Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image maha ratunisa hasanah

Apa Itu Cemburu?

Eduaksi | Monday, 25 Dec 2023, 20:19 WIB

Sepertinya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah cemburu. cemburu adalah perasaan emosi kompleks yang melibatkan perasaan ketidakamanan, atau kegelisahan terhadap kemungkinan kehilangan sesuatu yang dianggapnya berharga, seperti hubungan dan perhatian. Cemburu sering kali dianggap sebagai bayangan yang mengejar cinta, itu sebabnya cemburu menjadi bagian tak terpisahkan dari manusia, karena cinta juga bagian penting dalam kehidupan manusia.

Cemburu juga merupakan suatu reaksi emosi yang biasanya muncul saat kita berada dalam sebuah ancaman takut kehilangan kasih sayang dan tergantikan, contohnya saat dalam suatu hubungan. Ketika pasangan kita terlibat hubungan emosional dengan wanita lain, reaksi yang biasanya muncul adalah emosi cemburu. Beberapa orang menilai cemburu adalah tanda cinta kita terhadap pasangan. Namun tidak sedikit juga orang lain merasakan kekangan akibat cemburu yang di utarakan oleh pasangannya (dr. Yusra Firdaus, 2023) Salah satu alasan munculnya rasa cemburu adalah karena rasa takut kehilangan kasih sayang dan cinta pasangan kepada seseorang terutama jika melibatkan pihak ketiga.

Persepsi terhadap ancaman dalam hubungan akan lebih besar apabila orang lain terlihat lebih menarik secara fisik, terutama apa bila kita menganggap diri kita tidak cukup menarik dibanding orang tersebut. Karakteristik ancaman lain juga dipengaruhi oleh gaya sosial, kecerdasan dan prestasi dari lawan. Brehm,1992 dalam (Yulianto, 2010) Meskipun perasaan cemburu dikaitkan perasaan negatif seperti cemas, marah, dan takut.

Gambar ilustrasi, sumber foto: pinterest

Kebanyakan orang cenderung merasakan cemburu dari waktu ke waktu dan berharap cemburu akan berakhir pada waktu tertentu, karna mungkin saja cemburu yang seseorang munculkan memiliki indikator niat baik yaitu untuk melanjutkan hubungan dan memperbaikinya (Kumalasari & Darminto, 2013) Pada beberapa orang yang mengalami cemburu sering kali melampiaskannya dengan beberapa hal, contoh dari pelampiasan negatif yang timbul akibat cemburu adalah dengan menyakiti diri sendiri seperti menyayat tangan, mabuk-mabukan, atau bahkan melakukan percobaan bunuh diri.

Adapun seseorang yang apabila cemburu melampiaskan emosinya pada lawan atau pihak ketika dengan menerornya dalam beberapa hal atau bahkan memotivasi untuk melakukan penganiayaan hingga membunuh Salovey & Rodin, 1998 (Yulianto, 2009) Meskipun cemburu di anggap suatu hal yang wajar dan lumrah namun cara menghadapi cemburu dengan sesuatu yang negatif akan merugikan banyak pihak terutama diri sendiri, pasangan, dan pihak ketiga. Ini lantaran sering kali cemburu memicu pertengkaran, perilaku posesif bahkan obsesif, hingga kekerasan pada kasus yang ekstrem (dr. Yusra Firdaus, 2023) Agar kita terhindar dari perilaku negatif dalam cemburu kita harus mengetahui ciri-ciri perasaan cemburu yang tidak sehat.

Hal yang harus di waspadai jika pasanganmu memiliki kondisi berikut; Membuat kamu terasingkan, rasa cemburu yang di sampaikan pasanganmu bisa jadi penyebab kamu terasingkan, misalnya kamu di jauhi teman karena pasanganmu terus melarang kamu untuk bergaul dengan teman-temanmu. Selanjutnya yaitu memberikan hukuman, contohnya hanya karna kamu menatap lawan jenis, pasangan mu akan mengirimkan pesan teks kepada mantanmu sebagai hukuman karna kamu melakukan kesalahan tersebut . Sikap pasangan yang seperti ini bisa membuatmu mengalami keterbatasan untuk berkembang. Maka waspadalah untuk memilih pasangan. Demikian lah pembahasan mengenai rumit nya perasaan cemburu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image