Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

Bekali Literasi Digital, PKTM 1 IPM SMP Mugadeta Latihkan Digital Citizenship

Eduaksi | Sunday, 19 Nov 2023, 10:18 WIB
Foto Pembukaan PKTM 1 IPM SMP Mugadeta (Foto: Halimah Sa'diyah)

Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR-IPM) SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman (SMP Mugadeta) melaksanakan kegiatan Pelatihan Kader Taruna Melati 1 (PKTM 1) bertempat di Embung Opak Village, Ngemplak, Sleman Jumat-Ahad, 17-19 November 2023. Kegiatan ini diikuti 42 pelajar kelas VII dan VIII calon pimpinan ranting IPM melalui proses seleksi dan screening yang dilakukan oleh PR IPM, Pembina IPM dan Kesiswaan SMP Mugadeta.

PKTM 1 dibuka langsung oleh Kepala SMP Mugadeta, Hasanudin, M.Pd. Dalam sambutannya, Hasanudin menekankan pentingnya menjadi kader IPM yang tangguh dan tanggap. "Peserta PKTM 1 ini adalah kader terpilih melalui seleksi dan screening, oleh karena itu perlu menjaga amanah yang diberikan dengan maksimal dan komitmen." mengutip pesan Hasanudin.

Tema yang diangkat dalam PKTM 1 ini sangat menarik dan filosofis yaitu Super Student: Aku Pelajar Maka Aku Berkarya. Sebuah tema yang mengusung semangat kaderisasi, prestasi dan kreasi. "Kader IPM diharapkan mampu menjadi teladan bagi pelajar lainnya. Kader IPM harus memberi warna dan motor penggerak aktivitas kesiswaan." ungkap Halimah Sa'diyah, M.Pd., Pembina IPM SMP Mugadeta dalam sesi komitmen dan kontrak belajar.

Digital Citizenship

Ary Gunawan, memaparkan materi Digital Citizenship kepada peserta PKTM 1 (Foto: Novika Lestari)

Selain muatan materi umum seperti Keislaman, Kemuhammadiyahan dan Kepemimpinan, PKTM 1 juga memberikan materi suplemen yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi zaman, salah satunya adalah Digital Citizenship. Dalam sesi ini, peserta diberikan paparan materi tentang akhlak bermedia sosial dan peluangnya dalam dakwah pelajar. Bertindak sebagai pemateri dalam sesi ini adalah Ary Gunawan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Muhammadiyah 3 Depok yang juga merupakan praktisi pembelajaran digital.

"Kader IPM SMP Mugadeta harus menjadi Generasi ABC, yaitu Generasi Alpha Bermakna dan Cerdas bersosial media. Akhlak pelajar islam harus tercermin dalam setiap aktivitas bermedia sosial dan menggunakannya untuk hal yang bermanfaat." Mengutip penyampaian Ary Gunawan.

Pemahaman digital citizenship dan akhlak bermedia sosial merupakan bekal hidup menghadapi era digitalisasi, terlebih pelajar yang ada adalah generasi alpha yang sangat akrab dengan teknologi. SMP Mugadeta juga mempersiapkan DIGITAL School sebagai terobosan menjaga keberlangsungan pembelajaran berorientasi zaman.

Tantangan dunia digital seperti hoax, cyberbullying, phising dan penyebarluasan konten terlarang (pornografi, perjudian) menjadi hal yang perlu dimitigasi sejak dini. Kader IPM harus mampu membentengi diri dari infiltrasi negatif sosial media dan mampu mensyiarkan pesan-pesan kebaikan dan perdamaian.

Kader IPM SMP Mugadeta: Super Student (Foto: Halimah Sa'diyah)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image