Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman malik dinnar

Resensi: Buku Musthalah Wa Takhrij Al-Hadits

Agama | Saturday, 04 Nov 2023, 12:31 WIB
https://www.kompasiana.com/muhamadzidan0771/6544d7c4110fce41cf289da2/resensi-buku-mushtholah-wa-takhrij-al-hadits?page=all

Identitas Buku

Judul Buku : Mustholah Wa Takhrij Al-Hadtis

Pengarang : PROF. DR. KH. Fuad Thohari,M.A dan KH Abdul Syukur, M.A

Penerbit : Jejak Pustaka

Tanggal Terbit : Agustus 2023 (Cetakan Pertama)

ISBN : 978-623-183-483-6

Lebar : 14 cm

Panjang : 21 cm

Jumlah Halaman : 250 Halaman

Editor : Siti Rahmawati, M.Ag, Muhammad Soleh, S.Ag

PROFIL PENULIS

Prof. Dr. Fuad Thohari, M.A

Prof. Dr. Fuad Thohari, M.A., dilahirkan di Ngawi, Jawa Timur, alumnus Pesantren Darun Naja, Jalen, Ponorogo (1983 -1989), Pesantren MTs-A Al-Islam, Joresan, Ponorogo (1983 -1989), Pesantren Al-Falah, Ploso, di Kediri (1989 -1992), Pendidikan Kader Ulama MUI Jakarta (1994 -1996), dan Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI Pusat (1997). Menyelesaikan pendidikan S-1 Jurusan Tafsir-Hadis Fakultas Ushuluddin IAIN Jakarta (1997), menyelesaikan S-2 Kosentrasi Tafsir-Hadis IAIN Jakarta (1999), dan Program Doktor Islamic Studies (Konsentrasi Hadis dan Ulum al-Hadis) di Pascasarjana (S- 3) UIN Jakarta (2001‒2007).

Pernah mengikuti Postdoctoral (Daurah Tarbiyah fi al-Lughah wa al-Tsaqafah, di Al-Azhar, Cairo, Mesir, (2010); mengikuti Postdoctoral Fellowship Program For Islamic Higher Education (POSFI) di Tunisia, (2014), dan penelitian di berbagai negara; Arab Saudi (2007; 2014, 2018), China (Beijing 2015), Hongkong (2016), Shanghai (2017), Singapore (2015-2016-2019), Malaysia (2015- 2016-2019), Thailand (Patani, Shankla, 2015-2016; Puket, 2017; Bangkok-Pataya, (2018) India Selatan (Kochin, Chane, Haidar Abad, (2018), Mesir (2010, 2017) Israel (2017, Palestina (2017), Yordania (2017), Iran (2018), Turki (2018), dan China (Hainan Island, 2020), dll.

Buku-buku yang ditulis/disusun antara lain: (1) Kumpulan Fatwa MUI DKI Jakarta tahun 1975-2010 (2012); (2) Pedoman Penetapan Fatwa Bagi Da’l (2012); (3) Kumpulan Fatwa dan Taushiah MUI DKI Jakarta tahun 2016 (2016); (4) Hadis Ahkam; Kajian hadis Hukum Pidana Islam (Hudud, Qishash, dan Taʼzir), (Jogjakarta: Deepublish, 2016); (5) Kumpulan Fatwa Dan Tausiyah MUI DKI tahun 2017; (6) Hukum dan Pedoman Penanganan Jenazah terinfeksi Covid-19 (2020); (7) Mengetuk Pintu Langit di Bulan Ramadhan (Jejak Pustaka, 2023), (8) Pedoman Ibadah Kurban di Era Pandemi Covid-19 (2020); (9) Zakat Fitrah Dengan Uang (2020); Respon Al-Qur’an terhadap Umar bin Khattab (Jejak Pustaka, 2022), (11) Islam Dalam Berbagai Perspektif terdiri dari 3 Jilid (Jejak Pustaka, 2022), Fatwa-Fatwa di Indonesia (Jejak Pustaka, 2023), Perjalanan religi haji dan Umrah (Jejak Pustaka, 2023), FatwaFatwa di Dunia (Jejak Pustaka, 2023), dan akan yang terbit segera Mushtholah Wa Takhrij Al Hadits, Tahqiq Fath al-Mu’in; Ulum al-Hadis bi al-Laughat.

KH. Abdul Syukur, M.A

KH. Abdul Syukur, M.A adalah seorang intelektual Muslim yang lahir pada tanggal 14 Juni 1978 di Tegal. la tumbuh dalam keluarga yang taat beragama Islam dan menunjukkan minat serta bakat dalam memahami ajaran agama dan Al-Qur’an sejak usia dini. Pendidikan formalnya dimulai di Madrasah Diniyyah Raudah al-‘Ulûm dan Madrasah Wusta Raudah al-‘Ulum di Tegal, di mana ia mendalami dasar-dasar agama.

