Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Reza Widi Akbar

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Daerah Pedesaan

Edukasi | Sunday, 19 Nov 2023, 20:05 WIB
Ilustrasi pembelajaran di pedesaan yang kurang perhatian dari pemerintah (Sumber : https://bemfkipunpak.files.wordpress.com/2017/03/201605.jpg)

Kurikulum Merdeka memiliki pembelajaran intrakurikuler yang beragam, peserta didik memiliki cukup waktu untuk mempelajari konsep dan menguatkan keterampilan. Dan Guru memiliki kebebasan untuk memilih berbagai metode untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Sehinga Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Hal ini pernah disampaikan oleh pengamat pendidikan asal Jombang, Yusron Aminullah yang berkata :

Merdeka Belajar akan membuka ruang interaksi antara guru dan peserta didik semakin terbuka. Kondisi mendukung pembelajaran lebih interaktif sekaligus komunikatif. Terlebih lagi peserta didik sudah membekali diri dengan pelbagai referensi penunjang sebagai alternatif pemerolehan informasi mengenai tajuk pembelajaran tersebut".

Tetapi apakah kurikulum merdeka ini sudah terlaksana dengan baik di daerah pedesaan? Kurikulum Merdeka di daerah pedesaan seharusnya memiliki banyak keuntungan karena dapat menyesuaikan dan memperluas kurikulum standar nasional dengan memasukkan elemen lokal yang relevan dan penting bagi siswa. Ini akan membantu siswa memperkaya identitas lokal mereka dan memahami konteks dan kekayaan kultural lingkungan mereka. Dengan memanfaatkan sumber daya lokal seperti alam, budaya, dan tradisi masyarakat desa, guru dapat membuat pendidikan lebih menyenangkan dan relevan.

Namun, implemetasi kurikulum di daerah pedesaan banyak mengalami tantangan. Kekurangan infrastruktur menjadi salah satu penyebab kurikulum di daerah pedesaan belum terlaksana dengan baik. Sebagai contoh, di sebagian daerah pedesaan mungkin masih sulit untuk mendapatkan akses ke literatur akademik dan teknologi terbaru. Akibatnya, pemerintah terkait harus berusaha untuk mencari solusi untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara efektif.

Di bawah ini ada beberapa solusi yang dapat digunakan untuk penerapan kurikulum merdeka di daerah pedesaan secara efektif :

 

  • Pelatihan dan Pendidikan Masyarakat Desa

Sumber daya manusia (pendidik) berperan penting dalam penerapan kurikulum merdeka di pedesaan. Dengan cara memberi pelatihan dan pengembangan profesional yang berkelanjutan bagi pendidik di pedalaman. Fokuskan pelatihan pada metode pengajaran terkini, manajemen kelas, dan pemahaman mendalam tentang kurikulum merdeka. Karena kualitas lembaga pendidikan itu juga bergantung dari sistem pembelajaran yang di gunakan oleh pendidik.

 

  • Peningkatan Infrastruktur Digital

Peningkatan infrastuktur digital di pedesaan juga merupakan langkah penting dalam penerapan kurikulum merdeka di pedesaan. karena dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas dalam kegiatan belajar mengajar di desa. Kesuksesan pengembangan infrastruktur di pedesaan menjadi bukti bahwa teknologi bukan hanya milik orang-orang di daerah perkotaan, tetapi juga dapat di akses dan di manfaatkan masyarakat di desa untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Sebagai hasilnya, Implementasi kurikulum merdeka di pedesaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

 

  • Keterlibatan Pemerintah dan Masyarakat

Keterlibatan masyarakat sekitar sangat penting dalam penerapan kurikulum di pedesaan. Perlu adanya komitmen antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya penerapan kurikulum yang efektif. Semua pihak harus bekerja sama untuk memastikan kurikulum merdeka di pedesaan dapat berkembag dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat desa.Solusi dari berbagai kendala pendidikan di daerah pedesaan adalah pemikiran seluruh komponen masyarakat harus dibenahi, perlunya perhatian yang lebih dari pemerintah baik untuk sekolah, tenaga pendidik, dan pelajarnya, serta perbaikan semua sarana dan prasarana tidak hanya di sekolah itu saja, tetapi juga di daerah tersebut. Beberapa solusi di atas dapat menjadi salah satu cara untuk memajukan kualitas pendidikan di indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image