Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rahadiantini Pinasti

Mengapa Kita Perlu Shalat Subuh Tepat Waktu: Keutamaan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Filantropi | Saturday, 07 Oct 2023, 11:40 WIB

Salah satu shalat yang wajib dilakukan oleh umat muslim adalah shalat subuh. Waktu untuk mengerjakan shalat subuh adalah sejak terbitnya fajar sampai redupnya bintang karena munculnya matahari. Waktunya yang relatif singkat daripada shalat lain membuat shalat subuh kadang terlambat dilaksanakan bahkan terlupakan. Padahal, terdapat beberapa dalil yang menyebutkan bahwa waktu shalat subuh adalah waktu yang istimewa. Keistimewaan waktu shalat subuh tersebut membawa keutamaan bagi orang yang melaksanakannya dengan tepat waktu. Orang orang yang shalat subuh tepat waktu akan mendapatkan manfaat seperti dilapangkan rezekinya, mendapat pahala yang besar hingga mendapat sumber cahaya pada hari akhir. Tidak hanya dalam segi agama, shalat subuh juga membawa manfaat bagi kesehatan seperti berikut

Mencegah penyakit pernapasan

Waktu awal shalat subuh adalah kisaran pukul 04.00. Pada waktu itu, kualitas udara pagi sangatlah bersih dan segar. Udara segar pagi tidak banyak mengandung kotoran yang disebabkan oleh aktivitas manusia sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh polusi seperti batuk, asma, ISPA, sampai infeksi paru-paru. Apalagi, ketika kita menyempatkan pergi berjamaah ke masjid. Udara yang kita hirup ketika berjalan ke masjid akan sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru kita.

Mencegah dan mengobati penyakit punggung

Setiap gerakan dalam shalat memiliki manfaatnya masing-masing termasuk berdiri tegak dan ruku’. Dua gerakan ini bisa bermanfaat bagi kesehatan punggung. Gerakan berdiri tegak pada sholat bisa mencegah kelengkungan punggung atau biasa disebut scoliosis, kifosis dan lordosis. Sedangkan gerakan ruku’ bisa memperlancar aliran darah sehingga dapat mengurangi nyeri pada punggung. Manfaat gerakan shalat ini tentu lebih terasa karena dilakukan pada pagi hari.

Mencegah biang keringat dan menjaga kesehatan kulit

Saat kita tidur, tubuh akan tetap bekerja salah satunya dengan menghasilkan keringat. Keringat yang menempel lama di kulit bisa menimbulkan biang keringat. Ketika kita bangun untuk shalat subuh, pastinya kita harus wudhu terlebih dahulu. Pada saat wudhu, kita membasuh bagian bagian tubuh kita dengan air sehingga bisa menghilangkan keringat yang menempel. Selain itu, ketika kita wudhu lima kali sehari kulit kita akan lebih bersih dan terhindar dari penyakit-penyakit kulit yang disebabkan oleh kotoran.

Demikian adalah beberapa keutamaan dan manfaat shalat subuh yang dikerjakan tepat waktu. Kita bisa mendapat banyak keutamaan sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, biasakanlah shalat subuh tepat waktu dan raih banyak manfaatnya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image