18), 14–19.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image