Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Manfaat Terbiasa Menulis di Platform/Blog

Edukasi | Sunday, 05 Nov 2023, 12:35 WIB

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam aktvitas menulis adalah pembiasaan menulis itu sendiri. Kebiasaan ini jika benar-benar dimanfaatkan secara baik maka akan membuat penulis menjadi rutin menulis sehingga akan semakin terasah kemampuannya.

Benar semuanya harus melalui pembiasaan, akantetapi memang seperti itulah prosesnya. Sehingga dengan pembiasaan seperti itu akan selalu terangsang untuk menuliskan apa saja yang ada di benaknya dan setiap hari akan terus menulis.

Republika salah satu media yang memberikan kesempatan kepada penulis dalam berkarya (Foto :republika.co.id)

Setidaknya ada 5 Manfaat kalau setiap hari kita terbiasa menulis di platform atau blog, baik blog pribadi atau blog yang disediakan perusahaan penerbitan.

Pertama, terbiasa berusaha memilih tema yang menarik

Tentu saja agar tulisan banyak diirik orang, salah satunya adalah dengan menghadirkan tulisan dengan tema menarik. Karenanya sebagai penulis ia harus peka di dalam membaca apa yang terjadi dan apa yang seang hangat dibicarakan. Nah ketika seorang penulis mampu memilih tema yang menarik dan lalu menuliskannya maka setelah dishare akan banyak orang yang tertarik untuk membaca tulisan yang telah kita buat.

Kedua, terpacu terus berkarya

Dengan setiap saat membuka platform atau blog di laptop atau handphone maka tentu saja ada ketertarikan seorang penulis untuk menulis. Apalagi pada aplikasi itu terlihat banyak penulis yang sudah berkonribusi dengan jumlah pengunjungnya yang cukup banyak. Maka setelah tahu hal itu biasanya akan termotivasi untuk menulis agar tulisan kita pun bermanfaat dan dibaca banyak orang.

Ketiga, mengetahui jumlah pembaca yang membaca tulisan kita.

Blog seperti retizen Republika ini sangat menarik untuk dicermati karena penulis mengetahui jumlah pembaca yang telah membaca tulisan yang dihasilkan. Terlebih karena blog ini sudah dikenal luas maka sesungguhnya menjadi keuntungan tersendiri bagi penulis karena akan mudah dikenal banak orang sehingga tulisan yang diunggah oleh kita sangat memungkinkan banyak yang membacanya. Dari sini saja maka akan memunculkan keinginan penulis untuk bisa menghasilkan tulisan setiap harinya apalagi yang terbanyak dibaca diapresiasi dengan memberikan sejumlah uang untuk memotivasi penulis agar terus berkarya tanpa henti.

Keempat, menjadikan menulis profesi yang harus ditekuni

Ternyata menulis itu banyak manfaatnya. Dengan terbiasa menulis di platform atau blog itu sendiri nyatanya selain disediakan media untuk kita menyebarkan ahsil karya tulis kita juga sangat memungkinkan dalam saat bersamaan setelah dunggah maka tulsian kita akan dibaca banyak orang. Hal itu akan memacu penulis untuk terus berkarya karena menulis itu banyak memberi manfaat dan peluang bagi penulis untuk mebghasilkan uang pula.

Kelima, semakin dikenal dan membuat jam terbang kepenulisan semakin banyak

Jangan dikira menulis di platform atau blog ini tak ada manfaatnya. Justeru dengan sering kita menulis di sini selain nantinya banyak orang mengenal karya-karya kita, sungguh ini pun menjadi modal kita untuk menambah jam terbang kepenulisan dan jika kelak kita mampu menuliskan buku maka akan mudah dalam urusan promonya. Karenanya, dengan menulis di platform atau blog ini maka akan banyak pula keuntungan yang bisa didapatkannya.

Dengan begitu terbiasa menulis di platform atau blog itu akan membuat siapapun penulisnya menjadi semakin eksis karena setiap hasil mampu menghasilkan tulisan dan ini membuktikan bahwa menulis memberikan makna yang sangat berarti dalam kehidupan.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image