Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image CakeResume

Penting! Bagaimana Cara Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja?

Bisnis | 2023-11-06 10:51:48

Mau lamar kerja tapi perlu tulis pengalaman kerja di CV. Masalahnya, gimana caranya dapet pengalaman kerja untuk ditulis di CV kalau mau lamar kerjaan aja perlu pengalaman kerja. Kok jadi kayak ayam dan telur, sih?

Ini dia masalah yang sering kali dihadapi orang-orang yang baru lulus kuliah ataupun SMA sederajat. Tapi tenang saja, tidak seperti ayam dan telur, kamu bisa buat CV tanpa pengalaman kerja, kok!

Bagaimana cara membuat CV tanpa pengalaman kerja? Caranya mudah banget kok, kamu pasti bisa buat CV ini untuk melamar pekerjaan pertama-mu. Mari kita simak sampai habis untuk rahasianya!

Contoh CV Tanpa Pengalaman Kerja

Cari jawaban pertanyaan kamu “apakah di CV harus ada pengalaman kerja?” Di salah satu contoh CV Freshgraduate tanpa pengalaman kerja di bawah ini.

sumber: <a href=cakeresume.com" />
sumber: cakeresume.com

Berdasarkan contoh CV di atas, kamu tidak perlu memiliki pengalaman kerja untuk membuat CV. Cukup tuliskan pengalaman kamu selama kuliah/sekolah dan kamu bisa melamar ke lowongan kerja untuk fresh graduates.

Apa yang Ditulis di CV Jika Tidak Punya Pengalaman Kerja?

1. Data Diri

Pertama, tulis data diri kamu di bagian paling atas CV atau bisa disebut juga sebagai header CV. Isi data diri ini sederhana saja, cukup sertakan:

- Nama lengkap

- Nama jabatan (opsional): karena kamu belum ada pengalaman kerja, bagian ini menjadi opsional. Tapi tetap sangat disarankan untuk menyertakan nama posisi yang ingin kamu lamar, misalnya "Programmer"

- Email: gunakan email yang profesional dengan nama lengkap kamu

- Nomor telepon: sertakan nomor teleponmu yang aktif dan yang terhubung dengan WhatsApp

- Lokasi: tulis domisili kamu saat ini, tidak perlu alamat lengkap

2. Objektif

Saat membuat deskripsi diri di CV, sebenarnya kamu bisa menuliskan objektif atau ringkasan diri kamu. Tapi karena kamu belum ada pengalaman kerja, lebih baik jelaskan objektif kamu dalam CV, atau apa tujuan kamu melamar kerja di perusahaan/posisi tersebut.

Objektif dalam CV tidak perlu panjang-panjang, 2-4 kalimat saja sudah cukup. Nah, apa saja yang bisa ditulis dalam objektif CV?

- Sebutkan pekerjaan yang kamu inginkan

- Tulis 2-3 skill yang relevan dengan posisi yang dilamar

- Kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan

3. Riwayat Pendidikan

Bisa dibilang bagian riwayat pendidikan dalam CV yang belum ada pengalaman kerja merupakan bagian yang sangat penting. Inilah kesempatan untuk menonjolkan keunggulan kamu. Apa saja yang bisa ditulis di bagian riwayat pendidikan?

- Jurusan

- Nama universitas

- Tahun tempuh

- Mata kuliah

- Penghargaan

- Proyek

- Skripsi

- GPA

Jurusan, nama kampus, dan tahun tempuh adalah informasi yang wajib ditulis, dan yang lainnya hanya pilihan opsional. Kemudian, jika kamu belum punya pengalaman, sertakan 2 pendidikan terakhir kamu.

4. Pengalaman

Nah, Apakah membuat CV harus ada pengalaman kerja?

Untuk para fresh graduates tenang saja, bagian ini tidak perlu kamu isi dengan pengalaman kerja profesional. Melainkan, tulislah pengalaman kamu semasa kuliah/sekolah. Misal:

- Pengalaman organisasi

- Pengalaman magang

- Pengalaman volunteer

Jelaskan nama posisi, nama organisasi, tahun aktif, dan job desk atau pencapaian kamu dalam bullet points.

5. Keterampilan

Bagian keterampilan dalam CV harus mampu mencerminkan skill utama yang kamu miliki dan yang sesuai dengan lowongan kerja. Skill yang dicantumkan juga akan berbeda-beda tergantung posisi yang kamu lamar. Di bagian ini kamu bisa cantumkan:

- Hard skill

- Soft skill

- Tools

- Bahasa

5. Informasi Tambahan

Di atas merupakan bagian-bagian terpenting dalam CV. Tetapi, dengan memasukkan informasi tambahan ini bisa membuat kamu lebih menarik di mata HRD. Berikut adalah informasi yang bisa kamu tambahkan dalam CV:

- Pelatihan/workshop/seminar

- Sertifikasi

- Prestasi/pencapaian

- Referensi

- Skripsi

- Proyek pribadi

- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

- Minat/hobi: minat/hobi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Hanya tambahkan informasi ini jika kamu benar-benar tidak memiliki pengalaman apa pun

Perlu diingat, informasi tambahan yang kamu berikan harus relevan dan menambahkan value CV kamu.

Cara Membuat CV untuk yang Belum Punya Pengalaman Kerja

1. Buat CV sesuai dengan lowongan kerja

Saat membuat CV tanpa pengalaman kerja, penting sekali untuk menambahkan kata kunci ke dalam CV mu yang ada di lowongan kerja dari sebuah job portal. Kata kunci ini dapat berupa skill, tools, pengetahuan, kepribadian, atau pengalaman yang dicari oleh perusahaan.

Tetapi ingat, jangan sampai kamu berbohong, ya, karena kamu bisa saja ketahuan berbohong saat sesi interview dan usahamu akan tersia-siakan.

Pro tip: sebagai fresh graduates yang belum punya pengalaman kerja, ada baiknya kamu mencari lowongan kerja yang terbuka khusus untuk fresh graduates atau entry-level yang tidak memerlukan pengalaman. Dengan begini, kamu memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Tunjukkan transferable skills

Tidak memiliki pengalaman kerja bukan berarti kamu tidak memiliki skill berharga yang dapat digunakan dalam dunia kerja, lho. Saat menulis surat lamaran kerja, sebutkan skill yang kamu peroleh semasa kamu kuliah. Misalnya seperti skill pembukuan ketika kamu menjadi bendahara organisasi.

Kesimpulan

Itu dia rahasia jitu membuat CV tanpa pengalaman kerja. Jadi sudah tahu, kan, apa saja isi CV lulusan SMA dan kuliah? Mari kita ingat kembali poin-poin pentingnya:

- Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, sertakan saja pengalaman kamu selama kuliah/sekolah, seperti organisasi, volunteer, atau magang.

- Curriculum Vitae fresh graduates terdiri dari data diri, objektif CV, riwayat pendidikan, pengalaman, dan informasi tambahan.

- Saat membuat CV tanpa pengalaman kerja, tunjukkan transferable skill kamu dan tambahkan kata kunci

Semoga sudah tidak bingung lagi bagaimana cara membuat CV tanpa pengalaman kerja! Kalau masih bingung, lihat berbagai contoh CV ini!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image