Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Faiz Romzi Ahmad

Dosen Untirta Mengabdi: Mencerdaskan Pemilih Pemula di Lingkungan Mathla'ul Anwar

Eduaksi | Wednesday, 15 Nov 2023, 18:10 WIB

Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan UNTIRTA Dr. Elly Nurlia, S.Ip.,M.Si. melakukan pengabdian Kepada para remaja di lingkungan Mathla’ul Anwar sebagai pemilih pemula pada pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Pengabdian ini dilakukan kepada para pelajar Madrasah Aliyah Swasta Mathla’ul Anwar dan dihadiri oleh puluhan pelajar. Pengabdian tersebut juga dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan akademisi dari Universitas Mathla’ul Anwar Ombi Romli, M.Si.

Didampingi oleh guru dan asisten pengabdi beliau menyampaikan tentang urgensi menempatkan hak pilih berdasarkan prinsip-prinsip pilihan rasional, sehingga para remaja yang akan mulai menggunakan hak pilihnya tidak gagap dan gugup untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Kegiatan pengabdian yang dilakukannya semata karena panggilan moral sebagai seorang akademisi di Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untirta sekaligus sebagai Pengurus Besar Mathla’ul Anwar.

Menurut Dr. Elly Nurlia, pemilih pemula secara populasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilu 2024 sehingga menjadi sangat penting untuk memberikan edukasi politik yang sehat dan rasioanl kepada para remaja yang secara poerdana akan menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam paparannya beliau menjelaskan tentang edukasi mengenai politik uang, menentukan pilihan dengan basis rasionalitas, berhati-hati terhadap berita hoax dan masih banyak lagi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk generasi muda yang lebih berintegritas, melek politik, cerdas dalam menentukan pilihan dan siap mengambil posisi dalam pemilih 2024.

Sosialisasi tersebut dilakukan pada hari Selasa 14 November 2023 di Madrasah Aliyah Swasta Mathla’ul Anwar tepatnya lingkungan Perguruan Mathla’ul Anwar Cikaliung di Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi.

Akademisi yang memiliki kepakaran tentang kepemimpinan dan kajian perempuan dan anak ini menyampaikan pesan pesan edukasi secara energik dengan diikuti antusiasme yang tinggi dari para siswa.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dan harus dilakukan secara terus menerus mengingat untuk membentuk kecerdasan memilih pada pemilih pemula membutuhkan proses. Beliau menyampaikan komitmennya untuk terus mengambil bagian dalam agenda ini sebagai bentuk pengabdiannya kepada negara dan masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image