Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suci Mandhayanti Nurhikmah

Dampak Perubahan Kurikulum Bagi Pendidik dan Peserta Didik

Agama | Saturday, 18 Nov 2023, 14:15 WIB
Disusun oleh : Siti Rahayu

Fakultas : Tarbiyah

Semester : 3 A

STAI AL-AZHARY CIANJUR

2023-2024

Kurikulum merupakan suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses kegiatan belajar mengajar di suatu lembaga pendidikan. Kurikulum ini merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dengan adanya kurikulum ini, proses pembelajaran di sekolah akan berjalan dengan lancar dan tersusun rapi sesuai rencana. Kurikulum menyediakan panduan dan struktur bagi pendidik untuk merancang program pembelajaran sehingga bisa membantu menyusun rencana pembelajaran yang terorganisir.

Berbeda hal dengan sekolah tidak menggunakan kurikulum maka proses pembelajaran tak akan bisa berjalan dengan lancar dan tak akan teratur karena tidak adanya susunan rencana-rencana pembelajaran. Tanpa kurikulum yang terstruktur, tujuan pendidikan yang jelas mungkin tidak akan terdefinisikan dengan baik sehingga menyebabkan kebingungan dalam hal apa yang harus dicapai oleh peserta didik.

Lalu bagaiman apabila kurikulum ini terus berubah dari waktu ke waktu? Perubahan kurikulum ini tentu akan menimbulkan dampak bagi pendidik maupun peserta didik. Dampak yang timbul dari perubahan ini bisa berupa dampak positif maupun dampak negatif.

Berikut beberapa dampak dari perubahan kurikulum bagi pendidik dan peserta didik.

Dampak Positif

1. Peserta Didik Belajar Untuk Mengikuti Perkembangan Zaman

Perubahan kurikulum dapat memperkenalkan strategi pengajaran yang memanfaatkan teknologi terkini sehingga peserta didik tidak akan merasa tertinggal. Peserta didik dapat mengakses informasi terbaru dan relevan dengan perkembangan terbaru melalui teknologi yang ada. Tak hanya itu, perubahan kurikulum pun dapat meningkatkan pengalaman belajar peserta didik agar siap menghadapi tantangan perkembangan zaman yang semakin maju di masa depan.

2. Peserta Didik Belajar Untuk Aktif, Kreatif, dan Mandiri

Dengan adanya perubahan kurikulum, peserta didik bisa belajar untuk lebih aktif, kreatif, dan mandiri sehingga dapat membantu mengembangkan keterampilan mereka. Hal ini juga dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian peserta didik dalam menggali, mengeksplor serta memahami materi secara lebih mendalam.

3. Pendidik Belajar Untuk Kreatif dan Inovatif Dalam Mengajar

Perubahan kurikulum dapat mendorong pendidik untuk terus mengembangkan metode pengajaran yang lebih fleksibel dan inovatif sesuai dengan perkembangan pendidikan. Hal ini dapat mendorong para pendidik untuk terus memperbarui strategi pembelajaran agar lebih efektif. Hal ini mencakup pendekatan yang lebih interaktif, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta adaptasi terhadap gaya belajar peserta didik.

Dampak Negatif

1. Prestasi Peserta Didik Menurun

Perubahan kurikulum bisa membuat prestasi peserta didik menurun karena disebabkan ketidaksesuaian antara metode pengajaran baru dengan gaya belajar peserta didik sehingga tingkat pemahaman peserta didik pun menurun. Tak hanya itu, penyesuaian kurikulum baru pun memerlukan waktu yang lama untuk peserta didik bisa beradaptasi dengan perubahan kurikulum tersebut.

2. Pendidik Kesulitan Menerapkan Kurikulum Baru

Pendidik mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum baru karena perubahan tersebut memerlukan penyesuaian metode pengajaran, materi, dan evaluasi. Hal ini juga bisa disebabkan karena pendidik tidak memiliki pelatihan yang memadai untuk mengenali dan mengadaptasi metode pengajaran baru.

3. Ketidak sesuaian Dengan Kebutuhan Peserta Didik

Perubahan kurikulum bisa membuat beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut jika kurikulum tidak mempertimbangkan kebutuhan dan gaya belajar peserta didik. Apabila kurikulum baru tidak sesuai dengan tingkat pemahaman dan kesiapan peserta didik, maka mereka akan kesulitan memahami materi pelajaran sehingga bisa berdampak pada prestasi akademis.

Kesimpulan

Perubahan-perubahan kurikulum sering kali terjadi di dunia pendidikan sehingga menimbulkan dampak bagi para pendidik dan peserta didik. Dampak ini bisa berupa dampak positif dan negatif.

Beberapa dampak positif dari perubahan kurikulum bagi pendidik dan peserta didik, seperti peserta didik belajar untuk terus mengikuti perkembangan zaman, peserta didik belajar untuk menjadi aktif, kreatif, dan mandiri, dan dampak positif yang terakhir yaitu pendidik belajar untuk kreatif dan inovatif dalam mengajar.

Lalu terdapat beberapa dampak negatif dari perubahan kurikulum seperti prestasi peserta didik menurun, pendidik kesulitan menerapkan kurikulum baru, dan yang terakhir yaitu ketidaksesuaian dengan kebutuhan peserta didik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image