Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AchSin

Hari Relawan Internasional bukan Hanya Milik Organisasi Kemanusiaan

Filantropi | Tuesday, 28 Nov 2023, 10:47 WIB

Oleh: Nana Sudiana (Direktur Akademizi, Associate Expert FOZ)

Bagi sebagian orang, 5 Desember mungkin tanggal biasa saja, sama seperti hari-hari lainnya. Namun, bagi mereka yang tergabung di dunia pengabdian sosial dan kemanusiaan, tentu saja situasinya berbeda. Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 1985 menetapkan 5 Desember sebagai Hari Relawan. Sejak saat itu, setiap 5 Desember diperingati sebagai Hari Relawan Internasional.

Sumbangan dunia sosial kemanusiaan yang digagas dan diinisiasi serta dilakukan oleh para relawan sudah selayaknya mendapatkan tempat memadai untuk dilihat masyarakat luas agar mereka memahami dengan baik betapa tak mudah mengimplementasikan rasa kepedulian itu ketika berada di lapangan sosial baik ditingkatan lokal, nasional, maupun internasional.

Karena itu, Hari Relawan sesungguhnya bukan hanya milik organisasi kemanusiaan semata. Momen ini sejatinya menjadi penanda bagi siapa pun, baik individu atau organisasi, yang secara sukarela melakukan pengabdian di dunia sosial dan kemanusiaan. Mereka ini pun bisa saja berasal dari lembaga pemerintah, lembaga non-profit, kelompok masyarakat akademisi atau sektor lainnya seperti swasta maupun korporasi.

Dewasa ini, program-program atau aktivitas kesukarelawanan mendapat tempat di mana-mana. Banyak orang tertarik dan kemudian bergabung dengan badan-badan atau lembaga guna mengabdi di dunia sosial kemanusiaan. Sebagian mereka tak berorientasi profit sama sekali, padahal sejumlah aktivitas kerelawanan tersebut sering kali berada di area-area rawan dan berbahaya. Bahaya ini datang dan sisi tempatnya yang memang terkena musibah secara alami atau karena faktor terjadinya konflik atau kepentingan sejumlah pihak yang ada di sekitar peristiwa kemanusiaan berlangsung.

Alhasil, ada ratusan bahkan ribuan orang relawan dari berbagai organisasi yang setiap hari bekerja tak kenal lelah membantu sesama. Begitu panggilan aksi kemanusiaan meminta kehadirannya, mereka bergerak meskipun sebagian di antaranya tanpa memenuhi standar keselamatan aktivitas. Sudah tentu idealnya adalah jiwa dan panggilan nurani untuk melakukan pengabdian sosial kemanusiaan diiringi sisi standar dan ketentuan baku aspek keselamatan di lapangan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image