Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dini Nurdiani

Menggapai Mimpi Melalui Bahasa Inggris

Curhat | Thursday, 02 Nov 2023, 18:30 WIB

Pada tahun 2019, tepatnya bulan Desember, saya mengikuti Penataran dan Pelatihan Wasit Bola Voli yang di selenggarakan oleh UPI Bandung. Penataran dan Pelatihan Wasit Bola Voli tersebut berlangsung 4 hari, disana saya mendapatkan materi tentang peraturan permainan dan praktek perWasitan bola voli, termasuk jenjang karir Wasit ke depannya yang dipaparkan dengan gamblang oleh pemateri.

Bahwa ketika ingin fokus di dunia perwasitan dan sungguh-sungguh, kunci nya yaitu bisa berbahasa Inggris, karena di Indonesia Wasit internasional wanita itu masing bisa terhitung oleh jari. Dan karena karir di dunia Wasit bagi wanita lebih mudah karna kuantitas Wasit wanita di Indonesia masih terbilang sedikit, jadi bagi Wasit wanita yang bisa berbahasa Inggris merupakan peluang yang sangat besar untuk terus melaju ke kancah internasional.

Dari mulai saat itu, saya bertekad untuk mulai belajar bahasa Inggris. Sepulangnya dari penataran Wasit bola voli, saya menceritan pengalaman yang saya dapatkan kepada Suami ketika penataran, termasuk juga dengan rencana saya untuk belajar bahasa Inggris. Saya bersyukur Suami bisa merespon dengan baik dan bahkan mendukung penuh apa yang telah saya inginkan.

Awal mula belajar Bahasa Inggris di BBC Karawang

Tanpa berfikir Panjang, saya pun langsung mendaftar kursus bahasa Inggris di BBC Karawang, karena pagi sampai siang hari saya mengajar, jadi saya memilih untuk jadwal kursus malam hari. Setelah 4 bulan kursus di BBC, saya telah menyelesaikan kursus dasar dan tidak sampai kepada ketika saya diberitahu oleh salah satu teman untuk ikut kursus melanjutkannya.

Saya ingin mencoba cara lain untuk belajar bahasa Inggris. Awal pertemuan di kelas BBC, saya belajar perkenalan memakai bahasa Inggris, lalu berkenalan dengan teman yang lain dari berbagai kalangan. Ada kalangan dari siswa SMP, SMA, dan bahkan yang sudah bekerja di perusahan. Pembelajaran disana lebih kepada rumus bahasa Inggris, mungkin karena kelas pemula, jadi kita diajarkan untuk memahami dasar bahasa Inggris terlebih dahulu.

Ada beberapa praktek percakapan yang dilakukan, tapi karena saya masih pemula jadi harus lebih memperbanyak lagi kosakata bahasa Inggris nya. Setelah 4 bulan saya di BBC, saya telah menyelesaikan kursus dasar dan saya tidak melanjutkannya. Saya ingin mencoba cara lain untuk belajar bahasa Inggris.

Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Otodidak Melalui Youtube dan Media Sosial Lainnya.

Setelah 4 Bulan berlalu, saya belajar di BBC Karawang. Di dalam mengasah Bahasa Inggris yang di dapatkan dari pelaksanaan kursus di BBC, saya mencoba belajar kembali secara otodidak melalui Chanel-chanel Youtube dan Media Sosial Lainnya agar Bahasa Inggris yang sudah saya pelajari bisa lebih berkembang. Salah satunya chanel Youtube Naila Farhana, dengan Judul Cara Belajar Bahasa Inggris Pemula Otodidak (2023), cahanel Youtube tersebut sangat membantu saya dalam mempelajari bahasa inggris secara otodidak.

Event Summer Camp BKPSDM Kabupaten Karawang.

Setelah lama belajar secara otodidak, saya pun berkesempatan ikut ke Event Summer Camp. Di sana saya memperdalam Skill berbahasa Inggris, dikarenakan di Event itupun saya menjumpai banyak rekan untuk bisa saling belajar dan memperdalam skill Bahasa Inggris. Selain mengasah Skill Bahasa Inggris, sayapun mendapat banyak pengalaman dari Event Summer Camp

Sayapun mulai lebih banyak berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris di kebiasaan sehari-hari saya dan mulai lebih banyak mendengarkan lagu-lagu Barat dan menonton lebih banyak film, dengan begitu saya harap bisa lebih memperdalam kemampuan dalam berbahasa Inggris. Terkadang saya pun berinteraksi dengan murid saya menggunakan Bahasa Inggris dan sedikit mengajari mereka.

Meskipun begitu, saya masih perlu belajar banyak. Salah satunya adalah belajar melalui video Youtube, Tiktok atau yang lainnya. Kadang-kadang sayapun suka belajar bersama keluarga, belajar berbagai hal, seperti cara penyebutan dalam berbahasa Inggris dan lain-lain.

Semoga apa yang sudah saya pelajari, termasuk dengan mengikuti Event Summer Camp yang dilaksanakan BPSDM Kabupaten Karawang ini, bisa menambah wawasan serta mengantarkan saya menuju puncak cita-cita yang di harapkan sebagai Wasit Voli Wanita internasional, yang tentunya bisa membuat bangga Kabupaten Karawang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image