Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Akidah Landasan Akhlak Muslim

Agama | Wednesday, 29 Nov 2023, 21:47 WIB
https://pixabay.com/id/photos/tabel-meja-baca-quran-muslim-agama-6820081/

Akidah menurut bahasa ع-ق-د (ikatan), sedangakan menurut istilah ikatan yang membuat diri manusia secara ikhlas menerima perjanjian suci dengan Allah.

Jadi aqidah untuk menggambarkan iman sedangkan iman di ilustrasikan dalam al quran dengan tali yang sangat kuat terdapat Q.S Al-Baqarah/2 : 256 yang berbunyi

لَآ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِالطَّاغُوْتِ وَيُؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗوَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

256. Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Dan apa yang di ikat pada tali tersebut? Yang diikat pada tali tersebut adalah

1. pikiran, maksudnya tidak menduakan Allah

2. perasaan, maksudnya perasaan yang terikat dengan Allah

3. ruhani, maksudnya melakukan hubungan ruhani dengan Allah

Dan terdapat 3 jenis ikatan

1. ikatan/tali yang kuat, contohnya seseorang yang alim dan ibadahnya tekun tidak ada yang bolong-bolong.

2. ikatan/tali yang longgar, contohnya seseorang masih beriman tapi hubungan dengan Allah tidak tetap seperti shalatnya jarang-jarang padahal dia masih beriman.

3. ikatan/tali yang putus, contohnya seseorang benar-benar tidak mentuhankan Allah dan menyekutukan Allah atau disebut juga murtad.

Adapun dampak dari ikatan/ tali yang longgar adalah Hedonisme,sekuler,skeptis,matrealis dan ateis.

Ajaran islam dibagi kedalam dua bagian, yakni keyakinan dan perbuatan keyakinan dinamakan akidah, sedangkan perbuatan dinamakan akhlak yang dibagi menjadi akhlak kepada Allah, kepada sesama manusia, kepada alam, dan kepada lingkungan hidup. Hubungan akidah dengan akhlak adalah hubungan antar iman dan amal shaleh atau hubungan antara keyakinan dan perbuatan. Akidah memandu akhlak, akhlak dipandu orientasi hidup dan kehidupan focus kepada Allah.

Akidah adalah landasan yang menyangga akhlak muslim. Di atas landasan akidah itulah akhlak dan kepribadian muslim berdiri tegak. Dengan akidah yang tertanam kuat pada jiwa, seorang muslim memiliki tujuan hidup yang jelas, keteguhan hati, tidak putus asa, istikamah, dan mampu mengendalikan diri dalam menghadapi berbagai kekuatan yang menggoyahkan pendirian muslim.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image