Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raida Faiz Azzahra H

Pendidikan Sebagai Jembatan Naiknya Status Sosial Seseorang

Edukasi | Friday, 24 Nov 2023, 08:54 WIB
https://pin.it/5Qvd0l8

Bisakah Pendidikan menjadi jembatan untuk meningkatkan status sosial di masyarakat?

Sebelum lebih dalam membahas Pendidikan menjadi salah satu cara naiknya status sosial di masyarakat, mari kita tinjau pembahasan mengenai status sosial, terdapat tiga jenis status sosial pada masyarakat yakni: pertama, Assigned Status atau status yang diberikan, status ini diberikan karena pecapaian seseorang yang telah berjasa atau telah memperjuangkan sesuatu kepentingan di Masyarakat. Seperti gelar pahlawan, kepala suku dan lain-lain. Kedua, Ascribed Status atau status dari diri, status ini merupakan status sosial yang sudah didapatkan sejak lahir tanpa adanya usaha yang harus dilakukan untuk mencapainya. Dengan kata lain status sosial yang diperoleh karena sudah memiliki privilege dari orangtuanya. Seperti keturunan bangsawan, suku, ras, kasta dan lain-lain. Ketiga, Achieved Status atau status yang diperjuangkan. Status sosial yang terakhir ini merupakan status yang diperjuangkan secara sadar atau sengaja, kerja keras yang dilakukan dengan tekad untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dari pembahasan di atas kita sudah mengetahui jenis-jenis status sosial yang ada di masyarakat. Pendidikan masuk kedalam jenis status sosial ketiga atau yang dinamakan Achieved Status karena pendidikan adalah bentuk usaha atau tekad yang ingin dicapai untuk tujuan mengubah kehidupan yang lebih baik lagi di dalam masyarakat. Semakin tinggi pendidikan yang kita dapatkan, maka akan makin besar pula peluang yang akan kita terima pada masa yang akan datang, seperti penghasilan yang lebih tinggi dan menjadikan taraf hidup ikut naik karena Pendidikan merupakan salah satu aspek yang dapat mempercepat perkembangan sosial, di mana pendidikan sebagai proses perubahan sikap dan tingkah laku ketika masa pembelajaran berlangsung.

Menurut John Dewey, pendidikan adalah suatu proses pengembangan keterampilan mendasar, seperti berpikir kritis (intelektual) dan kecerdasan emosional, yang mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang sifat manusia dan prasangka manusia. Pendidikan adalah sebuah prosesnya dan hasil yang kita capai adalah tujuan untuk menaikkan status sosial di dalam masyarakat, yang dimaksud dari Pendidikan sebagai jembatan ialah untuk mengatasi masalah ekonomi dan membuka jalan kesuksesan bagi masyarakat kelas bawah. Akses pendidikan berkualitas tentu sulit untuk status sosial kelas bawah maka dari itu, terdapat imbalan yang serupa jika sudah bertekad menyelesaikan pendidikan hingga selesai. Alasan mengapa Pendidikan bisa menjadi jembatan meningkatnya status sosial yakni:

1. Pengetahuan Tinggi

Pengetahuan yang tinggi adalah peran utama untuk meningkatkan kualifikasi tenaga kerja. Kesempatan bagi seseorang yang memiliki pengetahuan tinggi lebih besar karena mereka dapat bersaing di dunia kerja yang makin kompetitif, dengan Pendidikan seseorang dapat mengetahui hal yang sebelumnya tidak diketahui dan pada akhirnya ini akan menjadi bukti perubahan yang membawa masyarakat pada kemajuan yang positif.

2 Kepemilikan Ijazah atau Gelar

Tidak dapat dimungkiri kepemilikan ijazah atau gelar pada seseorang adalah salah satu hal yang dipandang di Masyarakat, seperti seorang yang sudah menyelasaikan kuliah dan mendapat gelar sarjana akan lebih tinggi derajatnya jika dibandingkan seseorang yang hanya tamatan SMA atau bahkan SMP, sebanyak apa pun pengalaman yang ia miliki. Dalam dunia pernikahan pun sering kita dapatkan seorang ibu yang tidak setuju dengan calon istri/suami karena permasalahan Pendidikan yang lebih rendah dari anaknya.

3. Lingkungan Berkualitas.

Salah satu benefit yang didapat dari pendidikan adalah lingkungan yang berkualitas, lingkungan memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukkan karakter seseorang agar dapat bersaing dan menghadapi tantangan. Di lingkungan Pendidikan semua orang memiliki tujuan sehingga mereka sangat suportif satu sama lain untuk mewujudkan Impian tersebut. Jika lingkungan di dalamnya membentuk seseorang berkompetensi tinggi, maka karakter yang dihasilkan adalah seseorang pekerja keras, tekun, pantang menyerah serta memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai kesuksesan, hal ini dapat membawa kepada perubahan status sosial di masyarakat. Sebaliknya, lingkungan yang didominasi orang-orang pemalas, menghasilkan pribadi yang suka menunda pekerjaan, suka mengeluh dan tidak memiliki rencana masa depan, sehingga kepribadian tersebut akan membawa kepada kemiskinan.

Sekarang kita tahu mengapa pendidikan bisa menjadi salah satu peluang naiknya status sosial kita di masyarakat, sebagai penerus generasi bangsa janganlah kita banyak alasan untuk tidak melanjutkan Pendidikan, karena sejatinya pendidikan bisa dari mana saja. Lembaga nonformal seperti pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) ada dan dapat memberikan peluang kepada seluruh warga negara tanpa terkecuali untuk melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image