Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Najwa Ksatria

Dampak Positif Pasangan tidak Menunjukkan Rasa Cemburunya

Curhat | 2023-11-28 07:14:21

Cemburu sering kali dianggap sebagai tanda sayang, namun bagaimana dengan pasangan yang tidak pernah menunjukkan rasa cemburunya? Sudahkah anda bertanya-tanya kepada pasangan anda, mengapa ia tidak pernah menunjukkan rasa cemburunya?

Menurut (Yulianto, 2009) cemburu merupakan kehadiran orang lain atau pihak ketiga diantara hubungan dengan pasangan yang dapat dipersepsikan mengganggu keintiman. Hal ini terjadi karena adanya emosi kompleks seperti marah, sedih dan takut. Semua pasangan pasti pernah mengalami kondisi tersebut, namun tak sedikit pula pasangan yang tidak menunjukan rasa cemburuannya.

Terdapat beberapa alasan yang dimiliki pasangan yang tidak menunjukan rasa cemburunya (Yulianto, 2010):

1. Kualitas hubungan, pasangan yang menggantungkan emosinya pada hubungan tersebut secara berlebihan akan memiliki peluang lebih besar menaruh rasa cemburu dengan cepat dibandingkan pasangan yang lebih bebas atau fleksibel.

2. Beratnya ancaman, biasanya pasangan akan cemburu jika ancaman tersebut lebih baik dari segi fisik atau karateristik lainnya.

3. Pengalaman sebelumnya, pasangan tidak akan merasa cemburu ketika pernah mengalami cemburu, baik di hubungan yang sekarang maupun hubungan sebelumnya.

4. Percaya jika pasangan hanya akan berhungan dengannya, pasangan akan sulit merasa cemburu jika memiliki pemikiran tersebut.

Jika pacarmu memiliki alasan tersebut maka kamu tidak perlu khawatir, kondisi tersebut dapat memberikan dampak yang positif dalam hubunganmu. Berikut dampak positif memiliki pacar yang tidak menunjukan rasa cemburunya:

1. Pasanganmu memiliki kepercayaan tinggi terhadap dirimu.

Mendapatkan kepercayaan bukan lah hal yang mudah dalam suatu hubungan, namun dengan mengetahui alasan pasangan tidak menunjukan rasa cembuurunya akan memudahkan kalian melihat seberapa besar pasangan mempercayaimu (Zoditama, 2023).

2. Pertengkaran yang terminimalisir.

Sebagian besar pertengkaran dalam suatu hubungan dipicu oleh rasa cemburu (Güçlü et al., 2017), kerena itu lah pertengkaran dalam hubunganmu akan terminimalisir.

3. Kesehatan mental terjaga.

Kesehatan mental akan terjaga karena orang yang dicemburui oleh pasangannya secara berlebihan kemungkinan besar akan mengalami stress dan membuat kesehatan mentalnya terganggu (Fadli, 2022).

Cemburu bukan lah tanda sayang pasangan terhadap pasanganya, tentu kita tidak perlu khawatir setelah membanca tulisan ini. Inti dari pasangan yang tidak menunjukkan rasa cemburunya adalah kepercayaan, maka dari itu kita bisa mulai mempercayai pasangan sama seperti ia yang mempercaimu.

Daftar Pustaka:

Fadli, R. (2022, June 13). 5 Bahaya Cemburu Berlebihan bagi Kesehatan Fisik dan Hubungan. https://www.halodoc.com/artikel/5-bahaya-cemburu-berlebihan-bagi-kesehatan-fisik-dan-hubungan

Güçlü, O., Şenormancı, Ö., Şenormancı, G., & Köktürk, F. (2017). Gender differences in romantic jealousy and attachment styles. Psychiatry and Clinical Psychopharmacology, 27(4), 359–365. https://doi.org/10.1080/24750573.2017.1367554

Yulianto, A. (2009). Cemburu dalam hubungan percintaan. Metamorfosis: Buletin Ilmiah Psikologi, 3(15), 6–11.

Yulianto, A. (2010). Proses cemburu dalam hubungan percintaan. Metamorfosis: Buletin Ilmiah Psikologi., 4(18), 14–19.

Zoditama, B. (2023, October 6). Tak selalu negatif, ini 4 alasan mengapa pasanganmu tidak pernah cemburu. https://www.liputan6.com/citizen6/read/5414552/tak-selalu-negatif-ini-4-alasan-mengapa-pasanganmu-tidak-pernah-cemburu?page=4

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image