KH. Abdul Syukur, M.A juga mengalami pengalaman nyantren (belajar agama di pondok pesantren) di beberapa Pondok Pesantren terkenal di tanah Jawa, seperti PP. Manbaúl Ulum, Tebu Ireng, PP. Lirboyo, dan PP. al-Anwar Sarang. Di sana, ia memperdalam pemahaman agama Islam dan ilmu-ilmu keislaman lainnya.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2001, Abdul Syukur terus mengejar ilmu dengan nyantri di Darussunnah Prof. Dr. H. Ali Musthafa Ya’qub, Ciputat, untuk memperdalam pemahaman agama. Ia juga sangat aktif dalam berbagai kegiatan organisasi, terlibat dalam berbagai struktur kepengurusan di beberapa organisasi keilmuan dan jurnal, serta di Jam’iyah Nathmu Ahwal (IPP- NU) Tegal dan HMI Cabang Ciputat. la melanjutkan pendidikan dan mengejar gelar magister (52) di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan konsentrasi pada Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (Konsentrasi Hadis). Selain itu, ia juga terlibat dalam berbagai kegiatan pengajaran dan pengasuhan di berbagai majelis ta’lim dan yayasan, seperti Majelis Ta’lim Raudhatul Jinan, Tegal Parang, dan Yayasan Pengembangan Ilmu Bagi Yatim dan Dhu’afa “Himmatul ‘Arif Ila Nailisysyarif”, Duren Tiga, Pancoran. la menjadi pengajar kitab Rawai’ al-Bayân Tafsir Ayat al-Ahkam dan Syarh Alfiyyah, serta mengasuh beberapa program pengajaran agama lainnya.

Sinopsis

Buku "Musthalah wa Takhrij Al-Hadits" karya PROF. DR. KH. Fuad Thohari, M.A Dan KH Abdul Syukur, M.A membahas tentang Imu yang jarang dijadikan program unggulan di pondok pesantren yang ada di nusantara dan tidak sedikit orang yang menganggap ilmu ini tidak terlalu penting . Adapun pembahasan yang terliput dalam buku ini adalah terkait Ulumul Hadits diantaranya; pengertian, pembagian, macam-macam, dan teknis-teknis yang sangat membantu semua kalangan, khususnya untuk para santri yang menekuni bidang ini dalam menyeleksi kualitas hadits, baik dari sanad maupun matan dan mahasiswa jurusan Ilmu Hadis dalam hal penyusunan makalah, skripsi maupun dijadikan bahan kajian. Buku ini juga membahas tentang macam-macam istilah dalam hadits, kedudukan hadits dalam syari’at, fungsinya, rutbahnya, manzilahnya dan batas-batas penjelasannya, serta pokok-pokok ilmu musthalah ahli hadits, cara dan shigah hadits, sifat-sifat perawi yang diterima dan yang ditolak riwayatnya.Buku ini memberikan pemaparan terkait Pen-Takhrijan Hadits-hadits yang terdapat pada setiap disiplin keilmuan, semisalkan Hadits-hadits yang dijadikan sandaran dalam ilmu Akidah seperti dalam kitab Syarh al-Aqidah al-Thahawiyyah karyaal-Imam al-Hafiz Abi Ja’far al-Thahawi (w.321 H) dan ilmu kalam seperti dalam kitab al-Mawaqif Fi Ilmi al-Kalam karya Abd al-Rahman bin Ahmad al-Aiji al-Syirazi al-Syafi’I (w.756 H), begitu juga dalam ilmu Ushul seperti Kitab Muntaha al-Wushul wa al-Amal Fi Ilmi al-Ushul wa al-Jadal karya Ibn al-Hajib (570-646 h), begitu juga kitab-kitab fiqh empat madzhab, kitab-kitab Hadits, tafsir dan tasawwuf. Tetapi buku ini hanya memberikan contoh pada pembahasan tertentu saja, tida pada semua pembahasan.

Resensi

Buku ini merupakan suatu syarah atau penjelasan ulang dari sebuah tulisan berbahasa Arab yang berjudul ‘Ilm Mustalah al-Hadits, ‘Ilm al-Takhrij Wa al-Ta’arruf ‘Ala Kutub al-Hadtis dalam kitab Jadawil al-Jami’ah Fi ‘Ulum al-Nafi’ah. Tulisan aslinya disusun oleh Sykeh DR. Jasmin bin Muhammad bin Muhallal al-Yasin dan beberapa mahasiswanya yang dipilih untuk membantu dalam penulisan tersebut.

Jika dilihat dalam perkembangan penulisan buku-buku Ilmu Hadits selama ini, buku ini dinilai cukup dan lebih menarik ketimbang karya-karya dalam Ilmu Hadits karya Mahmud al-Tahhan dan lain sebagainya. Karya lain biasanya menyajikan rangkaian penjelasan dan rinciannya sebagaimana sebuah elaborasi penulisan pemikiran yang berdasarkan rangkaian yang telah berlaku dalam disiplin Ilmu Hadits.

Dalam buku ini, memberikan model baru yang belum pernah ada sebelumnya, yakni penyajian sistematis yang dikemas menjadi suatu bentuk dan rancangan atau pun kerangka secara garis besar tentang ilmu-ilmu hadits dan berbagai cabangnya dalam bentuk struktur dan membentuk pola menjalar dalam berbagai kolom sesuai dengan pembagian dalam pembahasan masing-masing. Dalam buku ini, penyajian skema suatu pembahasan dimulai dari pengertian atau definisi, baik secara Bahasa (etimologi) atau pun secara istilah (terminologi) lalu menyajikan beberapa contoh dan gambaran sesuai dengan klasifikasi didalamnya. Dengan demikian, penyajian dalam karya ini bisa dinilai baru dang sangat menarik dilihat dari modelnya yang mampu memberi titik focus dan terarah Ketika pembaca memulai menelaahnya, disamping beberapa kelemahanya yang tidak bersifat rinci dalam penjelasannya, termasuk berbagai masalah lain yang tidak termaktub didalamnya.

kesimpulan

Buku ini sangat direkomendasikan untuk penekun Ilmu Hadits, baik dari kalangan santri maupun mahasiswa. penulis menyajikan buku ini dengan bahasa yang mudah dicerna dan penulisan yang terstruktur kedalam beberapa bab dan juga sangat ringkas padat dan jelas, sehingga memudahkan pembaca dari kalangan pemula.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image