Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yayan Andrian

Resensi Buku Hadis Ahkam: Kajian Hadis-Hadis Hukum Pidana Islam

Agama | Monday, 06 Nov 2023, 21:12 WIB
Sumber : Sumber pribadi

A. Identitas Buku:

Judul buku : Hadis Ahkam: Kajian Hadis-hadis Hukum pidana Islam (Hudud, Qishash, dan Ta'zir)

Pengarang : Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A

Jumlah halaman : 338 halaman

Tahun terbit : Tahun 2016

Penerbit : Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA

B. Sinopsis Buku

Buku ini mempunyai ciri yang berbeda dengan buku Ahkam Hadits yang sudah ada. Pada umumnya buku Ahkam Hadis ditulis dengan uraian yang panjang lebar, mengacu pada syariat hadis, sehingga pembaca memerlukan waktu yang relatif lama untuk memahami setiap kesimpulan hukum suatu hadis, dan jarang dibandingkan dengan teori hukum adat. Dalam buku ini dibahas persoalan-persoalan hukum pidana tertentu (Hudud, Qishash dan Ta'zir) dengan penekanan khusus dari sudut pandang agama Islam, berbekal dalil-dalil (hujjah) dari para ulama di bidangnya, juga dilengkapi dengan dalil-dalil dari para ulama, teks (Alquran dan Hadits Nabi SAW), serta solusi terbaik untuk menjawabnya. Dalam setiap pembahasan suatu permasalahan, buku ini diawali dengan pemaparan dalil-dalil dalam teks Al-Quran dan Hadits, kemudian memberikan pembahasan secara rinci mengenai makna dalil-dalil tersebut. Kemudian, setelah memaparkan argumen-argumennya, karya ini juga menyajikan beberapa contoh kasus terkini yang relevan dengan pembahasan.

C. Ulasan

Berdasarkan aktivitasmembaca nonfiksi yang saya selesaikan, buku ini memiliki beragam manfaat, di antaranya :

1. Penjelasan isi buku ini menggunakan bahasa yang sangat sederhana sehingga mudah dipahami oleh berbagai pembaca.

2. Materi dalam buku Hadits Ahkam ini disajikan sebagai gambaran perbandingan antara pendekatan hukum pidana Islam dan hukum konvensional.

3. Buku ini menyertakan dalil Nash dari Al-Qur'an dan Hadits untuk memperkuat argumentasinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image