Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raihan fakhri Hauzan

Ilmu Mustholah dan Takhrij Al-hadits

Sastra | Tuesday, 07 Nov 2023, 05:50 WIB

Buku "Mustholah wa Takhrij al-Hadits" karya Prof. Fuad Thohari adalah sebuah karya yang mengupas secara mendalam tentang ilmu Mustholah al-Hadits (Ilmu Metode Kritik Hadits) dan Takhrij al-Hadits (Proses Pengumpulan Hadits). Dalam buku ini, Prof. Fuad Thohari mengajak para pembaca untuk memahami dan mempelajari lebih dalam tentang kedua cabang ilmu ini, yang merupakan bagian penting dalam fan hadits.

Pada bagian awal buku, Prof. Fuad Thohari menjelaskan tentang pentingnya mempelajari dan memahami hadits dalam agama Islam. Beliau mengutip beberapa ayat Al-Qur'an dan hadits yang menjelaskan betapa pentingnya pemahaman yang benar terhadap ajaran Rasulullah melalui hadits. Kemudian, Prof. Fuad Thohari memperkenalkan kepada pembaca tentang Mustholah al-Hadits, yaitu ilmu yang mempelajari tentang metode dan kriteria dalam menentukan keaslian dan kesahihan hadits.

Selanjutnya, buku ini membahas secara rinci tentang kriteria-kriteria yang digunakan dalam Mustholah al-Hadits, seperti matan (teks hadits) dan sanad (rantai periwayatan hadits). Penulis menjelaskan setiap kriteria dengan jelas dan memberikan contoh-contoh sehingga pembaca dapat memahami dengan baik. Selain itu, Prof. Fuad Thohari juga menyajikan berbagai metode pemahaman hadits, seperti tafsir al-hadits, takhrij al-furu, takhrij al-durur, dan takhrij al-masalih.

Bagian kedua buku ini membahas tentang Takhrij al-Hadits, yaitu proses pengumpulan hadits dari berbagai sumber yang ada. Prof. Fuad Thohari menjelaskan tentang klasifikasi hadits, seperti hadits mutawatir, ahad, masyhur, dan gharib. Beliau juga membahas tentang berbagai kitab hadits terkenal dan peran para perawi hadits dalam sejarah pengumpulan dan penyebaran hadits.

Selain itu, dalam buku ini juga terdapat beberapa contoh penggunaan metode Mustholah al-Hadits dan Takhrij al-Hadits dalam mengkritisi serta mempelajari hadits-hadits tertentu. Pembaca diajak untuk melihat cara-cara menguji keaslian dan kesahihan hadits melalui metode yang dibawa oleh Prof. Fuad Thohari.

Menurut hemat Al-faqir, buku karya Prof. Fuad Thohari ini merupakan buku yang sangat penting dan bermanfaat bagi para pembaca yang berminat untuk mendalami studi hadits. Buku ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang macam-macam hadits, tingkatan hadits, dan lain sebagainya, tetapi juga mengajak pembaca untuk melihat betapa pentingnya memahami hadits secara akurat dan otentik. Selain itu, penjelasan yang disampaikan oleh penulis sangat jelas dan mudah dipahami, sehingga buku ini dapat dijadikan sebagai referensi utama bagi para pelajar dan peneliti dalam ilmu hadits.

Berdasarkan uraian di atas, saya sangat menyarankan untuk membaca dan mempelajari buku "Mustholah wa Takhrij al-Hadits" karya Prof. Fuad Thohari , terlebih bagi mereka yang ingin mengetahui lebih dalam tentang ilmu Mustholah al-Hadits dan Takhrij al-Hadits. Karena buku ini memberikan wawasan yang luas dan menginspirasi para pembaca untuk menggali lebih dalam tentang ilmu hadits dalam agama Islam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image