Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Afrizal, S. Pd.I

English Song ? Why Not (Let's Go Study English)

Eduaksi | Thursday, 02 Nov 2023, 18:53 WIB
Dokumentasi Pribadi

Mendengar kata bahasa Inggris merupakan salah satu kata yang mengerikan dalam hidupku, karena dari Sekolah Dasar hingga mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi aku selalu mempelajari mata pelajaran bahasa Inggris, tapi tidak membuat aku bisa berhasa Inggris dengan baik.. Karena rasa takut dan begitu pentingnya Bahasa Inggris dalam dunia kerja, mendorong keinginanku untuk terus berusaha untuk belajar Bahasa Inggris. Saat menjadi mahasiswa selalu diberi tahu bahwa kita tidak sedang belajar Bahasa Inggis tetapi belajar Berbahasa Inggris. Belajar Berbahasa Inggris maksudnya adalah kita mempelajari bagaimana berbicara, cara menulis yang biasa dipakai dalam sehari-hari.

Jadi setelah saya mencari begitu banyak referensi di internet bagaimana agar bisa berbahasa Inggris. Tiba-tiba saja saya mengklik salah satu lagu Bahasa inggris. Awalnya saya bingung juga dalam pengucapanya, tapi saya menikmati lagunya. Rasa penasaran saya tentang lirik-liriknya semakin membabi buta.

Agar dapat mempelajari Bahasa Inggris dengan cepat melalui lagu Bahasa Inggris, ada beberapa kiat-kiat atau langkah-langkah antara lain yaitu :

1. Pemilihan Jenis/Genre Lagu yang Tepat

Sangat relate sekali apabila pemilihan jenis/genre lagu akan mempengaruhi fokus seseorang dalam menghayati sebuah lagu. Ketika kita memilih genre yang kita senangi, maka kita akan bertahan menikmati lagu mulai dari awal sampai akhir lagu. Lain hal ketika kita mendengar lagu yang kurang kita senangi, jangankan sampai akhir, baru setengah lagu aja kita akan mengganti dengan lagu yang lainnya.

2. Memilih Lagu yang Kita Senangi

Pemilihan lagu yang tepat sangat berpengaruh dalam menikmati setiap lagu yang kita dengar. Bagaimana tidak, sebab intuisi dan feel yang kita rasakan ketika mendengarkan lagu memberikan reaksi yang searah. Ketika mendengarkan lagu yang kita senangi, semua gestur kita akan terfokus ke lagu tersebut. Sehingga kita benar-benar mendapatkan ingatan yang baik akan semua lirik, irama dan arti dari lagu tersebut.

3. Perbanyak Kosa Kata

Ketika kita mencari arti dari lirik lagu yang kita dengarkan, pasti menemukan kosa kata Bahasa Inggris yang baru dari lirik lagu tersebut. Maka sebaiknya mengingat dan mencatat kosa kata tersebut. Agar referensi kosa kta kita bertambah. Saat kosa kata yang baru ini ditemukan pada lirik lagu yang lain, kita dapat dengan mudah mengartikan lirik lagu tersebut.

4. Cari Lirik Lagu yang tidak rumit

Kadang banyak yang repot dengan lirik ketika mendengarkan sebuah lagu Bahasa Inggris. Ketika kita ucapkan sudah sama dengan yang kita dengar, ternyata tulisan berbeda. Sehingga artinya juga berbeda dong. Dengan demikian sebaiknya pemilihan lirik lagu yang tepat sangat perlu diperhatikan.

5. Mencoba Bernyanyi dengan Mode Karaoke

Benyanyi dengan metode karaoke akan lebih efektif dalam meningkatkan fokus kita dalam bernyanyi lagu bahasa Inggris. Karena kita benar-benar akan mempelajari setiap nada, ketukan, intonasi, serta lirik lagu yang kita nyanyikan dengan seksama. Dengan demikian akan menambah kemampuan kita dalam berbahasa Inggris.

6. Ngombol Musik Bareng Teman-teman

Sering-sering ngumpul dengan teman-teman sambil ngobrol tentang musk/lagu bahasa Inggris. Dengan banyaknya bicara tentang lagu Bahasa Inggris akan menambah kosakata bahasa Inggris. Karena dalam lagu bahasa Inggris banyak istilah-istilah bahasa Inggris yang tidak kita ketahui.

Kata-kata penutup dari saya "Don’t be hard to learn English, but we can learn English with make it our habits."

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image