Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image abidah ardelia

Parenting di Era Digital untuk Keseimbangan Dunia Anak

Eduaksi | Monday, 13 Nov 2023, 14:01 WIB
sumber: canva

Di era seperti sekarang ini Indonesia sudah mulai hidup berdampingan dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Di dalam era digital seperti sekarang ini, anak-anak tumbuh dalam lingkungan yang dipenuhi oleh teknologi digital. Berdamai dengan teknologi seperti sekarang ini adalah tugas orang tua yang harus bisa dilakukan. Karena pentingnya peran orang tua tidak bisa diragukan lagi dalam membentuk sikap dan karakter anak.

Digital parenting mempunyai makna sebagai praktik atau pemahaman menjadi orang tua dengan cara inovatif dan cerdas di era digital. Di era digital seperti sekarang ini, parenting mengalami pergeseran dari cara yang tradisional ke cara yang lebih modern. Hal ini memberi tantangan baru bagi orang tua dalam mendidik anak-anak mereka. Yang dimaksud perubahan disini tidak hanya mendidik anak didalam dunia nyata atau real life saja tetapi di imbangi juga dengan mendidik anak didalam dunia digital.

Seiring dengan manfaatnya, teknologi juga bisa membawa risiko yang perlu dikelola dengan baik dan bijak. Peran orang tua bisa mendidik dan mengawasi anak sesuai dengan zamannya seperti di era digital sekarang ini.

Parenting adalah tugas yang menantang bagi orang tua, tetapi penuh dengan pengalaman yang memuaskan dan tidak pernah terlupakan. Namun orang tua yang baik adalah orang tua yang tidak pernah lengah dan lelah memberikan ilmu yang terbaik untuk anak-anaknya. Teknologi digital hadir memberikan manfaat lebih bagi kehidupan manusia. Jika tidak seimbang, teknologi ini justru memberikan dampak yang negatif bagi anak-anak.

sumber: canva

Berikut tips mendidik anak di era digital yang bisa dilakukan orang tua:

1. Mengatur Batasan Screen Time

Screen time adalah waktu yang dihabiskan seseorang didepan layar elektronik. Monitoring screen time penting untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan anak dalam kehidupan digital dan menghindari dampak negatif dari terlalu banyak waktu didepan layar. Karena, jika lebih besar waktu yang dihabiskan anak didepan layar, semakin besar pula peluang anak mendapatkan informasi yang tidak sesuai dengan usianya.

2. Mengimbangi Dunia Nyata dengan Dunia Digital

Tak jarang anak-anak kecanduan jika sudah bermain alat elektronik. Bahkan jika anak sudah kecanduan bisa membuat anak lupa waktu dan enggan berinteraksi dengan lingkungan sekitar atau dengan dunia yang sebenarnya. Hanya orang tua lah yang bisa mengarahkan dengan cara menyeimbangkan antara penggunaan teknologi digital dengan memperkenalkan aktivitas lain dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

3. Berkomunikasi dengan Anak

Pentingnya berkomunikasi dengan anak ini tidak boleh dilewatkan di era digital seperti sekarang ini. Karena anak akan terbuka untuk berpikir, dan berbicara. Dan anak akan terhindar dari kasus bullying. Dan jadilah contoh yang baik dalam berkomunikasi dan berperilaku. Karena anak-anak akan meniru apa yang mereka dengar dan mereka lihat.

4. Jangan Melarang Anak Menggunakan Internet

Melarang anak untuk tidak menggunakan internet bukan cara yang baik untuk mendidik anak di era digital sekarang ini. Karena jika anak semakin dikekang dan semakin dilarang, semakin besar juga rasa ingin tahu anak. Dan itu membuatnya menjadi pribadi yang tidak patuh dengan nasihat-nasihat yang diberi orang tua dan membuatnya menjadi pemberontak. Daripada melarangnya, lebih baik mengawasi dan mengajari anak tentang teknologi yang semakin pesat ini.

sumber: canva

Parenting dapat diartikan sebagai pola asuh terhadap anak. Dan pola asuh anak itu berbeda-beda tergantung pola asuh sebelumnya, pengalaman, dan lingkungan. Yang paling penting diperhatikan dalam mendidik anak adalah kondisi anak. Ingatlah bahwa setiap individu anak itu berbeda dan penting juga untuk merespon kepribadian dan kebutuhan secara individu.

Orang tua bisa mendidik anak sesuai dengan zamannya. Jangan disamakan yang dahulu dengan yang sekarang. Digital parenting memang penuh tantangan yang luar biasa, tetapi dengan pemahaman dan pemikiran yang baik dan tepat, orang tua dapat membantu anak-anak tumbuh dan berkembang dengan bijak dalam dunia digital yang terus berkembang.

Hal yang orang tua bisa lakukan adalah membatasi anak dan memberi aturan yang jelas. Karena orang tua tidak bisa menyalahkan anak jika ia mengikuti zamannya. Karna anak punya hak dalam dunia digital. Kesalahan yang besar jika orang tua melarang anak untuk tidak mengenal dunia digital karena merekalah yang akan menghuni dunia tersebut nantinya. Karena teknologi di dunia ini terus berkembang mengikuti zamannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image