Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image fauzan ramadhan

Resensi Buku Mustholahul Watakhrij Al-Hadist

Agama | Sunday, 05 Nov 2023, 19:02 WIB

A.   Identitas Buku

Judul buku : Mustholah Wa Takhrij Al-Hadits

Pengarang : PROF. DR. KH. FUAD THOHARI, M.A dan KH. ABDUL SYUKUR, M.A

Penerbit : Jejak Pustaka

Tahun terbit : Tahun 2023

Jumlah halaman : 245 halaman

B.   Sinopsis buku

Buku "Mushtolahul Wa Takhrij Al-Hadist adalah sebuah karya yang membahas terminologi dalam ilmu hadis dalam Islam. Buku ini menjelaskan istilah-istilah dan konsep-konsep yang digunakan dalam memahami hadis, seperti "sahih" (sah), "hasan" (baik), "daif" (lemah), "isnad" (rantai perawi), dan sebagainya. Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami kerangka kerja dan kriteria yang digunakan oleh para ulama hadis untuk menilai keabsahan dan kekuatan suatu hadis. Buku ini merupakan alat penting bagi para peneliti dan pelajar ilmu hadis yang ingin memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu hadis dalam menganalisis dan menghafal hadis-hadis dalam Islam.

Buku ini juga merupakan suatu syarah atau penjelasan ulang dari sebuah tulisan berbahasa Arab yang berjudul ‘Ilm Muṣṭalah al-Hadits, ‘Ilm al-Takhrij Wa al-Ta’arruf ‘Alâ Kutub al-Hadits dalam kitab al- Jadawil alJami’ah Fi al-‘Ulûm al-Nâfi’ah. Tulisan aslinya disusun oleh Syekh DR. Jâsim bin Muhammad bin Muhalhal al-Yâsîn dan beberapa mahasiswanya yang dipilih untuk membantu dalam penulisan tersebut.

C.   Ulasan

Berdasarkan kegiatan pembacaan buku non-fiksi yang telah saya lakukan, terdapat berbagai kelebihan dari buku ini, antara lain:

Buku Mustholahul Wa Takhrij Al-Hadits memiliki sejumlah kelebihan yang penting dalam konteks studi hadis dan pemahaman Islam

Seperti Pada Metodologi Ilmiah Buku Ini disiplin ilmiah yang memiliki metode dan aturan tertentu untuk mengklasifikasikan hadis berdasarkan kualitas dan kesahihan mereka. Ini membantu memastikan bahwa hadis yang digunakan sebagai dasar dalam pemahaman dan hukum Islam telah melewati evaluasi yang ketat..

Juga dalam Menjaga Integritas Hadis Buku Ini Sangat membantu dalam menjaga integritas hadis, dengan memisahkan hadis yang sahih dari yang tidak sahih, sehingga tidak ada pemalsuan atau hadis palsu yang diterima sebagai sumber ajaran agama.

Begitu pun dalam Menghindari Penyalahgunaan Hadis buku ini membantu dalam mencegah

penyalahgunaan hadis untuk mendukung argumen atau pandangan tertentu. Dengan memiliki

aturan dan kriteria yang jelas, pemakaiannya dapat dikendalikan dengan lebih baik.

Dengan demikian Buku Mustholaul Wa Tarjikh Al-Hadist adalah alat yang sangat penting dalam menjaga kualitas dan integritas hadis sebagai sumber ajaran agama dalam Islam. Ia membantu menjaga pemahaman yang benar dan memastikan bahwa hadis yang digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan umat Islam adalah sahih dan dapat diandalkan.

Dan Kekurangan Buku ini Antara lain;

bahwa Dalam Buku mushtolahul Wa Tarjikh Al-hadis ini terkadang menjadi terlalu teknis dan terfokus pada peraturan-peraturan yang sangat rinci. Ini bisa menyulitkan pemahaman dan aksesibilitas bagi orang awam yang tidak memiliki latar belakang ilmu hadis.

Dan juga Buku Mustholahul Wa takhrij Al-Hadist Ini terlalu terpusat pada klasifikasi hadis dan mungkin mengabaikan konteks sejarah dan situasi yang mungkin memengaruhi transmisi hadis.

D. Kesimpulan

Buku 'Mustholahul Wa Takhrij Al-Hadits' adalah sumber penting dalam pemahaman ilmu mustalah hadis, yang merupakan ilmu klasifikasi hadis dalam Islam. Penulis telah menguraikan metode dan aturan yang digunakan oleh para ulama untuk mengkategorikan hadis berdasarkan kualitasnya.

Buku ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana para cendekiawan Islam memeriksa dan menilai keabsahan hadis, sehingga memastikan bahwa hadis yang digunakan sebagai sumber ajaran Islam adalah sahih dan dapat diandalkan.

Buku ini menyoroti pentingnya pemahaman konteks hadis, peran perawi hadis, serta pentingnya menghindari penyalahgunaan hadis. Mustalah hadis juga membantu dalam mencegah inovasi sesat dan menjaga integritas sejarah Islam. Selain itu, ilmu ini juga mempromosikan penelitian akademik yang mendalam tentang sumber-sumber hadis.

Ketika membaca 'Mustholahul Wa Takhrij Al-Hadits,' pembaca akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana ilmu mustalah hadis mendukung dan melindungi hadis sebagai sumber ajaran agama Islam. Buku ini menjadi panduan yang berharga bagi mereka yang tertarik dalam studi hadis dan ingin memahami bagaimana hadis diuji dan dievaluasi dalam tradisi Islam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image