Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Olivia Sulistya Maspufa

Kelebihan Buku Hadis Ahkam Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A

Agama | Tuesday, 07 Nov 2023, 00:52 WIB

Judul Buku : Hadis Ahkam

Penulis : Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A

Penerbit : Deepublish

Cetakan : September 2016

ISBN : 978-602-401-506-0

Lebar Buku : 15.5 cm

Panjang Buku : 23 cm

Tebal Halaman : 338 Halaman

Sinopsis Buku

Buku hadis ahkam; kajian hadis-hadis hukum pidana islam. Dalam buku ini dibahas beberapa permasalahan hukum pidana yaitu hudud, qishash, dan ta’zir. Yang secara khusus disorot dalam sudut pandang agama islam dengan dilengkapi argument (hujjah) para ulama di bidangnya, dilengkapi dengan dalil-dalil nash Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW, serta solusi terbaik dalam menyikapinya. Penulisan buku ini diselesaikan pada saat Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A mengikuti Postdoctoral Fellowship Program For Islamic Higher Education (POSFI) dan mengajar Islam Nusantara di kampus Soesse, Tunisia, tahun 2014.

RESENSI BUKU

Buku Hadis Ahkam merupakan buku Hadis Ahkam yang disusun oleh Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dalam bentuk uraian yang menggunakan bahasa yang ringan, sehingga mudah dipahami berbagai kalangan pembaca, baik para mahasiswa maupun Masyarakat lainnya.

Belajar Hadis Ahkam di masa sekarang ini sangat penting dan dibutuhkan. Dengan mempelajari Hadis Ahkam, khususnya seorang mahasiswa di perguruan tinggi islam dapat mengetahui dan menilai hukum dari sebuah hadis. Pada saat ini, informasi semakin mudah didapat dan berkembang, sehingga kita harus sangat teliti dan berhati-hati dalam menyimpulkan suatu hukum dari sebuah hadis.

Buku ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan buku Hadis Ahkam lainnya. Pada umumnya, buku-buku Hadis Ahkam ditulis dalam bentuk uraian panjang lebar, dengan mengacu syarah hadis sehingga pembaca memerlukan waktu relatif lama untuk memahami setiap kesimpulan hukum hadis dari sebuah hadis. Buku Hadis Ahkam ini dikaji dengan dua pendekatan sekaligus; pendekatan umum pidana konvensional dan hukum pidana islam. Oleh karena itu, buku ini sangat layak untuk dibaca oleh para mahasiswa.

KELEBIHAN BUKU

Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin belajar secara mandiri. Karena materi Hadis Ahkam dalam buku ini ditampilkan dalam bentuk uraian komparatif (muqaranah) antara pendekatan hukum pidana islam dan hukum konvensional, sehingga para pembaca mudah memahami. Uraian materi dalam buku ini menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami berbagai kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image