Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image @Setiawan4.0

Guru Honorer Tersengat Teriknya Panas Mentari Menyambi Jadi Petani

Gaya Hidup | Friday, 17 Nov 2023, 18:43 WIB

Seorang Guru Kewirausahaan di SMK AL - Inabah Ponorogo sedang menjalankan aktivitasnya di sore hari yakni panen padi perdana di penghujung kemarau.

Kegiatan bertani ini merupakan salah satu bentuk aktivitas sampingan selain mengajar di kelas sebut saja @Setiawan. Bertani selain bisa menambah penghasilan juga langsung belajar tentang bagaimana proses padi bisa menjadi beras yang setiap hari menjadi makanan pokok sehari - hari.

Menurutnya ilmu tentang pertanian memang tidak diajarkan dibangku sekolah, lebih" bagi mereka yang pendidikanya bukan pertanian. Setidaknya ilmu bisa didapat melalui mediasi, tukar pengalaman serta gali informasi terkait pertanian dikalangan tua maupun muda.

Karena saya asli terlahir dari orang tua tani saya semangat meskipun banyak persoalan serta tantangan menjadi seorang petani misalnya, pupuk subsidi terbatas, pengairan sulit, pemberantasan hama yang tidak bisa tuntas, serta harga jual pasca panen yang begitu rendah tuturnya.

Hal yang harus diperhatikan untuk sukses di pertanian ialah Panca Usaha Tani meliputi pemilihan bibit unggul, pengolahan tanah yang baik, pemupukan yang tepat, pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan pengairan atau irigasi yang baik.

Setiawan berharap semoga pemerintah memperhatikan lebih dalam meningkatkan kapasitas penjualan pasca panen, dan semoga memberikan dukungan kuat untuk Guru" yang kuat dan mandiri untuk lebih diperhatikan dalam hal Kesejahteraan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image