Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shelfia Rahmawati

Bagaimana Mengekspresikan Rasa Cemburu dengan Cara yang Positif?

Curhat | Tuesday, 28 Nov 2023, 22:26 WIB

Dilansir dari KompasTV Jember Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan yang dijalankan oleh pria kepada pasangannya dengan cara di cekik. Rekonstruksi tersebut dilaksanakan pada Kamis (17/3/2022) dengan tersangka Salim Yudha Prawira dan korban Wahyu Nurmadhani. Dengan alasan keamanan, rekonstruksi dilakukan di komplek asrama polisi sebagai pengganti lokasi peristiwa yang ada di Desa Pocangan, Kecamatan Sukowono, Jember. Kanit Pidum Satreskrim Polres Jember, Ipda Bagus Setiawan menyatakan bahwa pembunuhan ini sudah direncanakan. Pelaku mengaku bahwa ia cemburu terhadap pasangannya. Dari kasus tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa penting sekali kita dapat mengekspresikan cemburu dengan cara yang positif.

Ilustrasi wanita yang sedang cemburu terhadap pasangannya (sumber: https://www.pexels.com/id-id/)

Sebelum kita bahas cemburu lebih dalam, kalian tahu apa itu cemburu? Cemburu merupakan emosi yang wajar dalam hubungan, khususnya dalam hubungan percintaan atau asmara. Nah, pasti kita pernahkan merasakannya. Menurut Bringle cemburu dalam hubungan itu disebut romantic jealousy (Yulianto, 2010). Menurut Brehm, Knox, Parrrot & Smith sesorang yang mengalami cemburu merasakan reaksi emosional seperti takut, kehilangan, mudah terluka, kecurigaan, dan putus asa (Yulianto, 2009).

Menurut Salovey rasa cemburu juga berasal dari motivasi untuk melindungi hubungan agar tidak direbut dan perilaku yang dihasilkan (misalnya, merendahkan saingan) berpusat pada mencegah kemajuan yang berhasil dari saingan (DeSteno et al., 2006). Apabila kita mengalami perasaan cemburu yang berdampak negatif, pikiran-pikiran kita pasti terganggu. Akibatnya aktivitas kita yang harusnya diutamakan akan tertunda karena sibuk dengan pasangan. Jadi, kita juga harus bisa memahami pengertian dari cemburu yang biasa dan cemburu yang berlebihan.

Dilansir dari verywellmind, cemburu merupakan reaksi dari berbagai ancaman yang dapat dirasakan dalam suatu hubungan atau ikatan. Ciri-ciri seseorang ketika merasa cemburu yaitu bad mood, silent treatment, ataupun menjadi menjadi gampang curiga terhadap pasangan. Cemburu biasa ini bisa menjadi penanda bahwa masih terdapatnya perhatian lebih kita terhadap pasangan kita. Dampaknya hanya sebatas ingin meminta kejelasan hingga menjadi overthingking. Sedangkan, cemburu yang berlebihan itu bisa mengakibatkan masalah besar didalam suatu hubungan. Seperti mengikuti pasangan kita tanpa memerdulikan privasinya, mudah berkata kasar, dan kekerasan fisik terhadap pasangan (Rachman, 2022).

Dilansir dari CNN Indonesia cara untuk mengekspresikan cemburu dengan cara yang positif yaitu:

1. Akui kecemburuan Langkah yang pertama adalah dengan mengakui kecemburuan. Menutupi rasa cemburu itu membuat kita menyangkal perasaan sendiri. Mengakui kecemburuan itu menegaskan bahwa perasaan dan pikiran kita penting, kemudian emosi juga memerlukan waktu dan ruang untuk diproses.

2. Kenali rasa insecure Saat sudah mulai tenang, coba pahami hal-hal yang membuat insecure. Coba untuk terbuka pada diri sendiri tentang rasa apa yang membuat kita tidak aman dan mulai melakukan perubahan sesuatu menjadi secure.

3. Focus on yourself Perasaan negatif itu apa yang terjadi dalam hidup kita bukan tentang apa yang orang lain lakukan. Daripada kita terus tenggelam dalam rasa cemburu, lebih baik kita fokus pada diri kita sendiri. Kita punya kekuatan, kemampuan, pengalaman, dan bisa saja apa yang kita punya ternyata itu adalah hal yang orang lain inginkan.

4. Komunikasi dengan pasangan Komunikasikan apapun masalah yang kita hadapi, termasuk juga tentang rasa cemburu supaya pasangan kita juga mengerti dan menyesuaikan sikap atau perilakunya. Hal ini akan membuat hubungan kita secure.

5. Be patient, dia perlu waktu Komunikasi secara langsung pada pasangan belum tentu dia langsung merespons atau langsung berubah saat itu juga. Kita perlu memberi waktu dan jarak kepadanya agar dia bisa mengerti.

Mengekspresikan rasa cemburu dengan cara yang positif adalah sebuah perjalanan yang membutuhkan kesadaran diri, komunikasi, dan waktu. Seseorang bisa mempertahankan hubungan yang sehat dengan cara memahami cemburu itu sendiri, menetapkan batasannya, dan mencari bantuan professional jika diperlukan. Selain itu, kita juga dapat mengubah kecemburuan menjadi peluang untuk memperkuat ikatan antar pasangan, cinta, dan kepercayaan dapat bertumbuh.

References

CNN Indonesia. (2023, September 19). Cara sehat mengatasi cemburu dalam hubungan. CNN Indonesia.

DeSteno, D., Valdesolo, P., & Bartlett, M. Y. (2006). Jealousy and the threatened self: Getting to the heart of the green-eyed monster. Journal of Personality and Social Psychology, 91(4), 626–641. https://doi.org/10.1037/0022-3514.91.4.626

KompasTV Jember. (2022, March 18). Karena cemburu, pemuda ini bunuh pacar secara terencana. Kompas TV. https://www.kompas.tv/regional/271880/karena-cemburu-pemuda-ini-bunuh-pacar-secara-terencana Rachman, F. (2022, February 15).

5 cara menghilangkan rasa cemburu berlebihan agar hubungan langgeng. Satu Persen Indonesian Life School.

Yulianto, A. (2009). Cemburu dalam hubungan percintaan. Metamorfosis: Buletin Ilmiah Psikologi, 3(15), 6–11.

Yulianto, A. (2010). Proses cemburu dalam hubungan percintaan. Metamorfosis: Buletin Ilmiah Psikologi, 4(18), 14–19.

Shelfia Rahmawati, Mahasiswa Psikologi Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image