Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Angelina

Rekomendasi Kegiatan di Luar Kampus yang Bagus untuk Mahasiswa

Eduaksi | Tuesday, 28 Nov 2023, 08:44 WIB

Menjadi seorang mahasiswa tentunya memerlukan skill yang bisa di pakai di dunia kerja. Maka dari itu, beberapa mahasiswa mencoba mengasah skill mereka dengan mengikuti berbagai organisasi dan kepanitian di lingkup kampus. Selain menambah skill, beberapa mahasiswa juga sengaja mengikuti kepanitian agar dapat menambah pengalaman di CV mereka nantinya. Namun, sekarang banyak juga kegiatan di luar kampus yang dapat menambah CV kamu sekaligus memperluas relasi kamu. Berikut, beberapa kegiatan di luar kampus yang di rekomendasikan :

Sumber : https://www.istockphoto.com/id/search/2/image?phrase=choicesea

1. Volunteer

Volunteer merupakan suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Sekarang ini, banyak sekali program volunteer yang membuka kesempatan untuk mahasiswa/I, baik yang gratif (fully funded) maupun yang dibiayai sendiri oleh mahasiswa (self funded). Banyak media sosial yang digunakan untu mendapatkan informasi mengenai program volunteer ini. Kamu hanya perlu mempersiapkan diri, berkas, dan melewati tahap tes dan wawancara.

2. Internship

Internship atau kegiatan magang juga sekarang sedang banyak dibuka untuk mahasiswa. Banyak sekali posisi yang ditawarkan dan tentunya dapat menambah CV kamu nantinya. Dengan internship, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman, relasi yang luas, dan biasanya akan diberikan penghargaan berupa sertifikat.

3. Duta

Banyak sekali jenis duta yang dapat kamu ikuti. Salah satunya adalah duta inspirasi. Dengan mengikuti serangkaian kegiatan untuk menjadi duta, kamu tentunya akan mempunyai banyak relasi dan pengalaman, karena kamu akan bertemu banyak orang dari berbagai daerah.

4. Kampus Mengajar

Kampus mengajar merupakan kegiatan pembelajaran yang diperuntukan untuk mahasiswa dan dilaksanakan di luar kampus. Biasanya, kampus mengajar berlangsung selama 1 semester atau 6 bulan. Pada program ini, mahasiswa dapat mentransfer ilmunya pada instansi tertentu.

Itulah beberapa kegiatan diluar kampus yang dapat membuat CV kamu semakin bertambah. Selain itu, kamu juga dapat memiliki relasi yang lebih luas dan dapat meningkatkan kemampuan yang kamu miliki.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image