Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gina Aniatus Saadah

Strategi Siswa MAN 22 Jakarta Menghadapi Seleksi PTN Impian

Sekolah | Wednesday, 22 Nov 2023, 17:00 WIB

Siswa kelas 12 MAN 22 Jakarta akan menghadapi tantangan besar dalam seleksi masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) impian mereka pada tahun 2024. Siswa dapat membangun fondasi untuk meraih cita-cita mereka dengan perencanaan yang sudah matang dan usaha yang maksimal. Persiapan ujian untuk masuk universitas tidak hanya sekedar melibatkan pembelajaran dalam menghadapi ujian. Akan tetapi, juga melibatkan penemuan bakat dalam dirinya, keuletan, dan tekad yang kuat.

Seperti halnya SNBP, siswa kelas 12 harus mempunyai nilai ideal agar terpilih menjadi siswa eligible. Karena SNBP akan mengambil rata-rata dari nilai rapor semester 1 sampai 5. Siswa yang tidak terpilih dan tidak lolos SNBP harus belajar lebih giat untuk mengikuti ujian SNBT dengan cara melaksanakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Selain SNBP dan SNBT, MAN 22 Jakarta selalu memberikan peluang bagi seluruh siswa kelas 12 untuk mengikuti jalur SPAN-PTKIN dari kampus UIN seluruh wilayah Indonesia. Guru BK (Bimbingan Konsuling) akan mengupload nilai-nilai siswa kelas 12 yang ingin mengajukan kuliah di UIN melalui jalur tersebut.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu untuk mempersiapkan diri menuju PTN impian:

1. Mempersiapkan diri dengan mengikuti ujian

Para siswa harus mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian-ujian seperti PTS, PAS, dan PAT baik ganjil maupun genap. Karena jika tidak disiapkan dan mendapat nilai yang tidak maksimal, akan memengaruhi nilai yang sudah ada sejak kelas 10. Jika dirinya ingin terdaftar menjadi siswa eligible, dan ingin masuk kampus impian melalui jalur SNBP.

2. Mimilih jurusan yang diminati dengan bijak

“Siswa kelas 12 di MAN 22 Jakarta pada hari Selasa, 14 November 2023 sedang melaksanakan ujian tes ABM (Asesmen Bakat dan Minat). Untuk menjadi masukan nanti cocoknya ke prodi mana pas mau masuk PTN”. Ujar Ade Ni’mah M.Ag.

Dengan mengikuti tes ABM akan mendapatkan hasil yang menunjukkan kemampuan dan ketertarikannya dalam memilih jurusan. Cara lain yang dapat membantu untuk memilih jurusan ialah konsultasi dengan kedua orang tua, guru BK, dan kakak kelas.

3. Mempelajari materi UTBK

Mempelajari semua materi UTBK sangatlah susah jika tidak dilaksanakan dari sekarang. Siswa kelas 12 harus memulai dengan mencari buku yang membahas soal-soal UTBK dan mengikuti bimbel. Karena dengan mengikuti bimbel, siswa akan terlatih untuk mengerjakan soal-soal tryout, pembelajaran yang intensif, dan mendapat informasi tentang PTN dengan akurat.

“MAN 22 Jakarta sedang melaksanakan bimbel BTA bagi siswi asrama Islamic Boarding School”. Ujar Ade Ni’mah M.Ag.

4. Selalu update PTN impian yang dituju

Mencari info PTN sangat diperlukan untuk menjadi patokan agar bisa masuk ke PTN impian. Rata-rata guru BK MAN 22 Jakarta akan mempersilahkan siswa kelas 12 untuk selalu datang ke ruang BK. Dengan tujuan konsultasi PTN yang diimpikan. Siswa juga harus lebih update dari guru BK. Caranya yaitu mencari info di internet tentang perbandingan dan peluang masuk di universitas impiannya. Dan berapa rata-rata nilai yang bisa lolos di PTN tersebut.

Dengan demikian, siswa kelas 12 MAN 22 Jakarta perlu mempersiapkan diri secara menyeluruh. Dengan cara memantau perkembangan kebijakan terkait seleksi masuk PTN. Dan memanfaatkan waktu untuk memperoleh kompetensi yang diperlukan, agar dapat menghadapi seleksi PTN impian mereka pada tahun 2024.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image