Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MUHAMMAD RUKHAN ASRORI

Luar Biasa! SMP DAFI Jadi Tuan Rumah Workshop Perencanaan Berbasis Data 2023

Eduaksi | Sunday, 05 Nov 2023, 12:24 WIB
Kepala SMP DAFI Pesantren Al Qur'an Science (depan, dua dari kiri) berfoto Bersama dengan para pengawas sekolah dan tamu sekolah undangan

SMP DAFI Pesantren Al Qur’an Science semakin hari semakin berinovasi dan menjadi inisiator dalam berperan serta memajukan transformasi pendidikan khususnya di wilayah Sidoarjo. Sekolah yang terletak di Jalan Baitul Mustaqim No. 1 Sarirogo Kabupaten Sidoarjo ini dinobatkan menjadi tuan rumah penyelenggara Workshop PBD (Perencanaan Berbasis Data) yang diselenggarakan pada tanggal 02 November 2023 kemarin dengan turut mengundang beberapa sekolah mitra kawasan. Para tamu sekolah undangannya adalah SMP Islam Terpadu Darul Fikri Sidoarjo sendiri, SMP Dharmawanita 1, SMP Islam Sidoarjo dan SMP Nurul Huda. Perwakilan sekolah dihadiri oleh para kepala sekolah, para waka kurikulum, para bendahara sekolah dan para operator sekolah.

SMP DAFI juga urut mengundang dua narasumber yang sudah ahli dalam bidangnya yakni Bapak Karyadi, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Wulan Ari Handayani, S.Pd., M.Pd. yang merupakan pengawas sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini sangat penting karena setiap sekolah memiliki basis data yang berkaitan dengan pembuatan RAT dan ARKAS berdasarkan data rapot sekolah, bagian mana yg perlu diutamakan dan bagaimana membagi porsinya, ditentukan dari data rapot sekolah sehingga pengelolaan anggaran sekolah akan tepat sesuai kebutuhannya.

Kepala SMP DAFI Pesantren Al Qur’an Science Uswatun Aisah, S.Pi.,S.Pd.,Gr menanggapi, “Alhamdulillah, SMP DAFI dipercaya sebagai tuan rumah dalam acara ini, untuk itu merasa terhormat sekolah kami dikunjungi beberapa sekolah lain. Semoga ke depannya silaturahmi antar sekolah semakin erat dan kita dpt ilmu untuk mengembangkan sekolah dgn baik”. Selain itu, beliau juga turut bersyukur bahwa kepercayaan para pengawas sekolah terhadap SMP DAFI menjadi sebuah momentum bahwa sekolah ini dapat menjadi salah satu sekolah yang memiliki potensi besar berperan berkolaborasi semakin luas dengan sekolah-sekolah lain di Kabupaten Sidoarjo maupun di luar Sidoarjo sekalipun.

Uswatun Aisah berharap bahwa Setelah mendapat ilmu tentang perencanaan berbasis data (PBD), Insya Allah RAT dan ARKAS SMP DAFI pada tahun berikutnya akan lebih sesuai kebutuhannya dan mampu terserap optimal untuk kemajuan dan peningkatan mutu sekolah. Kedepannya insyaallah pelatihan-pelatihan seperti ini harus diperbanyak, Sehingga bendahara sekolah dan Waka Kurikulum dapat berkolaborasi bersama dalam penentuan kegiatan sekolah sesuai RAT yang disusun berdasarkan rapot sekolah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image